Riau   2021/10/17 13:26 WIB

Kasus Covid-19 Menurun, Diskes: Empat Daerah di Riau Nihil Kasus Covid-19

Kasus Covid-19 Menurun, Diskes: Empat Daerah di Riau Nihil Kasus Covid-19
Diskes Riau, Mimi Yuliani Nazir

Banyak masyarakat sudah punya kekebalan antibodi, ini terlihat Kasus Covid-19 di Riau terus menurun.

PEKANBARU - Kasus Covid-19 di Riau tercatat terus mengalami penurunan. Menurut Dinas Kesehatan [Diskes] Riau menyebutkan empat kabupaten di wilayahnya pada Sabtu 16 Oktober 2021 tidak terdapat penambahan pasien positif COVID-19 harian.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir menyebutkan penurunan kasus corona terjadi seperti di Kabupaten Pelalawan, Siak, Rokan Hilir dan Rokan Hulu. Penularan varian dari virus Corona berkurang karena semakin banyak masyarakat yang sudah memiliki kekebalan antibodi.

"Melihat bahwa kasus di Riau turun dengan drastis, salah satu penjelasan ilmiahnya adalah karena banyak masyarakat yang sudah memiliki kekebalan, baik itu dari vaksin ataupun alamiah karena sembuh dari sakit," kata Mimi Yuliani Nazir dalam pernyataan persnya, Sabtu (16/10) tadi ini.

Menurutnya, Pemerintah saat ini sedang menyiapkan survei untuk mengetahui kondisi kekebalan antibodi masyarakat terhadap Covid-19. "Nanti hasil survei ini yang diharapkan selesai di pertengahan Desember bisa memberikan gambaran yang lengkap mengenai kekebalan atau kondisi antibodi masyarakat kita di 12 kabupaten/kota dan menjadi basis bagi penyusunan kebijakan kita ke depannya," ujar Mimi sembari menyebutkan survei antibodi masyarakat tetap dilakukan setiap enam bulan. 

Mimi Yuliani Nazir juga menerangkan tentang kasus Covid-19 yang menurun di empat kabupaten di wilayahnya yang tidak terdapat penambahan pasien positif COVID-19 harian ini. "Seperti Per Sabtu pasien positif COVID-19 di Riau bertambah 23 orang sehingga total penderita COVID-19 di Riau ada 127.868. Sementara itu, untuk pasien yang sembuh bertambah 52 pasien, sehingga total 123.498 orang yang sudah sembuh," katanya.

Untuk kabar dukanya, sebut dia, terdapat tiga pasien positif COVID-19 yang meninggal dunia pada Sabtu ini, sehingga total pasien yang meninggal akibat COVID-19 di Provinsi Riau masih sebanyak 4.095 orang sejak wabah itu menyerang pada Maret 2020.

Dari total pasien positif COVID-19 Riau, yang masih menjalani perawatan di rumah sakit sebanyak 47 orang, sementara yang menjalani isolasi mandiri sebanyak 228 orang. Sementara itu, lanjutnya, untuk suspek yang menjalani isolasi mandiri 3.316 orang dan yang isolasi di rumah sakit ada 44 orang, sehingga total suspek yang selesai menjalani isolasi tercatat 114.724 orang, sementara total meninggal dunia 480 orang.

Saat ini hampir di seluruh wilayah di Provinsi Riau masih menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2. Meski ada kelonggaran, Satgas Penanggulangan COVID-19 di daerah tetap menggelar razia di sejumlah tempat yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Mimi berharap semua masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari COVID-19 meski jumlah kasusnya cenderung menurun. "Tetap terapkan prokes setiap hari saat berkegiatan di luar," kata Mimi. (*)

Tags : Kekebalan, Antibodi, Diskes Riau, Pandemi Covid-19,