Headline Siak   2022/07/26 22:22 WIB

Dekranasda Siak Pamerkan Produk Unggulan Batik dan Tenun di Stand MTQ Riau

Dekranasda Siak Pamerkan Produk Unggulan Batik dan Tenun di Stand MTQ Riau

SIAK- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Siak menampilkan produk unggulan Batik Tenun Khas Siak di Stand Bazar MTQ Riau ke 40 di Bagan Siapi-api Rohil.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Rasidah Alfedri, Senin(26/07/2022) dalam pameran Stand Bazar MTQ Riau, beragam khas kerajinan tangan maupun produk-produk terbaru UMKM Kabupaten Siak ditampilkan.

"Dalam stand bazar kita isi dengan beragam produk khas daerah Siak seperti kain tenun papa/mama berserta selendang, Kain batik cap, bahan kain batik, baju batik perempuan dan laki-laki, kerajinan tutup gelas, tanjak songket dan tenun serta aneka ragam cendramata Istana Siak,"ungkapnya.

Rasidah berharap dengan adanya stand kerajinan UMKM yang ditampilkan di MTQ Riau ini, mampu menjadi daya tarik bagi para wisatawan lokal dan pengunjung untuk membeli produk di stand Bazar Kabupaten Siak.

Bupati Siak Alfedri, menambah bahwa dengan adanya promosi di pameran stand bazar kabupaten Siak di MTQ Riau mampu untuk mendukung usaha mikro dengan akses pasar yang lebih luas, dan menghidupkan geliat perekonomian di era pandemi.

"Dengan bazar ini tentunya dapat memotivasi bangkitnya usaha mikro sehingga dapat menggerakkan perekonomian secara masif, serta untuk menggerakkan usaha mikro bermotivasi dan meningkatkan kualitas usahanya,"ungkap Alfedri.

Ia juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah Siak terus mendorong UMKM yang ada dengan berbagai program yang telah dicanangkan untuk memperkuat usaha masyarakat seperti digitalisasi UMKM dan membantu permodalan.

"Langkah awal Pemkab Siak untuk membangkitkan UMKM saat ini dengan melakukan pendataan dan memantau pertumbuhan UMKM. Untuk tahun depan akan dilaksanakan berbagai program seperti subsidi Kredit Usaha Rakyat (KUR), bantuan modal dan bimbingan terhadap UMKM dengan melibatkan OPD terkait. Tahun ini masih tahap rancangan, bagaimana petunjuk teknisnya, tapi Insya Allah tahun depan sudah jalan. Salah satunya ada subsidi bunga KUR yang bunga pinjamannya dibantu dibayar Pemda, ada juga nanti bantuan sapi bagi kelompok ternak bersinergi dengan Dinas Peternakan," pungkasnya. (*)

Tags : Dewan Kerajinan Nasional Daera, Dekranasda Siak, Produk Unggulan Batik dan Tenun, Stand MTQ Riau,