Riau   2023/06/27 11:37 WIB

Dr Achmad Nilai Masih Banyak Kendala Dihadapi Jemaah Asal Riau, 'yang Minta Layanan Haji Perlu di Evaluasi'

Dr Achmad Nilai Masih Banyak Kendala Dihadapi Jemaah Asal Riau, 'yang Minta Layanan Haji Perlu di Evaluasi'
Dr. Achmad, Anggota Komisi VIII DPR RI

JAKARTA -  Anggota Komisi VIII DPR Dr. Achmad yang tergabung dalam Timwas Haji DPR menerima keluhan belum maksimalnya pelayanan kepada lansia. Dia menyinggung tema Haji 2023 Ramah Lansia dan berkeadilan yang belum terwujud.

"Masih banyak kendala dihadapi Jemaah Haji asal Riau."

"Petugas-petugas haji yang ada ini tidak menguasai Mekkah dan Madinah, tidak bisa berbahasa Arab. Mereka itu sebagian besar tidak bisa menjalankan tugas dengan baik," sebut Wakil Rakyat asal daerah pemilihan Riau I dikutip detikcom.

Achmad saat mengungnjungi langsung sejumlah pemondokan jemaah haji di Makkah. Salah satu titik yang dikunjungi Achmad yaitu pemondokan jemaah haji asal Rokan Hulu (Rohul) di Hotel Emaar Al Diyafa, Syisah, Makkah, pada Minggu (25/6/2023).

Di titik ini terdapat 374 jemaah, dengan catatan dua jemaah di antaranya dalam kondisi sakit. Dalam kunjungannya, Achmad juga menyerahkan bantuan makanan dan minuman.

Achmad meminta Menteri Agama mengevaluasi pelaksanaan haji terkait dengan keluhan-keluhan yang dia terima. Dia juga meminta Menteri Agama betul-betul membuat persiapan maksimal untuk pelaksanaan puncak haji.

Selain itu jemaah mengeluh soal makanan yang dihentikan distribusinya oleh pemerintah dua hari jelang wukuf, dengan alasan masalah transportasi.

"Sejak kemarin mereka tidak dapat lagi katering. Sebelumnya mereka tidak mendapat informasi, sehingga mereka kewalahan mencari makanan," katanya.

Politikus Demokrat ini juga sampat berbincang dengan jemaah yang membeli makanan secara mandiri di hotel 402. Jemaah itu membeli makanan seharga 12 riyal atau setara Rp 48 ribu. Menu makanan yang didapat jemaah itu, yaitu nasi, ikan, ayam, sayur, sambal, buah dan air minum.

Selain masalah makan, ada juga keluhan soal waktu check out dari Madinah yang dipercepat sehingga ibadah arbain jemaah tak lengkap. Dampak lain yakni sejumlah barang jemaah tertinggal sebab terburu-buru berangkat ke Makkah. Hingga kini barang tersebut tak kunjung diantar ke jemaah.

Belum lagi jarak antara hotel dan Masjidil Haram jauh. Sehingga menyulitkan jemaah lansia. (*)

Tags : anggota komisi VIII dpr ri achmad, kendala jemaah haji, jemaah haji asal riau, layanan haji perlu di evaluasi,