Internasional   2024/01/06 17:26 WIB

Hujan Lebat Bikin Air Sungai Meluap-Membludak, 'Buat Rumah Mewah di Inggris Ikut Tersapu Bersih Oleh Banjir'

Hujan Lebat Bikin Air Sungai Meluap-Membludak, 'Buat Rumah Mewah di Inggris Ikut Tersapu Bersih Oleh Banjir'
Sungai-sungai besar di seluruh Inggris meluap setelah diguyur hujan lebat jadi banjir.

INTERNASIONAL - Sungai-sungai besar di seluruh Inggris meluap sejak Jumat 5 Janua 2024 setelah diguyur hujan lebat.

"Hujan lebat menjadikan ancaman secara langsung menjadi banjir yang menakutkan mulai menenggelamkan rumah mewah maupun rumah rakyat."

“Kami menyadari, seperti yang akan dilihat banyak orang, situasi yang sangat basah di seluruh negeri,” kata Caroline Douglass, Direktur yang bertanggung jawab atas pengelolaan banjir di Badan Lingkungan Hidup didepan media.

Pemerintah mengeluarkan lebih dari 300 peringatan banjir dengan pihak operator perjalanan mengumumkan gangguan serius, dan sekitar 1.000 rumah terendam.

Badai yang terjadi berturut-turut dalam beberapa minggu terakhir menyebabkan curah hujan berkepanjangan yang dimulai pada Kamis 4 Januari 2023, menyebabkan sungai dan saluran air yang sudah meluap meluap di seluruh Inggris dan Wales.

Badai juga menyebabkan banjir di wilayah lain Eropa dalam beberapa hari terakhir.

Sungai Trent di Inggris meluap dan mendorong pemerintah setempat mengumumkan siaga banjir. Dinas pemadam kebakaran London mengatakan, pihaknya harus mengawal sekitar 50 orang ke tempat aman pada Kamis malam setelah sebuah kanal di timur ibu kota meluap.

Douglass mengatakan, sejauh ini sekitar 1.000 rumah telah terendam banjir. Great Western Railways mengatakan jalurnya di tiga bagian selatan negara itu ditutup.

Jalan-jalan di daerah yang terkena dampak paling parah juga ditutup.

Hujan diperkirakan akan lebih banyak terjadi pada Jumat ini, meskipun intensitasnya tidak sama seperti yang terlihat pada malam hari, dan cuaca yang lebih kering diperkirakan akan menyusul.

Rumah mewah diterjang banjir

Inggris dilanda banjir, rumah masyarakat umum banyak yang terendam, begitu juga kediaman George Clooney memiliki rumah seharga Rp 280 miliar harus menelan pil pahit.

"Sebagian daerah Inggris terendam banjir."

Almi [45] tahun, warga Manchester,mengatakan, lokasi rumah yang dekat sungai membuat lebih rentan terhadap banjir saat cuaca buruk ini.

"Saat ini Inggris terkena dampak angin kencang dan hujan badai Henk, hingga banyak rumah menerima peringatan banjir di seluruh wilayah," ujarnya melaporkan melalui Whats App [WA], Jumat.

Rumah aktor George Clooney di Inggris pun terkena dampaknya. Foto satelit menunjukkan rumah George kebanjiran.

George Clooney diketahui memiliki rumah seharga US$ 18 juta atau sekitar Rp 280 miliar di Desa Sonning, Berkshire, Inggris. Rumah tersebut terkena dampak banjir besar yang terjadi di sebagian wilayah di Negeri Britania Raya itu.

Foto satelit dari rumah bintang Ocean Eleven menunjukkan lahannya telah terendam air setelah hujan lebat melanda desa Sonning.

Desa yang dilewati Sungai Thames itu berjarak 45 menit perjalanan kereta dari ibu kota. Hujan lebat telah menyebabkan sungai Thames meluap hingga menyebabkan banjir ke kebun rumah Clooney.

Properti aktor 62 tahun itu bernama Aberdash House, terletak di pulau pribadi seluas 5,5 hektar di Sungai Thames. Lokasi yang dekat sungai membuatnya lebih rentan terhadap banjir saat cuaca buruk. 

George Clooney dan istrinya Amal Clooney membeli Aberdash House, sebuah rumah bangsawan abad ke-17 pada 2014.

Rumah bangsawan ini dilengkapi dengan gudang perahu pribadi, pusat kebugaran, spa, bioskop rumah 12 kursi, dan kolam renang.

Dilaporkan bahwa tempat tersebut mengalami renovasi selama 18 bulan sebelum aktor tersebut dan keluarganya pindah ke sana.

Desa Sonning sebagai lokasi huniannya, George tampaknya sangat menikmati desa kecil itu.

"Kami memiliki dunia kecil yang sangat menyenangkan di sana [di Sonning] yang sangat pribadi dan kuno serta orang-orangnya menyenangkan. Saya menyukainya", katanya seperti dirilis BBC.

George Clooney juga diketahui memiliki pub lokal yang dia kunjungi sesekali. Hal tersebut diungkapkannya saat hadir dalam acara bincang-bincang dengan Graham Norton.

Hujan lebat buat debit air sungai semakin membludak

Sungai-sungai besar di Inggris meluap setelah hujan lebat di hari Jumat, 5 Januari 2024, dengan diikuti 300 peringatan banjir dari pemerintah.

Serangkaian badai yang telah menerjang Inggris dalam beberapa pekan terakhir, menandakan bahwa curah hujan berkepanjangan telah dimulai, sehingga menyebabkan saluran air serta sungai di Inggris dan Wales semakin meluap.

Badai besar yang terjadi juga menyebabkan banjir di bagian lain Eropa.

Sungai Trent di Inggris yang sedang banjir menyebabkan pemerintah mendeklarasikan insiden besar, lebih dari 50 orang dikawal ke tempat yang aman setelah sebuah kanal di Timur ibukota meluap, kata dinas pemadam kebakaran setempat.

Douglass mengatakan sekira 1.000 rumah sejauh ini terendam banjir. Great Western Railways mengatakan jalurnya di tiga bagian selatan negara itu ditutup. Jalan-jalan di daerah yang terkena dampak terburuk juga ditutup. (*)

Tags : ​hujan, badai, inggris, hujan lebat jadi banjir, debit air sungai meluap, banjir menakutkan, banjir tenggelamkan rumah mewah dan melarat, internasional,