Internasional   2022/02/25 13:16 WIB

Invasi Rusia Buat Ukraina Berdarah-darah, Indonesia Sebut Bisa Mengancam 'Perdamaian Serta Stabilitas Dunia'

Invasi Rusia Buat Ukraina Berdarah-darah, Indonesia Sebut Bisa Mengancam 'Perdamaian Serta Stabilitas Dunia'
Russia telah melesatkan serangkaian serangan udara, termasuk di Kota Kharkiv di bagian timur Ukraina.

INTERNASIONAL - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan 137 orang - baik tentara maupun warga sipil - meninggal Kamis (24/02) pada hari pertama serangan besar Rusia.

Pasukan Rusia juga dilaporkan semakin mendekat ibu kota Kiev. PBB mengatakan warga di ibu kota Kiev dan dari kota-kota lain melarikan diri dan sekitar 100.000 sudah angkat kaki.

Rusia juga menguasai kompleks Chernobyl - tempat terjadinya bencana nuklir terparah dunia pada 1986. Kawasan ini masih bahaya radioaktif dan menimbulkan kekhawatiran dari pengawas nuklir internasional.

Pertempuran pecah di lokasi-lokasi kunci, termasuk di landasan udara di dekat ibu kota Kiev yang dikuasai pasukan Rusia dan pasukan diklaim Ukraina telah diambil alih kembali.

Inggris dan Amerika Serikat mengumumkan sanksi baru terhadap Rusia termasuk membekukan aset di bank-bank.

Sementara itu Presiden Vladimir Putin mempertahankan operasi militer itu dan mengatakan tak ada jalan lain untuk mempertahankan Rusia.

Tetapi Presiden AS, Joe Biden mengatakan Rusia akan menghadapi ganjaran berat karena agresi Putin ini.

Di Kiev, banyak warga yang tidur di stasiun kereta bawah tanah.

Banyak orang yang membawa binatang peliharaan mereka dan bahkan matras, menurut salah seorang yang ikut mengungsi.

Oksana Potapova menulis di Facebooknya keputusan untuk berlindung di stasiun adalah langkah tepat "mengingat terjadinya pertempuran sengit di dekat Kiev, Chernobyl dikuasai dan perkiraan serangan di Kiev."

Sementara itu, protes antiperang mendukung Ukraina terjadi di sejumlah kota di seluruh Eropa dan juga di Rusia, walaupun berujung lebih dari 700 orang ditahan.

Kementerian Luar Negeri Indonesia sebelumnya mengatakan telah menjalankan "rencana kontingensi" untuk melindungi warga negara Indonesia (WNI) di Ukraina.

Direktur Perlindungan WNI Kemenlu, Judha Nugraha, mengatakan pihaknya melalui KBRI Kiev telah menjalin kontak dengan 138 WNI di Ukraina.

"Dalam komunikasi melalui grup WhatsApp, kami mendapat info WNI di sana dalam kondisi aman. Mereka tetap tenang," kata Judha dalam konferensi pers virtual, seperti dirilis BBC, Kamis (24/02).

Ia menjelaskan bahwa, sesuai rencana kontingensi yang telah disiapkan sebelumnya, Kemenlu telah meminta para WNI untuk berkumpul di KBRI Kiev. Pihak KBRI juga menyediakan hotline bagi para WNI.

Kemenlu juga telah menyusun rencana kontingensi dengan KBRI di kota-kota lain seperti Warsawa, Bratislava, Bucharest, dan Moskow untuk memberikan perlindungan bagi WNI yang ada di sana, tambah Judha.

"Saat ini prioritas kami adalah keselamatan warga negara indonesia. Kita akan memastikan dahulu mereka ada di lokasi yang aman, tentunya dalam hal ini adalah KBRI kita yang ada di Kiev.

"Selanjutnya, mengikuti perkembangan terakhir yang kita lihat kita akan melakukan evaluasi dari menit ke menit mengenai situasi yang ada. Tentu, berdasarkan pola-pola sebelumnya, jika dipandang perlu untuk mengevakuasi ke Indonesia [kita akan lakukan]," ujarnya.

Terdapat 138 WNI di Ukraina, mayoritasnya tinggal di Kiev dan Odessa. Dari jumlah tersebut, 11 WNI ada di Ukraina Timur termasuk Luhansk dan Donetsk yang dikuasi kelompok pemberontak sokongan Rusia.

"Kita sudah mampu menjalin komunikasi dengan mereka. Kita minta mereka mendekat, berkumpul ke KBRI Kiev. Namun jika tidak memungkinkan, sesuai dengan rencana kontingensi, ada titik-titik yang sudah di-dedicated-kan sebagai titik kumpul para WNI kita di kota-kota tertentu," kata Judha.

Kamis (24/02) pukul lima pagi waktu setempat (10:00 WIB), Presiden Vladimir Putin meluncurkan operasi militer besar ke Ukraina. Ledakan terdengar di beberapa wilayah, mulai dari pinggiran Ibu Kota Kiev, hingga wilayah Donbas di timur yang dimasuki Rusia. 

Presiden Ukraina Zelensky telah mengumumkan darurat militer dan bersiap melawan invasi tersebut. Dia juga telah mengkonfirmasi laporan serangan rudal di negaranya, ungkap Reuters.

Rusia disebut telah melakukan serangan rudal terhadap infrastruktur Ukraina dan penjaga perbatasan

Sedangkan Rusia menyatakan mengincar fasilitas militer dan pertahanan udara dan angkata udara Ukraina dengan "senjata presisi tinggi."

Angkatan bersenjata Ukraina telah memposting pernyataan yang mengatakan bahwa militer Rusia memulai "penembakan intensif" terhadap unit-unitnya di timur negara itu.

Juga disebutkan angkatan udara Ukraina sedang melawan serangan udara oleh Rusia.

Invasi skala penuh

Para pejabat Ukraina mengatakan bahwa invasi Rusia dalam skala penuh atas negara mereka telah dimulai, setelah Moskow meluncurkan "operasi militer khusus" ke wilayah timur yang dikuasai pemberontak pro-Moskow.

Duta Besar Ukraina untuk PBB Sergiy Kyslytsya mengatakan utusan Rusia telah mengkonfirmasi bahwa presidennya menyatakan "perang terhadap negara saya", lapor kantor berita Reuters.

Kementerian dalam negeri Ukraina juga mengatakan kepada CNN: "Invasi telah dimulai".

"Putin telah meluncurkan invasi skala penuh atas Ukraina," cuit Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba.

Dia menegaskan bahwa Ukraina "akan mempertahankan diri" dan bahwa "dunia dapat dan harus menghentikan Putin".

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan peluncuran "operasi militer khusus" di wilayah Donbas, Ukraina bagian timur.

Dalam pidato yang disiarkan televisi, dia mendesak tentara Ukraina yang menghadapi pemberontak di wilayah timur yang didukung Rusia untuk meletakkan senjata dan kembali ke rumah mereka masing-masing.

Putin mengatakan Rusia tidak berencana untuk menduduki Ukraina, tetapi memperingatkan bahwa tanggapan Moskow akan berlangsung "sekejap" jika ada yang mencoba mengambil alih Rusia.

Ukraina dan sekutu Baratnya sebelumnya mengatakan Rusia siap untuk menyerang.

Ukraina perintahkan warganya 'Tinggalkan Rusia sekarang'

Pemerintah Ukraina sebelumnya memerintahkan semua warganya di Rusia untuk segera hengkang sekaligus memperingatkan seluruh warga Ukraina untuk tidak berkunjung ke negara tersebut. Peringatan itu dirilis di tengah peningkatan ketegangan di perbatasan Ukraina dan Rusia.

"Kementerian Luar Negeri merekomendasikan semua warga Ukraina menahan diri untuk melakukan kunjungan apapun ke Federasi Rusia, dan bagi mereka yang berada di negara itu agar segera meninggalkan wilayah tersebut," sebut pernyataan resmi Kemenlu Ukraina.

Kemenlu Ukraina menambahkan "peningkatan agresi Rusia terhadap Ukraina" membuat mereka tidak dapat memberikan bantuan konsuler kepada warga Ukraina di Rusia.

Diperkirakan ada beberapa juta warga Ukraina yang kini bermukim di Rusia.

Sementara itu, Ukraina mulai merekrut warganya dari usia 18-60 tahun sebagai anggota pasukan cadangan menyusul dekrit yang dikeluarkan Presiden Volodymyr Zelensky.

Militer Ukraina menyatakan periode dinas maksimum mencapai satu tahun dan orang-orang yang punya keahlian, seperti montir, akan ditempatkan ke unit-unit khusus.

Para pejabat Ukraina mengingatkan bahwa individu yang mengabaikan dekrit ini dapat menghadapi ancaman pidana.

Sejumlah pakar memperkirakan ada sekitar 900.000 orang yang kini menjadi anggota pasukan cadangan militer Ukraina.

Sebelumnya, AS telah menjatuhkan sanksi kepada Rusia atas apa yang disebut Presiden Joe Biden sebagai "dimulainya invasi Rusia terhadap Ukraina"

"Kami telah memutus pemerintah Rusia dari pembiayaan Barat," kata Biden.

Indonesia kecam aksi milier Rusia

Pemerintah Indonesia menyatakan bahwa serangan militer di Ukraina "tidak dapat diterima", juga "sangat membahayakan keselamatan rakyat" dan "mengancam perdamaian serta stabilitas kawasan dan dunia."

Pernyataan pemerintah Indonesia itu, yang disiarkan Kementrian Luar Negeri RI pada Jumat (25/2), juga meminta agar serangan itu dapat segera dihentikan dan meminta semua pihak agar menghentikan permusuhan serta mengutamakan penyelesaian secara damai melalui diplomasi.

Indonesia pun mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil langkah nyata guna mencegah memburuknya situasi.

Pemerintah, melalui Kementerian Luar Negeri, telah mempersiapkan rencana evakuasi WNI. Keselamatan WNI selalu menjadi prioritas pemerintah.

Pada Kamis (24/2) Presiden Joko Widodo merilis cuitan: "Setop perang. Perang itu menyengsarakan umat manusia, dan membahayakan dunia."

Sejauh ini, cuitan tersebut telah dicuitkan ulang sebanyak lebih dari 9.000 kali dan disukai lebih dari 48 ribu kali.

Selain Indonesia, rangkaian kecaman dari sejumlah pemimpin dunia terus mengemuka seiring dengan keputusan Rusia menginvasi Ukraina.

Di Eropa, Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell, mengecam keputusan Presiden Vladimir Putin.

"ini adalah salah satu masa terkelam di Eropa sejak Perang Dunia Dua," kata Borrell.

Menurutnya, kenyataan bahwa sebuah negara besar dan bersenjata nuklir menyerang negara tetangga lalu mengancam negara lain yang mencoba menyelamatkan adalah "pelanggaran terbesar hukum internasional" dan "pelanggaran prinsip-prinsip dasar koeksistensi manusia."

Uni Eropa, lanjutnya, akan menerapkan sanksi-sanksi terberat yang pernah diterapkan.

Di Inggris, Perdana Menteri Boris Johnson menyatakan bahwa dirinya "terkejut oleh kejadian-kejadian mengerikan di Ukraina".

Dia menilai Presiden Vladimir Putin "telah memilih jalan pertumpahan darah dan kehancuran dengan melancarkan serangan tanpa provokasi ini".

Inggris, tegas Boris Johnson, akan merespons dengan tegas.

Sementara itu, Presiden Prancis, Emmanuel Macron—yang menghabiskan berjam-jam dalam pertemuan dengan Putin dan juga berbincang dengannya beberapa kali melalui sambungan telepon, mengatakan Rusia harus menghentikan aksi militernya.

Adapun Menteri Ekonomi Jerman, Robert Habeck, menilai Eropa sedang menyaksikan perang darat "yang kami sangka hanya bisa ditemukan di buku-buku sejarah".

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, menyatakan Putin "telah memilih perang yang direncanakan sebelumnya, yang akan membawa kehilangan nyawa dan penderitaan manusia dalam skala bencana."

Dunia, kata Biden, akan menganggap Rusia bertanggung jawab.

Biden menambahkan, dirinya akan menyampaikan pidato kepada rakyat Amerika mengenai beragam konsekuensi yang akan dihadapi Rusia.

China tidak terburu-buru menyimpulkan 'invasi'

Respons awal China soal pengerahan militer Rusia ke Ukraina adalah mengkritik media Barat.

Ketika ditanya apakah yang terjadi di Ukraina saat ini adalah invasi, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, berkata "konteks sejarah rumit" dan situasi saat ini "disebabkan beragam faktor".

Pertanyaan apakah kondisi di Ukraina adalah 'invasi' disebut sebagai "tipikal metode bertanya media Barat". Kementerian Luar Negeri berkata "kami tidak akan terburu-buru pada sebuah kesimpulan".

Diplomat senior China, Wang Yi, mengatakan China memahami kekhawatiran keamanan Rusia.

China dan Rusia kini punya kemitraan strateigis yang bertujuan melawan pengaruh AS. Kemitraan ini dibuat dalam pertemuan Putin dan Presiden Xi Jinping sebelum Olimpiade Musim Dingin di Beijing.

Di Ukraina, Kedutaan Besar China mengirim pesan kepada semua warga China yang bermukim di negara tersebut.

Kedutaan China menganjurkan warganya untuk mengibarkan bendera China pada mobil dan "saling membantu" serta menunjukkan "kekuatan China".
Respons Iran dan Turki

Iran menyeru agar ada solusi politik. Namun, menteri luar negeri Iran menyalahkan NATO yang membuat provokasi sehingga terjadi krisis di Ukraina.

Secara terpisah, Ukraina meminta Turki sebagai anggota NATO untuk menutup akses bagi kapal-kapal Rusia di Selat Bosphorus dan Dardanelles.

Turki mengatakan bakal mempertimbangkan permintaan tersebut seraya mendukung integritas teritorium Ukraina. (*)

Tags : Rusia, Militer, Ukraina, Indonesia, Konflik Rusia-Ukraina, NATO, Rusia, Amerika Serikat, Eropa Timur, Militer, Ukraina,