Indragiri Hulu   2021/04/08 22:0 WIB

Ditengah Pandemi, Ada Organisasi Paguyuban Peduli Warga Terdampak Covid-19

Ditengah Pandemi, Ada Organisasi Paguyuban Peduli Warga Terdampak Covid-19
Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PMSTI) Inhu, Asun alias Mastur

"Pandemi virus corona (Covid-19) yang belum usai, menggerakkan perkumpulan pengusaha yang ada di wilayah Indragiri Hulu (Inhu) menunjukkan kepeduliannya kepada warga terdampak Covid-19 melalui pembagian paket sembako dan masker serta peralatan medis lainnya"

ukungan bagi ujung tombak penanggulangan pandemi virus corona (COVID-19) melatarbelakangi sinergi lintas pihak melakukan penggalangan dana guna donasi peralatan kesehatan, penyaluran sembilan bahan pokok [Sembako] dan masker.

“Kami mendapatkan informasi bahwa kecepatan dan ketepatan penanganan menjadi kunci memerangi pandemi COVID-19. Itu yang mendorong sinergi dilakukan melalui penggalangan dana guna memberikan bantuan alat kesehatan maupun sembako,” tutur Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PMSTI) Inhu, Asun alias Mastur dalam penjelasannya pada media belum lama ini.

Asun selepas melakukan penyerahan simbolis bantuan sembako dan masker, Ketua PMSTI yang juga dikenal pengusaha daerah yang cukup dikenal 'ringan tangan' ini pun memberikan bantuan untuk Pemerintah Daerah berupa peralatan medis. Sebelumnya, Asun telah menyerahkan bantuan berupa APD seperti baju isolasi, masker, kacamata, sarung tangan ke Rumah Sakit di daerah.

"Dukungan lain yang dapat diberikan adalah tetap mengikuti semua arahan Pemerintah seperti melakukan pembatasan interaksi dengan pihak lain (social distancing) dan mengedepankan pola hidup sehat," katanya.

Menurutnya, tenaga medis adalah lini terdepan penanganan wabah virus corona, "itu sebabnya donasi dari organisasi PSMTI berbentuk peralatan juga memprioritaskan untuk membantu mereka yang terdapak,” ujar Direktur PT Tani Subur Makmur [TSM] ini.

“Semoga pembagian paket sembako ini dapat sedikit membantu masyarakat kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan pokoknya dan berharap pandemi Covid-19 segera berakhir,” ungkapnya menambahkan bantuan paket sembako ada yang dibagikan langsung dari rumah ke rumah. 

Polres Inhu terima donasi dari PSMTI 

PMSTI Inhu  juga memberikan sejumlah sembako dan Alat Pelindung Diri [APD] kepada Polres Inhu untuk dibagi-bagikan kepada masyarakat banyak yang dianggap berhak mendapatkan. Penyerahan donasi disambut baik Kapolres Inhu, AKBP Efrizal, S.IK didampingi Wakapolres Inhu, Kompol Zulfa Renaldo, S.IK, M.Si.

Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PMSTI) Inhu, Asun alias Mastur salurkan bantuan sembako ditengah warga

Sebanyak 500 paket sembako yang berisi beras dan 500 dus mie instan dan masker /pelindung wajah untuk polisi yang bertugas dilapangan.

"Terima kasih kita ucapankan pada pihak yang telah menyerahkan donasi, semua bantuan ini akan distribusikan pada masyarakat yang berhak mendapatkannya, mudah-mudahan donasi ini dapat meringankan beban masyarakat dalam menghadapi masa sulit imbas Covid-19 ini," kata Kapolres.

Kapolres berharap, penyerahan donasi ini bisa menjadi contoh dan diikuti oleh pihak lain, baik perusahaan swasta, pengusaha, organisasi sosial dan lainnya. Disisi lain Asun mengakui donasi diberikan merupakan rasa bentuk kepedulian semua terhadap dampak dari musibah ini, "mudah mudahan segal sesuatu yang diberikan bisa bermanfaat bagi orang banyak," ujarnya.

"Kita sama sama peduli, intinya bantuan ini bukan semata hanya mencari pencitraan, namun samata rasa peduli kami. Terimakasih juga kita ucapkan buat Kapolres yang sudah memfasilitasi kami dengan menerima donasi dari kami yang akan diserahkan kepada masyarakat, saya berharap masyarakat juga selalu mengindahkan himbauan pemerintah dan selalu menjaga kesehatan serta selalu pakai masker jika berpergian dari rumah," ucap Asun. 

Asun ikut prihatin atas apa yang dirasakan masyarakat akibat merebaknya wabah Covid-19.

"Kita merasa terpanggil ya untuk ikut peduli dalam upaya pencegahan wabah mematikan ini."

"Donasi berupa 500 paket Sembako, berupa beras dan 500 dus mie instan, kita serahkan ke Polres Inhu, untuk dibagikan kepada masyarakat yang berhak mendapatkan," kata Asun.

Organisasi sosial, PSMTI Kabupaten Inhu bersama pemerintah daerah ikut peduli, untuk bersama-sama berupaya memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19.

"Maka dari itu, dalam kesempatan yang baik ini, organisasi ini ikut peduli dengan mendonasikan paket sembako kepada warga yang membutuhkan," ucapnya.

Asun berharap kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Inhu selalu menggunakan masker jika berada diluar rumah dan beraktivitas. "Jaga pola hidup bersih dan rajin mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Rajinlah beribadah, dengan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar kita dapat terhindar dari wabah Covid-19. Semoga wabah yang mematikan ini cepat berlalu dan kita dapat beraktivitas seperti sedia kala," pesan Asun.

Sebelumnya PSMTI Kabupaten Inhu juga menyerahkan sembako 200 paket, Masker 500 pcs dan Hand spayer 2 unit yang diterima langsung Kodim 0302 Inhu.  Dia berharap PSMTI Inhu  bisa terus berbuat yang terbaik untuk masyarakat. Asun mengaku penyerahan bantuan sumbako juga di dampingi ketua harian, Suharianto alias Anto Sorum, Suiling alias Sumarjono, Alek dan lainnya membenarkan berbagai sumbako, desinfektan, suplayer, Indomi , masker dan lainnya.

Disamping itu PSMTI melakukan pendistribusi bantuan ribuan paket sumbako pada warga tidak mampu di Kelurahan Wilayah Rengat. Bahkan sebahagaian penyerahan sumbako melalui kupon yang telah di bagikan pada warga yang benar layak menerima, karena dampak Covid – 19 ini cukup mempengaruhi ekonomi warga, khususnya yang tidak memiliki usaha lain atau kebun. Demikian pula pada sejumlah rekan pers yang telah turut membantu kerjasama dalam publikasi pemberitaan soal kegiatan PSMTI Kabupaten Indragiri Hulu tak luput juga mendapat bantuan dari PSMTI. (*)

Tags : Ditengah Pandemi, Covid-19, Organisasi Paguyuban PSMTI, PSMTI Inhu, PSMTI Peduli Warga Terdampak Covid-19,