Riau   2023/09/27 19:5 WIB

Gubernur Syamsuar Kirim Surat Pengunduran Diri yang Sudah Diterima DPRD Riau

Gubernur Syamsuar Kirim Surat Pengunduran Diri yang Sudah Diterima DPRD Riau

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Gubernur Riau Syamsuar mengirim surat pengunduran dirinya kepada pimpinan DPRD Riau melalui Sekretariat.

"Pimpinan DPRD Riau melalui Sekretariat sudah menerima surat pengunduran diri Gubri."

"Surat (pengunduran diri) sudah masuk. Saya baru diberitahu staf hari ini," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho, Rabu (27/9).

Syamsuar sudah mengajukan surat pengunduran dirinya sebagai Gubernur Riau kepada pimpinan DPRD Riau melalui Sekretariat.

Dengan sudah diterimanya surat itu, lanjut Agung, DPRD Riau akan segera menjadwalkan rapat paripurna guna membahas surat pengunduran diri sang gubernur.

"Besok atau nanti kami jadwalkan untuk paripurna. Setelah paripurna tentu kita ajukan ke kementerian (dalam negeri)," pungkasnya.

Diketahui pengunduran diri Syamsuar itu karena yang bersangkutan akan maju sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) DPR RI.

Surat pengunduran diri itu akan diteruskan kepada Kemendagri. Jika disetujui, maka posisi Syamsuar akan digantikan wakilnya yaitu Edy Natar Nasution.

Namun jika Edy juga mengundurkan diri untuk mengikuti Pileg, maka posisi Gubernur Riau akan digantikan Sekdaprov SF Hariyanto.

"Kalau Wagub tidak maju mencaleg, Wagub menggantikan. Tapi kalau wagubnya nanti mencaleg, tentu Sekda menjadi Plh," kata Agung.

Gubernur Riau Syamsuar resmi melayangkan surat pengunduran diri ke DPRD Riau. Pimpinan DPRD Riau pun bakal menjadwalkan sidang paripurna atas pengunduran diri Syamsuar.

"Surat pengunduran pak gubernur per hari ini diterima. Saya dikabari sama staf," ujar Agung Nugroho

Agung mengaku akan segera membahas surat pengunduran diri Syamsuar di rapat Badan Musyawarah. Selanjutnya dibahas untuk sidang paripurna.

"Kita segera jadwalkan di agenda Banmus untuk paripurna. Saya belum dapat kabar pasti alasan pengunduran diri," kata Agung.

Dalam surat tersebut, Agung memastikan hanya Syamsuar yang mundur. Sementara Wakil Gubernur Edy Natar Nasution belum mengirimkan surat pengunduran diri.

"Hanya pak Syamsuar saja, kalau Wagub belum ada. Kan surat berbeda, masing-masing. Ya kita lihatlah nanti ya," katanya.

Sebelumnya beredar kabar Gubernur Riau akan maju sebagai calon anggota DPR RI. Hanya saja, Partai Golkar sebagai perahu Syamsuar belum memberikan penjelasan.

Selain maju sebagai caleg DPR RI, mantan Bupati Siak itu juga dikabarkan akan maju lagi untuk periode kedua. Hanya saja Partai Golkar mengusulkan Syamsuar untuk maju lebih dulu di pemilihan legislatif. (*)

Tags : gubernur riau, gubernur riau mundur, syamsuar, riau, pemprov riau,