News   2024/04/09 21:47 WIB

Jelang Perayaan Idulfitri, Pj Gubri Cek Pasar untuk Pastikan Stok Bahan Pokok Aman

Jelang Perayaan Idulfitri, Pj Gubri Cek Pasar untuk Pastikan Stok Bahan Pokok Aman
Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto mendatangi pasar di Pekanbaru cek ketersediaan bahan pokok 

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Jelang perayaan Idulfitri, Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto beserta tim melakukan peninjauan pasar di Pekanbaru untuk memastikan ketersediaan bahan pokok menjelang perayaan penting bagi umat Islam tersebut.

Pada Selasa (9/4/2024) pagi, SF Hariyanto didampingi Pj Sekdaprov Riau, Indra, serta pemangku kepentingan terkait, turut serta dalam peninjauan di Pasar Cik Puan dan Pasar Pagi Arengka.

Peninjauan tersebut bertujuan untuk memastikan pasokan bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, daging, dan telur.

SF Hariyanto menjelaskan bahwa dari peninjauan tersebut, ketersediaan bahan pokok di dua pasar tersebut masih tercukupi dan harga masih stabil. Hal ini menjadi kabar baik bagi masyarakat, terutama dalam menghadapi bulan suci Ramadan dan perayaan Idulfitri.

"Masih stabil, cabai dari medan Rp50 ribu per kilogram dan daging Rp140 ribu per kilogram. Kita harapkan nanti setelah lebaran harga bisa turun. Alhamdulillah, Barang cukup semuanya, Alhamdulillah," jelasnya.

Selain itu, SF Hariyanto juga telah mengarahkan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) Riau, M Taufiq OH, untuk melakukan sidak ke beberapa pasar lainnya, seperti Pasar Limapuluh, Pasar Pusat, Pasar Cik Puan, dan Pasar Pagi Arengka.

Langkah ini diambil untuk memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok di pasar-pasar tersebut.

Taufiq OH menyatakan bahwa hasil sidak menunjukkan stok bahan pokok masih mencukupi hingga menjelang Idulfitri, dengan pasokan yang lancar dan masuk terus-menerus.

Dia juga menekankan bahwa pemerintah selalu memperhatikan stabilitas harga serta ketersediaan bahan pokok di pasaran, dan menghimbau masyarakat untuk tidak menimbun barang dan membeli dengan bijak.

Lebih lanjut, Taufiq mengungkapkan bahwa stok beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) tergolong banyak dengan harga yang terjangkau, serta ketersediaan cabai yang aman dan harga yang telah merosot, terutama dengan masuknya pasokan dari Medan seperti dikutip dari MC.riau.go.id.

Dengan demikian, peninjauan pasar yang dilakukan oleh Pj Gubernur Riau dan tim menjadi langkah yang efektif dalam memastikan ketersediaan dan stabilitas harga bahan pokok. Serta memberikan keyakinan bagi masyarakat Pekanbaru menjelang perayaan Idulfitri. (*)

Tags : Idulfitri 1445 HIJRIYAH, Jelang lebaran, pj gubri cek pasar, stok bahan pokok aman, News,