Headline Linkungan   2023/05/06 14:54 WIB

Enam Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Perubahan Iklim, 'Salah Satunya Jangan Buang Sampah Sembarangan'

 Enam Hal Kecil yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Perubahan Iklim, 'Salah Satunya Jangan Buang Sampah Sembarangan'

LINGKUNGAN - Menanggulangi perubahan iklim di tingkat global merupakan tantangan besar, tetapi ada beberapa tindakan kecil dan mudah yang dapat Anda serta banyak orang bisa lakukan, untuk Bumi yang lebih baik.

Jutaan orang di seluruh dunia berpartisipasi dalam Hari Bumi pada 22 April lalu, untuk mendukung perlindungan atas lingkungan.

Yang paling diingat banyak orang adalah perubahan iklim – dan kebutuhan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca global dengan cepat.

Sebagian besar perubahan diperlukan untuk mengendalikan perubahan iklim dengan cepat, melampaui apa yang dapat dilakukan oleh setiap individu – mulai dari meningkatkan infrastruktur energi terbarukan, hingga menghentikan penggunaan bahan bakar fosil secara cepat. 

Namun, perubahan di masing-masing individu juga memiliki peran penting.

BBC Future Planet menjelaskan beberapa perubahan langsung yang paling berdampak, yang dapat Anda lakukan hari ini untuk membantu menurunkan emisi.
Kurangi penerbangan

Jika semua penerbangan di Bumi tiba-tiba dihentikan, itu akan menghentikan setidaknya 2,5% dari semua emisi CO2 dalam sekejap.

Penerbangan menyumbang sekitar satu miliar ton emisi CO2 setiap tahun.

Sejak 2013 hingga 2019, emisi dari sektor penerbangan tumbuh 30%, menurut laporan International Council on Clean Transportation.

Angka itu sempat menurun kietika pandemi, tapi kini kembali meningkat.

Meskipun emisi dari penerbangan secara keseluruhan relatif kecil, setiap penerbangan menghasilkan banyak gas rumah kaca.

Penerbangan pulang-pergi dari London ke New York, misalnya, mengeluarkan hampir satu ton CO2, dan dampak iklimnya bahkan lebih besar karena emisi non-CO2 lainnya dari pesawat terbang.

Larangan secara menyeluruh untuk terbang tentu saja tidak mungkin. Namun, penurunan permintaan penerbangan sangat mungkin, dan bukan berarti Anda tidak dapat bepergian.

Anda bisa mencoba naik kereta atau bus, yang memiliki emisi jauh lebih rendah, sebagai gantinya.

Atau Anda bisa mencoba untuk mengurangi penerbangan. Terbang dengan kelas ekonomi juga cenderung jauh lebih rendah emisinya dibandingkan dengan kelas bisnis maupun first class.

Mengubah cara beberapa pesawat diterbangkan juga bisa segera diwujudkan. Tidak lama lagi, pesawat yang lebih kecil bisa terbang dengan mesin listrik.

Norwegia, misalnya, menginginkan semua penerbangan jarak pendek yang meninggalkan bandaranya menggunakan tenaga listrik pada 2040 nanti.

Sementara itu, pesawat yang lebih besar dapat beralih ke bahan bakar alternatif seperti biofuel, bahan bakar sintetis yang terbuat dari energi terbarukan atau, dalam jangka panjang, hidrogen.

Makanan

Beralih ke pola makan berbasis tanaman dapat menghemat sekitar 0,8 ton CO2e setiap tahun.

Jika setiap orang di dunia beralih menginsumsi makanan berbasis tanaman, itu akan membebaskan 75% lahan pertanian dunia untuk kegunaan lain – seperti berbagai ekosistem keanekaragaman hayati dan penangkap karbon.

Namun, jika Anda tidak sepenuhnya melakukan itu, mengganti makanan dengan pilihan rendah karbon adalah salah satu cara untuk mengurangi emisi dari pola makan Anda.

Misalnya, nilai susu sapi lebih buruk daripada alternatif nabati dalam hal penggunaan lahan, emisi gas rumah kaca, penggunaan air, dan polusi dari pupuk, sementara jenis protein yang berbeda juga dapat menghasilkan emisi yang berbeda.

Seperti yang telah diselidiki oleh Future Planet, perubahan kecil pada pola makan dan cara memasak Anda dapat memberikan hasil yang signifikan – mulai dari memasak berdasarkan pengelompokan makanan, hingga berfokus pada penggunaan produk hewani yang memiliki lebih sedikit waktu transportasi untuk mengangkutnya.

Cara lain untuk menghemat emisi secara besar-besaran adalah dengan menghindari limbah makanan, yang jumlahnya mencapai 900 juta ton per tahun (atau 23 juta muatan truk besar per tahun).

Transportasi

Transportasi pribadi adalah salah satu sumber emisi gas rumah kaca terbesar di dunia, dan di negara-negara seperti Inggris dan AS, sektor transportasi – yang didominasi oleh mobil, truk, bus, dan sepeda motor – kini bertanggung jawab atas emisi gas rumah kaca lebih banyak daripada yang lain.

Jika Anda memiliki mobil, cukup mengurangi frekuensi penggunaannya, dapat menjadi langkah awal yang bagus untuk mengurangi emisi Anda.

Di banyak tempat, sebagian besar perjalanan dengan mobil hanya untuk jarak yang relatif pendek, dan berjalan kaki atau bersepeda adalah alternatif bagus yang juga dapat membantu Anda tetap sehat.

Untuk perjalanan yang lebih lama (dan jika tersedia), angkutan umum cenderung menjadi pilihan rendah emisi karbon daripada mengemudikan kendaraan pribadi.

Aktivitas di rumah

Beberapa perubahan pada aktivitas sehari-hari Anda di rumah akan membuat lebih banyak perbedaan.

Pemanas rumah adalah salah satu sumber utama emisi, terutama di negara-negara di mana sumber utama energinya berasal pembakaran bahan bakar fosil.

Di Uni Eropa, pemanas menyumbang 63% dari konsumsi energi rumah tangga.

Di Inggris, pemanas menyumbang sepertiga dari emisi dan di AS sekitar separuh rumah dihangatkan menggunakan gas.

Penggunaan itu perlu diubah secara drastis jika kita ingin membatasi pemanasan global.

Namun, mematikan termostat Anda hanya satu derajat atau lebih dapat mengurangi tagihan pemanas Anda hingga 10%, dan mengurangi emisi.

Di iklim panas, menggunakan lebih sedikit pendingin ruangan (AC) di musim panas juga dapat membantu biaya dan mengurangi karbon.

Cara lain yang efektif untuk mengurangi emisi dari alat pemanas adalah memasang heat pump, yaitu alat yang menyerap panas dari satu tempat dan memindahkannya ke tempat lain.

Cara kerjanya bukan dengan pembakaran bahan bakar, tapi memusatkan energi panas yang sudah ada di udara, tanah, atau air, dan memompanya melalui pipa.

Jika listriknya menggunakan energi terbarukan, heat pump tidak mengeluarkan karbon.

AC adalah kontributor besar lainnya terhadap perubahan iklim.

Panas yang meningkat memperbanyak permintaan AC di seluruh dunia dan pada 2050, jumlah unit AC diperkirakan akan meningkat lebih dari tiga kali lipat di seluruh dunia.

AC mengandung zat pendingin yang merupakan gas rumah kaca yang kuat dan menggunakan listrik dalam jumlah besar.

Namun, ada alternatif yang lebih berkelanjutan. Dari desain bangunan kuno, seperti arsitektur jaali di India, hingga atap hijau, menanam pohon, atau dalam beberapa kasus hanya menutup gorden saat cuaca panas.

Ada banyak cara untuk menjaga agar bangunan tetap sejuk tanpa berkontribusi terhadap pemanasan global.

Perubahan lain seperti menggunakan air dingin untuk mencuci pakaian dan mengeringkannya dengan udara, daripada menggunakan mesin pengering, juga dapat menghemat karbon di rumah Anda – hampir 0,5 ton CO2e per tahun.

Keuangan

Ini mungkin bukan cara yang paling jelas untuk mengurangi jejak karbon Anda, tetapi cara Anda menabung, berinvestasi, dan memberikan uang Anda dapat membuat perbedaan besar bagi perubahan iklim.

Banyak bank berperan sebagai pemberi modal krisis iklim yang terdokumentasi dengan baik, menyediakan triliunan dolar untuk ekstraksi bahan bakar fosil.

Uang yang Anda masukkan ke bank tidak secara langsung digunakan untuk ini (karena biasanya cabang perbankan konsumen bank dipisahkan dari cabang investasi mereka).

Para ahli dan juru kampanye berpendapat di mana Anda menaruh uang masih bisa membuat perbedaan pada lisensi sosial mereka.

Ada semakin banyak bank alternatif yang memasarkan diri mereka sendiri sebagai pemberi solusi etis dan penyandang dana.

Sementara itu, alternatif untuk bank, seperti koperasi simpan pinjam atau pemberi kredit rumah, juga seringkali memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mendanai bahan bakar fosil karena cara mereka berinvestasi.

Pensiun Anda, di sisi lain, biasanya diinvestasikan secara langsung. Jumlah uang yang sangat besar yang diinvestasikan secara global dalam bentuk dana pensiun memiliki pengaruh serius terhadap arah ekonomi global.

Meskipun demikian, kebanyakan orang bahkan tidak tahu di mana uang pensiun mereka diinvestasikan.

Mode pakaian

Setiap tahun lebih dari 100 miliar helai pakaian diproduksi secara global, dengan 65% di antaranya berakhir di tempat sampah dalam waktu 12 bulan.

Industri fesyen bertanggung jawab atas 8-10% emisi karbon global, lebih dari gabungan penerbangan dan pelayaran.

Bagaimana kita bisa membuat lemari pakaian lebih berkelanjutan?

Anda bisa mulai dengan membeli pakaian bekas, di toko barang bekas atau di situs seperti eBay, Vinted, maupun Depop, atau menyewanya, daripada membeli barang baru.

Mengurangi frekuensi penyucian juga dapat membantu menurunkan jejak karbon lemari pakaian Anda dan mengurangi jumlah mikroplastik yang berakhir di saluran air kita.

Terakhir, penting untuk memikirkan tentang apa yang kita lakukan dengan pakaian kita di akhir hidup mereka.

Daripada membuang pakaian di tempat pembuangan akhir, pendekatan yang lebih baik adalah memberikannya kepada teman, menjualnya secara daring, atau membawanya ke toko barang bekas.

Tentu saja ada banyak perubahan lain yang juga dapat Anda lakukan, hal-hal yang relatif kecil, seperti memperbarui bola lampu Anda ke LED yang lebih efisien (0,1 ton CO2e per tahun), hingga pilihan hidup yang sangat besar, seperti memilih untuk memiliki lebih sedikit anak. (58,6 ton CO2 per tahun untuk seseorang di negara maju, menurut sebuah penelitian).

Banyak orang mungkin memilih untuk mengambil bagian dalam satu bentuk aktivisme iklim atau lainnya.

Kabar baiknya adalah banyak dari perubahan ini tidak hanya baik untuk iklim, tetapi juga baik untuk kesehatan dan kesejahteraan mental Anda.

Dan dalam skala yang lebih besar, dengan membantu mengurangi perubahan iklim, tindakan kecil ini juga dapat meningkatkan kesetaraan gender, kesetaraan ras, dan keanekaragaman hayati. (*)

Tags : perubahan iklim, jangan buang sampah sembarangan, polusi, perubahan iklim, polusi udara, pencemaran laut, alam, lingkungan,