Riau   2021/11/07 19:26 WIB

Hujan Lebat Buat Tiga Daerah di Riau Jadi Banjir 

Hujan Lebat Buat Tiga Daerah di Riau Jadi Banjir 

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut sebagian besar wilayah Riau masih berpotensi hujan lebat membuat tiga daerah jadi banjir.

PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, hujan masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Riau hari ini, Minggu (7/11/2021).

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Anggun R mengatakan, pada pagi hari, hujan bersifat lokal dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan dan sebagian Indragiri Hilir

Sementara pada siang hari, BMKG memantau tidak ada potensi hujan di seluruh wilayah Riau. Cuaca diprediksi cerah berawan hingga berawan. "Sore hingga malam hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Kota Pekanbaru, Siak, Kota Dumai, Bengkalis, Indragiri Hilir dan sebagian Pelalawan," katanya. 

Kemudian pada Senin dini hari, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprediksi akan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Siak, Pelalawan, Indragiri Hilir dan sebgian Meranti

"Peringatan dini, waspada terhadap potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kuantan Singingi, Siak, Pelalawan, dan Indragiri Hilir pada sore dan malam atau dini hari," tambahnya. 

Suhu udara berkisar antara 23 hingga 33 derajat Celcius dengan kelembaban udara antara 55 sampai 98 persen. Angin bertiup di wilayah baratan dengan kecepatan 5 hingga 30 km/jam.  "Prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1,25 meter atau berada di level rendah," tutupnya.

Akibat hujan lebat sebagian daera di Riau pun mulai dilanda banjir. Ini dibenarkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal.

"Tiga daerah yang dilanda banjir, yakni Kabupaten Indragiri Hulu, Kota Pekanbaru, dan Dumai dilanda banjir akibat tingginya intensitas curah hujan beberapa hari ini," kata Edy Afrizal.. 

Edy menjelaskan, banjir yang melanda Inhu terjadi di Kecamatan Peranap dan Kelayang. "Banjir di Inhu baru naik, tadi pagi setinggi betis, karena air sungai Indragiri meluap akibat curah hujan tinggi," katanya kepada wartawan, Jumat (5/11). 

Sementara, banjir di Pekanbaru terjadi di sejumlah titik di sepanjang sungai Sail, Kecamatan Marpoyan Damai. Sedangkan di Dumai disebabkan banjir rob akibat air laut naik, yang melanda kawasan Kecamatan Dumai Kota dan Dumai Selatan. Banjir di Dumai juga sebelumnya disebabkan hujan lebat sepekan lalu.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya belum menerima permintaan bantuan peralatan dan logistik dari tiga daerah yang dilanda banjir. Namun, pihaknya sudah menyiapkan bantuan jika ada permintaan.

"Untuk peralatan dan personel kita standby. Tapi kemarin kita sudah ada kirim bantuan logistik ke Dumai," sebutnya. 

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan BPBD di tiga daerah itu agar siap siaga dengan menyiapkan seluruh peralatan dan personel," ujarnya.

Dia meminta BPBD tiga daerah itu meningkatkan patroli di wilayah rawan banjir untuk mengantisipasi korban jiwa. "Sebab saat ini hujan cukup lebat, sehingga potensi terjadi korban bisa saja terjadi," katanya. (*)

Tags : Hujan Lebat, Riau, Tiga Daerah di Riau Banjir ,