Headline News Kota   2021/10/29 22:3 WIB

Harga Sembako Naik, Dewan Beri 'Solusi Harga Komuditi Cabe dan Minyak Goreng Curah'

Harga Sembako Naik, Dewan Beri 'Solusi Harga Komuditi Cabe dan Minyak Goreng Curah'

PEKANBARU - Anggota Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi memberikan solusi tentang harga sembako yang naik.

Kenaikan harga sembilan bahan pokok (Sembako) terutama untuk komuditi cabe dan minyak goreng curah di Kota Pekanbaru harus direspon cepat Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Disperindag.

"Kenaikan harga itu tidak ada yang tiba-tiba, tentu ada faktor atau penyebab awal atau dengan kondisi macam-macam lah sehingga masyarakat terkejut dengan kenaikan harga kebutuhan dipasar," kata Muhammad Sabarudi didepan wartawan, Jumat (29/10).

"Tidak hanya itu, solusi jangka pendek dan jangka panjang harus disiapkan untuk mengontrol dan menekan harga tidak terus melonjak di pasaran."

Pemko Pekanbaru, katanya tak bisa lepas tangan begitu saja menghadapi masalah lonjakan harga kebutuhan barang pokok tersebut. Sebab, tugas pemerintah adalah mengontrol dan menstabilisasi masalah harga-harga di lapangan.

"Jadi dinamisasi harga kebutuhan barang pokok yang ada di lapangan itu harus terkontrol. Tidak ada harga itu yang kemudian naik secara tiba-tiba dan naik tanpa diketahui oleh pemerintah," sebutnya.

"Untuk solusi jangka pendek yang saat ini bisa dilakukan selain melakukan mengontrol dan menstabilisasi harga, Pemko bisa mengadakan operasi pasar bagi masyarakat."

Sabarudi juga menyinggung soal keberadaan Pasar Induk yang dinilai bisa jadi solusi jangka panjang buat pemerintah, pedagang dan masyarakat selaku konsumen.

Menurut Sabarudi keberadaan Pasar Induk yang berada di Jalan Soekarno-Hatta sangat dibutuhkan di Kota Pekanbaru. Salah satunya dapat mengantisipasi permasalahan lonjakan harga kebutuhan barang pokok yang sewaktu-waktu mengalami kenaikan.

"Pasar Induk itu sebenarnya penting. Dengan adanya pasar induk, semua barang itu masuk ke Pasar Induk. Setelah masuk, itu bisa dikontrol harga distribusiannya ke pasar itu," katanya.

Dengan adanya Pasar Induk dinilai dapat menguatkan pengawasan pemerintah dalam mengontrol pendistribusian kebutuhan barang pokok yang ada di Kota Pekanbaru. Meskipun, sejauh ini pembangunan pasar tersebut belum rampung dikerjakan oleh pihak

"Kalau barang itu sudah dikontrol masuk maka pendistribusiannya jelas. Begitupun stok barang pokok."

"Jadi tidak ada kemudian tiba-tiba naik atau dengan kondisi macam-macam lah sehingga masyarakat terkejut harga itu naik dengan tiba-tiba," ujarnya. (rp.jon/*)

Tags : Harga Sembako Naik, Pekanbaru, News Kota, DPRD Beri Solusi Harga Sembako,