Headline Kesehatan   2021/10/17 17:42 WIB

Pengobatan Tradisional Shinse di Pekanbaru, Punya 'Reputasi tak Diragukan Lagi'

Pengobatan Tradisional Shinse di Pekanbaru, Punya 'Reputasi tak Diragukan Lagi'
ilustrasi pengobatan sinshe

KESEHATAN - Pengobatan Tradisional 'Shinse Aseng' memang sampai kini reputasinya tak diragukan lagi.

Sinshe Ahong [anak dari Almarhum Aseng] yang membuka praktik pengobatan di komplek Perumahan 'Pondok Mutiara' Pekanbaru ini juga menyediakan berbagai herbal asli 'sin she' yang mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti gejala stroke, stroke ringan, stroke berat, pengkroposan tulang, sakit persendian, tulang geser dan lain lain. 

Salah satu teman Gito misalnya, mengeluhkan pergelangan kaki sebelah kanannya masih terasa ngilu dan terlihat membengkak.

Ia menceritakan dalam mengikuti latihan olahraga [bulutangkis] yang dilakukannya berujung tak sedap.

"Terpelest ada tumpahan air saat latihan olahraga, ya hasilnya kaki sebelah kanan terkeseleo [terkilir]," dalam anggapannya menceritakan tadi, Sabtu (16/10) saat duduk ngopi bersama di bilangan jalan Paus Pekanbaru.

Gito pun membawa sakit yang dideritanya ke salah satu tukang urut. Disana Ia mendapatkan pengobatan diurut.

"Tapi setelah pengobatan [diurut], dua minggu rasa nyerinya gak mau hilang," katanya yang juga membaringi pengobatan dengan mengkonsumsi pil untuk penghilang rasa ngilu pada sendi tulang kakinya.

Melihat peristiwa yang dialaminya, lantas riaupagi.com langsung mengajaknya ke salah satu tempat pengobatan tradisional Shinse Ahong di Jalan HR Subrantas komplek perumahan 'Pondok Mutiara', Pekanbaru.

Sesampainya dan bertemu Sinshe Ahong, Gito ini pun menceritakan perihal yang dialami. Setelah dilakukan pemeriksaan sejenak Aseng lantas menyebutkan, kaki pergelangan sebelah kananya mengalami keretakan pada tulang.

"Pergilah ke Rumah Sakit dulu untuk dilakukan Rontgen, usai dari sana nanti bisa kemari lagi agar kita berikan obat untuk mengatasinya," kata Sinshe Ahong usai melihat sekaligus memeriksa pergelangan kaki Gito.

Sinshe Ahong menganjurkan, sebaiknya dari awal ketika mengalami cedera olahraga jangan langsung diurut.

"Jika diurut yang dikhawatirkan justru malah bertambah makin parah," ungkapnya menyarankan.

Gito yang merasa khawatir melihat konidisi kaki pergelangannya yang terus terasa ngilu dan pengobatan pada urut tradisional yang juga belum sembuh lantas bertanya; apakah sakit pada pergelengan kaki ini bisa sembuh?

Sinshe Ahong mendengar keluhan ini tetap menganjurkan agar di Rontgen dulu. Untuk menjadi sehat dan sembuh dari penyakit, terkadang masyarakat memilih pengobatan alternatif.

"Namun persoalannya kalau bisa jangan langsung diurut dulu, sebaiknya memang dilakukan konsultasi," saran Sinshe Ahong salah satu tabib tradisional Cina atau sinshe yang dirinya sudah mendapatkan ilmu pengobatan yang diturunkan bakat dari Ayahnya. 

Menurutnya, minimnya pemahaman membuat masyarakat kerap mengambil keputusan yang keliru dalam mengatasi gangguan kesehatan yang diderita, seperti ketika mengalami saraf terjepit dan patah tulang.

Faktanya, tidak sedikit orang memilih dukun patah tulang atau tukang urut untuk mengatasi gangguan yang dideritanya dibanding ke dokter.

"Ada anggapan bahwa patah tulang atau saraf kejepit selalu harus dioperasi. Padahal, 90% kasus-kasus ini tidak selalu berakhir di meja operasi, bisa juga kok melakukan pengobatan Shinse," kata Sinshe Ahong meyakinkan sore tadi.

Tetapi Ahong pada sebelum-sebelumnya juga sudah mejelaskan kasus patah tulang paha, misalnya, "bisa saja sembuh dengan hanya pengobatan tradisional Shinse."

Persoalannya, seringkali ditemukan pasien datang ke dokter dengan posisi tulang paha yang tidak dibenarkan posisinya. Pasien kemudian sembuh dengan posisi tulang menjadi melengkung.

Ketika tulang melengkung, salah satu bagian kaki akan jadi lebih pendek dan menyebabkan pasien berjalan pincang.

"Masyarakat tidak perlu takut ke Shinshe ketika mengalami gangguan tulang atau saraf kejepit karena tidak semua kasus harus dioperasi. Paling sering pasien ditangani dengan tindakan minimal invasif, misalnya hanya dengan fisioterapi, obat-obatan, suntikan, dan laser," terangnya.

Jika melihat praktik Sinshe Ahong ini memang sekarang sudah menyediakan herbal asli "sin she" yang mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti gejala stroke, stroke ringan, stroke berat, infeksi tulang belakang, pengkroposan tulang, sakit persendian, tulang geser dan lain lain.

Pengobatan Tanpa Operasi

Shinshe kini mampu memberikan pengobatan tanpa operasi dengan menggunakan ramuan herbal asli Tiongkok yang sudah terbukti sejak puluhan tahun untuk menyembukan segala penyakit tanpa operasi. 

Shinshe Ahong melakukan pengobatan sudah mempunyai pengalaman untuk menyembuhkan banyak pasien di Kota Pekanbaru terbilang sudah puluhan tahun.

Shinshe ini pun lantas bilang; Metode pengobatan tradisional Cina tak bisa dibilang sederhana. Pengobatan dengan cara ini membutuhkan ketelitian dan sensitivitas yang tinggi dalam menangkap rona wajah sampai bahasa tubuh pasien.

Shinshe Ahong boleh dibilang ahli pengobatan tradisional Tionghoa ini sudah 32 tahun membuka praktek yang berkecimpung di Kota Pekanbaru mengatakan ada empat cara yang dipakai seorang sinse untuk mendiagnosis pasien. 

Pertama adalah wang atau memandang. Salah satu yang diperhatikan adalah warna kulit wajah. Ada lima warna wajah yang dapat langsung menggambarkan penyakit.

Agak kemerahan dapat didiagnosis memiliki tekanan darah tinggi, putih pucat penyakit paru, kuning bisa berarti masalah pada kantong empedu dan pencernaan, kehitaman mungkin bermasalah di ginjal, dan hijau bisa jadi terkena penyakit liver.

Kedua adalah wen atau mendengar. Mendeteksi penyakit melalui suara pasien. "Akan ketahuan dia terkena penyakit apa dengan hanya mendengar power suaranya tiba-tiba kencang atau melemah," ujar Sinshe Ahong.

Ketiga, lanjutnya adalah wèn atau bertanya. Prosedur keempat disebut cyie, yang artinya memegang nadi.

Menurut Sinshe Ahong, ada 15 titik nadi pada umumnya yang diraba untuk menentukan penyakit yang diderita seseorang. Variasinya bisa sampai 35 titik. 

Setelah keempat prosedur diagnosis dilalui, barulah sinse menentukan pengobatannya.

Dalam memberikan obat, sinse harus menerapkan prinsip delapan keseimbangan: yin-yang (negatif-positif), si-se (ringan-berat), han-re (dingin-panas), dan pyao-li (luar-dalam). 

Intinya Sinshe Ahong ini tetap memiliki falosofi, melakukan pengobatan dapat dilakukan untuk membantu sesama yang tujuannya agar hidup bermanfaat bagi siapapun tanpa melihat perbedaan yang juga dikenal berjiwa sosial ini sambil mempersilahkan untuk menghubunginya dapat dilakukan ke nomor 081371033720. (rp.sdp/*)

Tags : pengobatan tradisional, shinse aseng/ahong, pengobatan shinshe, pekanbaru, kesehatan, reputasi shinshe tidak diragukan,