Wisata   2024/01/05 10:32 WIB

Destinasi Wisata Air Ditutup Sementara, 'karena Diterjang Banjir'

Destinasi Wisata Air Ditutup Sementara, 'karena Diterjang Banjir'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Sejumlah destinasi wisata air di Provinsi Riau kini terpaksa ditutup sementara akibat dampak banjir yang disebabkan curah hujan tinggi.

"Destinasi wisata air di Riau ditutup sementara."

"Untuk destinasi wisata air pasti terdampak. Banyak laporan ke kita wisata air ditutup akibat banjir, seperti pulau cinta, sungai gelombang, danau tajwid dan kuala terusan," kata Kadispar Riau, Roni Rakhmat seperti dirilis mcr, Kamis (4/1).

Meskipun demikian, pesona alam sungai dan danau tetap menjadi daya tarik utama di daerah ini.

Destinasi wisata alam yang terdampak banjir termasuk Pulau Cinta di Kampar, Sungai Gelombang di Kampar, Danau Tajwid di Pelalawan, Pesona Kuala Terusan Pelalawan dan lainnya.

Roni menekankan, pengelola destinasi wisata air telah diberi peringatan dan surat pemberitahuan untuk menutup sementara hingga kondisi normal.

"Pengelola juga sudah kita ingatkan untuk ditutup sementara. Itu sudah kita kirim surat pemberitahuannya," ungkapnya.

Selain menutup destinasi yang terdampak, Roni juga mengingatkan pengelola destinasi wisata yang tetap buka agar meningkatkan kewaspadaan dan keselamatan pengunjung.

"Termasuk SOP keselamatan juga harus diterapkan, dan selalu memantau perkembangan cuaca melalui media maupun situs resmi BMKG. Sehingga pengelola lebih waspada untuk menjaga keselamatan pengunjung," tambahnya.

Meskipun hujan melanda, pesona alam Riau tetap memikat, dan langkah pengelolaan yang bijak menjadi kunci kelancaran kegiatan wisata. (*)

Tags : wisata, riau, destinasi wisata air , wisata air ditutup sementara, wisata air diterjang banjir,