Lingkungan   2020/11/28 14:44 WIB

Fosil Paus 'Purba' Berusia Ribuan Tahun Ditemukan

Fosil Paus 'Purba' Berusia Ribuan Tahun Ditemukan
Rangka paus ini masih harus menjalani penanggalan karbon.

LINGKUNGAN - Fosil paus yang terjaga dalam kondisi hampir sempurna dan diperkirakan berumur 3.000 hingga 5.000 tahun telah ditemukan di Thailand.

Tulang-belulang tersebut ditemukan pada awal November sejauh 12 kilometer lepas pantai sebelah barat ibu kota Thailand, Bangkok. Rangka sepanjang 12 meter ini diperkirakan jenis Paus Bryde. Temuan ini diharapkan dapat membantu riset mengenai tinggi air laut dan keanekaragaman hayati.

Foto-foto yang dibagikan Menteri Lingkungan Thailand, Varawut Silpa-archa, menunjukkan rangka tersebut hampir utuh. Menurut sang menteri, lebih dari 80% tulang paus telah ditemukan, termasuk tulang punggung, tulang rusuk, sirip, dan satu tulang bahu. Menurut media Thailand, tengkorak paus itu sendiri mencapai lebar tiga meter.

Penanggalan karbon untuk menentukan secara pasti umur paus itu akan segera dilakukan, dengan hasil diperkirakan mengemuka pada Desember, dirilis BBC News. Tulang-belulang yang telah menjadi fosil ini ditemukan beberapa kilometer dari garis pantai Samut Sakhon. Menurut menteri lingkungan Thailand, rangka itu akan berguna untuk mengkaji perubahan tinggi air laut, serta evoluasi paus dan keanekaragaman hayati di wilayah itu. Paus Bryde, yang hidup di air perairan hangat dan tropis, masih bisa ditemukan di perairan sekitar Thailand hingga saat ini. (*)

Tags : Fosil Paus, Paus Purba, Paus Berusia Ribuan Tahun, Thailand,