Headline Pekanbaru   2021/05/28 17:40 WIB

Bus Keliling Layani Masyarakat Vaksinasi, Syaratnya 'Tunjukkan KTP'

Bus Keliling Layani Masyarakat Vaksinasi, Syaratnya 'Tunjukkan KTP'
Walikota Kota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT resmikan penggunaan Bus keliling melayani masyarakat vaksinasi Covid-19.

RIAUPAGI.COM, PEKANBARU - Bus keliling melayani masyarakat untuk melakukan vaksinasi covid-19, dengan syarat sipemohon dapat menunjukkan Kartu Tanda Penduduk [KTP].

Seperti di halaman Masjid Al Falah, Jalan Sumatera, Kota Pekanbaru pada Jumat (28/5/2021) tadi masyarakat Pekanbaru mendatangi bus keliling yang parkir untuk mengikuti vaksinasi Covid-19. Bus keliling melayani masyarakat vaksinasi Covid-19 di halaman masjid tersebut. Sejumlah petugas juga tampak membantu proses vaksinasi di dalam bus.

Zuliana seorang warga yang mnedapat vaksinasi mengaku tidak merasakan efek samping usai disuntik vaksiN. Ia mengaku kondisinya normal pasca observasi selepas disuntik vaksin. Wanita berkerudung ini menilai bahwa keberadaan bus ini memudahkan masyarakat untuk memperoleh vaksin. "Dengan bus keliling lebih mudah, prosesnya saat datang, kasi KTP langsung bisa disuntik," katanya usai disuntik vaksin dan menambahkan kalau dirinya akan mendapat vaksin kedua di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani.

Oyon juga seorang warga mengaku langsung percaya untuk divaksin usai mendapat informasi dari pengurus masjid. "Adanya bus ini, kita jadi terbantu. Apalagi masyarakat yang rumahnya jauh," papar pria yang sehari-hari bekerja sebagai buruh itu. 

Siti Sarah, Dokter Penanggung Jawab Bus Vaksin Keliling mengaku bahwa minat masyarakat terbilang bagus. Jumlah masyarakat yang sudah disuntik vaksin di bus tersebut terus bertambah hingga sore ini. "Adanya bus vaksin keliling membuat masyarakat lebih terbantu, terutama bagi yang usia lanjut," jelasnya menambahkan dosis yang tersedia cukup untuk seratus orang yang bisa ditambah dari rumah sakit jika kurang.

Mobil dinas buat layanan gratis

Sejak dioperasikan 22 Mei 2021 lalu, sebanyak 434 warga kota Pekanbaru telah memanfaatkan pelayanan mobil dinas yang digunakan untuk operasional pelayanan gratis antar jemput bagi warga yang akan melakukan program vaksinasi. Sebanyak 34 mobil dinas lengkap dengan bahan bakar dan supir telah disiapkan Gubernur Riau. Disebar di 14 kecamatan di Kota Pekanbaru. Mobil ini merupakan mobil operasional Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemrov Riau. 

Sebanyak 34 mobil dinas lengkap dengan bahan bakar dan supir telah disiapkan Gubernur Riau. Mobil ini merupakan mobil operasional Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemrov Riau. Juru Bicara Gubernur Riau, Raja Hendra Saputra kepeda wartawan menyebutkan, bahwa mobil dinas tersebut siap melayani warga Kota Pekanbaru.

Di bawah koordinasi Satpol PP dan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau. "Ada 34 mobil dinas dari 34 OPD Pemprov Riau. Setiap hari dikerahkan untuk melayani warga Pekanbaru yang ingin melakukan vaksinasi. Ini adalah merupakan arahan Gubernur Riau. Koordinatornya Satpol PP dan Dinas Perhubungan," kata Raja Hendra. 

Lebih lanjut Hendra menjelaskan, 34 mobil dinas itu beroperasi setiap hari meski hari libur. Mulai tanggal 22 Mei hingga 4 Juni 2021. "Untuk saat ini mobil dinas melayani masyarakat sejak tanggal 22 Mei hingga 4 Juni. Namun, bila masih dibutuhkan waktunya akan diperpanjang lagi," ujar Hendra. 

Hendra mengungkapkan, sebelum mobil dinas itu dikerahkan ke kecamatan, setiap pagi pukul 08.00 WIB akan dicek, mulai dari kesiapan mobil, supir dan bahan bakar.

Sebelumnya, para petugas juga diberikan pengarahan oleh pihak Satpol PP dan Dishub Provinsi Riau. Kemudian, mobil dinas dikerahkan di 14 kecamatan di Kota Pekanbaru, yakni Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru Kota, Payung Sekaki, Lima Puluh, Sail, Tuah Madani, Bukit Raya, Rumbai, Rumbai Barat, Rumbai Timur, Bina Widya, Tenayan Raya, Marpoyan Damai, Senapelan, dan Kulim. "Kami harap mobil dinas ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang membutuhkan. Petugas akan menjemput, lalu mengantar ke Puskesmas, dan mengantar kembali ke rumah secara gratis. Untuk mendapatkan pelayanan ini bisa menghubungi aparatur pemerintah di lingkungannya," katanya. 

Hendra mengatakan, dalam penanganan Covid-19, pemerintah terus melakukan langkah-langkah 3T (Testing, Tracing, dan Treatment) sebagai acuan untuk memutus mata rantai penularan virus corona di Provinsi Riau. (rp.sul/*)

Tags : Vaksinasi Covid-19, program vaksinasi, Layanan Antar Jemput Gratis, Warga Pekanbaru, vaksinasi Covid-19 di Pekanbaru,