Headline Linkungan   2021/11/11 15:38 WIB

HSBC Mendanai 6 Perusahaan Menghancurkan Hutan Indonesia, Aktifitasnya 'Merampas Lahan Rakyat Dijadikan Kebun Kelapa Sawit'

HSBC Mendanai 6 Perusahaan Menghancurkan Hutan Indonesia, Aktifitasnya 'Merampas Lahan Rakyat Dijadikan Kebun Kelapa Sawit'

LINGKUNGAN - Hongkong Shanghai Banking Corporation (HSBC) adalah salah satu bank dan perusahaan layanan keuangan terbesar di dunia mengucurkan dana hingga $16,3 milyar (Rp 214 triliun) untuk enam perusahaan.

Dalam laporan terbaru Greenpeace menyatakan bahwa bank HSBC, salah satu penyedia jasa keuangan terbesar di dunia, mendanai enam perusahaan yang menghancurkan hutan di Indonesia.

HSBC memiliki kebijakan yang melarang pembiayaan yang menyebabkan deforestasi namun sejak tahun 2012 bank ini telah mengucurkan dana hingga $16,3 milyar (Rp 214 triliun) untuk enam perusahaan dan sekitar $2 milyar (Rp26 triliun) dalam bentuk obligasi korporat.

Dalam ulasan laporan Greepeace yang dipublikasikan pada media menyebutkan, enam perusahaan sawit dilaporkan Greenpeace telah menerima pendanaan dari HSBC, adalah Bumitama Agri Ltd., Goodhope Asia Holdings Ltd., IOI Group, Noble Group, Posco Daewoo Corporation dan Salim Group (Indofood).

Bumitama Agri adalah perusahaan sawit Indonesia yang telah terdaftar di bursa efek Singapura. Menurut Greenpeace, HBBC mengucurkan dua pinjaman untuk Bumitama pada tahun 2012 dan 2013 dengan total $190 juta (Rp2,5 triliun).

HSBC menjadi bagian dari konsorsium perbankan yang memberikan tiga pinjaman kepada Goodhope Asia pada 2014 dengan nilai total $400 juta (Rp5,2 triliun).

IOI group, perusahaan kelapa sawit terbesar ketiga di dunia, dibantu HSBC pada 2012 untuk menerbitkan obligasi korporat dengan nilai total $600 juta (Rp7,9 triliun).

Ulet Ifansasti l Greenpeace

HSBC memberi kredit untuk Noble Group dengan nilai total hampir mencapai $3,9 milyar (Rp51 triliun) dari tahun 2013 hingga 2016.

Menurut Greenpeace, HSBC juga mengatur enam buah pinjaman (lima di antaranya pada 2012, satu pinjaman pada 2013) kepada berbagai divisi POSCO Daewoo, perusahaan multinasional Korea Selatan.

HSBC membantu mengatur dua buah pinjaman senilai $360 juta (Rp4,7 triliun) pada 2013 dan 2014 untuk perusahaan-perusahaan dalam Salim Group, mereka menyumbang sedikitnya $40 juta (Rp526 miliar).

Keenam perusahaan ini dilaporkan melakukan deforestasi, mengeringkan lahan gambut, merampas lahan rakyat dan membasmi orang utan.

Juru bicara Greenpeace Indonesia Annisa Rahmawati mengatakan titik-titik api yang masih terjadi saat ini ditengarai dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang mendapat pendanaan dari penyedia jasa keuangan seperti HSBC.

"Perusahaan-perusahaan yang nakal dan yang merusak hutan ini masih bisa beroperasi karena masih ada dana yang disediakan untuk mereka. Jadi kita mau HSBC menghentikan pendanaan terhadap perusahaan-perusahaan ini karena kita melihat dalam kebijakan HSBC, yang termasuk katanya cukup progresif, dia tidak mendanai deforestasi nyatanya mereka mendanai", kata Annisa seperti dirilis BBC.

Tanggapan HSBC

HSBC, dalam pernyataan persnya mengatakan bahwa mereka mengapresiasi masukan yang diberikan Greenpeace agar konsisten dengan kebijakan komoditas agrikultur dan pertanian namun tidak dapat mengkonfirmasi keterkaitan dengan enam perusahaan yang disebutkan Greenpeace.

"Kerahasiaan nasabah membatasi kami berkomentar untuk perusahaan-perusahaan tertentu. Kami menyadari ini dapat membuat frustasi namun begitupun para pemegang saham jika informasi diberikan ke publik seperti yang kami pahami", petikan pernyataan pers dari HSBC.

Greenpeace menuding IOI Group sengaja mengeringkan lahan gambut di Ketapang, Kalimantan Barat. (Foto. Ulet Ifansasti l Greenpeace)

Bank yang berkantor pusat di London ini juga menegaskan dukungan pada standar yang lebih tinggi untuk menciptakan industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

"HSBC mendukung dan mempromosikan (sebagai anggota Dewan RSPO) pengadopsian RSPO NEXT sebagai cara perusahaan-perusahaan terdepan di sektor ini mendemontrasikan standar yang lebih tinggi lagi melalui proses verifikasi terstandardisasi lewat pihak ketiga."

RSPO (Roundtable on Sustainable Palm Oil) adalah organisasi yang bertujuan menciptakan industri sawit yang berkelanjutan, beranggotakan para pemain industri sawit -perusahaan sawit, pedagang, konsumen, LSM hingga lembaga keuangaan seperti HSBC.

Salah satu kebijakan RSPO adalah memberikan sertifikasi kepada perusahaan-perusahaan yang mempraktikkan kebijakan berkelanjutan. Penyedia jasa keuangan seperti HSBC berkomitmen hanya bertransaksi dengan perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi RSPO.

Namun Annisa menyayangkan tanggapan HSBC tersebut.

"Tidak gentleman sekali yah karena mereka sepertinya underestimate kekuatan mereka atau mereka hanya melihat laba", kata Annisa.

"Karena itu hanya bisa terjadi apabila perusahaan-perusahaan itu paling tidak tersertifikasi semuanya. Sertifikat hijau atau sertifikat sustainability itu dianggap pasti (take for granted) sehingga menjadi pijakan bagi bank khususnya HSBC untuk memberikan pembiayaan, padahal sebenarnya itu tidak benar."

BBC Indonesia tidak berhasil menkonfirmasi perusahaan yang disebutkan Greenpeace dalam laporannya, namun seorang mantan staf salah satu perusahaan mengaku bingung dengan alasan Greenpeace mengangkat isu pendanaan itu kembali. Dia mengatakan pembiayaan yang diberikan HSBC terjadi di masa lampau.

Laporan Greenpeace kerap memberi tekanan kepada perusahaan-perusahaan sawit yang melakukan deforestasi lewat pihak ketiga. Sebelumnya pada Agustus 2016 Unilever menghentikan sementara kerjasama dengan IOI, perusahaan sawit asal Malaysia yang juga disebutkan dalam laporan terkait HSBC ini, akibat tekanan dari Greenpeace. (*)

Tags : HSBC Mendanai 6 Perusahaan, Hancurkan Hutan di Indonesia, Lingkungan, HSBCBuat Kebun Kelapa Sawit,