Headline Politik   2023/09/27 20:44 WIB

Jutaan Rakyat Tumpah Seperti 'Lautan Massa' Sambut Anies-Cak Imin, 'Buat Prabowo dan Ganjar Menanggung Beban Berat'

Jutaan Rakyat Tumpah Seperti 'Lautan Massa' Sambut Anies-Cak Imin, 'Buat Prabowo dan Ganjar Menanggung Beban Berat'
Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin disambut jutaan massa saat berkegiatan di Makassar, Sulawesi Selatan, pada Minggu kemarin (25/9)/Ist

MAKASAR - Dua bakal capres Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo menanggung beban berat karena harus melebihi pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin atau Amin dalam berkegiatan bersama rakyat. 

"Jutaan rakyat selalu menyambut kehadiran Anies-Cak Imin dan tumpah tiap dilakukan pertemuan."

“Prabowo dan Ganjar dipastikan memiliki beban, bagaimanapun dengan sokongan partai yang lebih banyak, di tambah adanya Jokowi di belakang mereka,” kata Direktur   Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah, Senin (25/9).

Menurutnya, hal itu lantaran pasangan Amin bisa menghadirkan jutaan massa saat berkegiatan di Makassar, Sulawesi Selatan, seperti pada Minggu 25 September 2023 kemarin.

Padahal Amin cuma diusung tiga  partai politik, yakni PKB, Nasdem,dan PKS. 

Menurut Pengamat Politik jebolan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu, jika Prabowo dan Ganjar tidak dapat membuat kesan antusiasme publik sebesar Anies-Muhaimin, maka mereka akan kehilangan momen. 

“Masyarakat kita masih banyak yang akan mengikuti tren soal riuh rendah dukungan, semakin ramai, semakin mudah mempengaruhi pilihan,” demikian Dedi. 

Jutaan masyarakat memadati kawasan Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat di Jalan Jenderal Sudirman Kota Makassar, saat menyambut kedatangan pasangan Anies-Muhaimin.

Anies bahkan mengaku merasa takjub dengan banyaknya pendukung yang memadati kawasan tersebut. 

“Luar biasa sambutan dan kemeriahan pagi ini, sampai speechless," ungkap Anies seperti dikutip melalui akun Instagram resminya.

Seperti di Makasar kemarin, sekitar satu juta warga Sulawesi Selatan tumpah ruah mengikuti  jalan gembira bersama Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar, di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad, 24 September 2023.

Lautan massa datang dari berbagai kabupaten dan kota di provinsi tersebut, sepeti dari Parepare, Pangkep, Enrekang, dan lain-lain.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Tamsil Linrung menyampaikan bahwa kehadiran Anies bersama Muhaimin telah lama dinantikan oleh warga Sulsel. 

“Lautan massa yang membentang sejauh 4 Km di sepanjang jalan Jenderal Sudirman, membuktikan bahwa Sulsel mendukung perubahan,” imbuhnya.

Dari pantauan, masyarakat tampak antusias dalam kegiatan tersebut. Massa mulai berdatangan ke lokasi sejak pukul 5.30. Para pedagang makanan bahkan terlihat sudah menempatkan gerobak atau memasang tenda sejak pukul 05.00.

Dalam sambutannya sebelum melepas gerak jalan gembira, Anies mengajak semua supaya turut melakukan perubahan.

"Indonesia bergetar dari Makassar dengan peserta gerak jalan gembira yang mencapai satu juta orang," ungkap Anies.

Anies menyebutkan pentingnya perubahan dan kesetaraan untuk semua. "Anda menjadi bagian dari usaha memperjuangkan itu," ujar Gubernur DKI Jakarta 2017-2022 ini.

Menurut Anies, yang diperjuangkan bukan untuk satu orang, satu partai dan satu koalisi, tetapi untuk nasib bangsa Indonesia. Anies merasa bangga dengan kehadiran masyarakat Sulsel dalam acara tersebut. Bangga karena turut mendorong perubahan.

"Anda bagian dari gerakan perubahan yang lebih baik. Di saat Indonesia di persimpangan jalan, Anda jadi bagian dari perubahan," ucapnya yang disambut tepuk tangan dan sorak-sorai dari peserta yang hadir.

Di tempat yang sama, salah seorang peserta, Yusuf Ritangnga yang memimpin kelompok pendukung Anies-Muhaimin dari kabupaten Enrekang mengapresiasi keberhasilan panitia. “Kami kagum dengan kemampuan konsolidasi massa lintas organ pendukung yang dilakukan panitia. 

“Terima kasih kepada Pak Tamsil telah mempersiapkan acara ini. Lautan massa membuktikan bahwa Sulsel mendukung penuh Anies-Muhaimin,” imbuh calon anggota legislatif dari partai Nasdem ini. (*)

Tags : jutaan rakyat tumpah, sambut anies-cak imin, pilpres 2024, anies baswedan, muhaimin iskandar ,