News Daerah   2020/10/23 12:6 WIB

Cawabup Samsu Dalimunthe Mangkir Dipanggil Polisi jadi Saksi

Cawabup Samsu Dalimunthe Mangkir Dipanggil Polisi jadi Saksi

PEKANBARU - Ditreskrimsus Polda Riau memanggil anggota DPRD Bengkalis nonaktif Samsu Dalimunte alias Samda terkait laporan dugaan perambahan hutan. Namun, dia tidak datang memenuhi undangan polisi sebagai saksi.

Direktur Reskrimsus Polda Riau Kombes Andri Sudarmadi membenarkan adanya pemanggilan tersebut Samsu Dalimunte yang kini sebagai Calon Wakil Bupati Bengkalis yang berpasangan dengan Indra Guawan Eet, Cabup Bengkalis nomor urut 4 tersebut. Dia menyebutkan, panggilan itu bersifat undangan dan Samda tidak menghadirinya. "Kita sudah undang Samsu Dalimunte tapi belum datang," kata Andri, Senin (19/10) lalu.

Informasinya, Samda dipanggil untuk dimintai keterangannya sebagai saksi. Sebab, dia dilaporkan dalam dugaan memiliki kebun sawit di kawasan hutan, teparnya di Kelurahan Sedinginan, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir. Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa hingga saat ini Samsu belum hadir memenuhi panggilan itu. "Belum datang," kata Sunarto.

Saat ditanya apakah akan ada pemanggilan kedua kalinya jika Samda tidak datang, Sunarto menjawab pemanggilan itu sifatnya undangan. "Undangan sifatnya," tambahnya.

Samsu Dalimunte yang kini diketahui merupakan calon wakil Bupati Bengkalis mendampingi Indra Gunawan Eet (mantan Ketua DPRD Riau) dilaporkan dengan dugaan tindak pidana pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan dan juga dugaan tindak pidana di bidang perkebunan. Dia mengajukan pengunduran diri dari legislatif lantaran telah disahkan sebagai calon Wabup Bengkalis yang diusung Partai Golkar dan Perindo. Dalam kasus itu, aturan hukum yang diduga dilanggar yakni pasal 1 ayat (4), pasal 4, pasal 5 dan pasal 102 ayat (1) KUHP. Kemudian Undang-undang RI no 8 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan. Lalu Undang-undang RI no 39 tahun 2014 tentang perkebunan. (*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan
 

Tags : Cawabup Bengkalis, Samsu Dalimunte, Dipanggil Polisi,