Bisnis   2024/03/15 14:43 WIB

Kantin Ramadhan 1445 Hijriyah Tumbuh Pesat di Pekanbaru, 'yang Diminati Bisnis Pelaku UMKM'

Kantin Ramadhan 1445 Hijriyah Tumbuh Pesat di Pekanbaru, 'yang Diminati Bisnis Pelaku UMKM'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pekanbaru, meluncurkan Kantin Ramadhan 1445 Hijriah melalui program kredit mikro (microfinance) untuk membantu para pelaku usaha mikro dalam mengembangkan usaha.

Ketua BAZNAS Kota Pekanbaru H. Endar Muda, SH., MH mengatakan program kredit mikro merupakan pembiayaan produktif ke para mustahik dengan prinsip non profit. Tujuannya untuk pengembangan usaha.

"Untuk perdana kami coba luncurkan program ini di Kota ini di Masjid Raya Pekanbaru," ucap dia.

Endar Muda menjelaskan, para mustahik yang ingin meminjam melalui program tersebut, telah diserahkan ke badan takmirul masjid.

"Pastinya program kredit mikro ini dipinjamkan tanpa bunga," kata Endar Muda.

Endar Muda mengungkapkan nantinya mereka para mustahik yang akan meminjam di kredit mikro ini hanya mengembalikan modal dan dikembalikan ke badan takmirul masjid sebagai pengelolanya.

"Kredit mikro ini nantinya akan menjadi dana perkumpulan dan itu bisa digulirkan ke tempat lain. Adapun komitmennya tergantung badan takmirul masjid maupun pengelola," ujar dia.

Para pelaku UMKM di Pekanbaru mengaku bersyukur Baznas telah banyak membantu masyarakat melalui berbagai program bantuan.

Salah satunya melalui program kredit mikro yang ditandai dengan peluncuran Kantin Ramadhan.

Pelaku UMKM berharap kantin Ramadhan jangan sampai pada bulan Ramadhan saja, tetapi kantin akan berjalan terus dengan harapan ini bisa meningkatkan ekonomi keluarga, khususnya masyarakat. (rp.elf/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : kantin ramadhan, baznas pekanbaru, Ramadhan 1445 hijriyah, puasa, bulan suci, ibadah ramadhan, tradisi pada bulan ramadhan, puasa wajib,