Headline News   2022/07/11 13:20 WIB

Cuaca Capai 34 Derajat Celsius, 'Buat Titik Hotspot Mulai Membara di Riau'

Cuaca Capai 34 Derajat Celsius, 'Buat Titik Hotspot Mulai Membara di Riau'

PEKANBARU - Cuaca saat ini diperkirakan mencapai 34 derajat celsiusdi Riau membuat titik hotspot membara di beberapa daerah.

"Cuaca mencapai 34 derajat celsius membuat titik hotspot membara di Riau."

"Titik panas terbanyak terpantau di Rokan Hilir, yakni 68 titik. Kemudian Rokan Hulu 19 titik, Kota Dumai 3 titik, Kampar 2 titik serta 1 titik di Siak dan Kuantan Singingi," kata Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami, Senin (11/7).

Sebanyak 209 titik panas (hotspot) terpantau di Pulau Sumatera, Senin 11 Juli 2022. Ratusan titik panas itu tersebar delapan provinsi, dengan titik panas terbanyak di Riau.

Dari pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ada 94 titik panas yang terpantau di Riau. Kemudian di Sumatera Utara 68 titik panas.

Sedangkan titik panas lainnya terpantau di Sumatera Selatan 25 titik, Lampung 19 titik, Bengkulu 8 titik, Jambi dan Sumatera Barat 4 titik serta Bangka Belitung terpantau ada 2 titik panas.

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami mengatakan, 94 titik panas yang terpantau di Riau tersebar di enam wilayah kabupaten/kota.

Dia menyebutkan, dari pantauan melalui citra satelit, dari 94 titik panas yang terpantau di Riau, 4 titik berada pada tingkat kepercayaan tinggi yang artinya sudah dipastikan sebagai titik api, sedangkan 90 titik berada di level sedang.

BMKG juga terus mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Terutama saat ini, di mana kondisi cuaca yang minim hujan, sehingga potensi karhutla cukup tinggi. 

Cuaca Provinsi Riau berpeluang panas terik, Senin 11 Juli 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi cuaca di Riau hari ini dominan cerah berawan.

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Sanya Gautami mengatakan tidak ada potensi hujan di Riau sejak pagi hingga sore hari nanti. Hujan diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah pada malam hari.

Dia menyebutkan, pada pagi, siang hingga sore hari, cuaca Riau diprediksi cerah berawan hingga berawan.

"Malam hari cerah hingga berawan. Potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Siak, Rokan Hulu, Kuantan Singingi dan Kampar," katanya.

Sedangkan pada Selasa dini hari, terpantau tidak ada potensi hujan di seluruh wilayah Riau. Cuaca diperkirakan akan didominasi cerah hingga berawan.

Suhu udara diperkirakan berkisar antara 23 hingga 34 derajat celsius, dengan kelembaban udara antara 55 sampai 96 persen. Sementara angin diperkirakan bertiup dari arah tenggara menuju barat daya dengan kecepatan 10 sampai 30 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter atau berada di level rendah," ujarnya. (*)

Tags : Cuaca di Riau, Cuaca Capai 34 Derajat Celsius, Titik Hotspot Mulai Membara di Riau, News,