News   2021/07/30 11:8 WIB

Kasus Positif Covid-19 Riau Meningkat Setelah Adanya PPKM Level 4

 Kasus Positif Covid-19 Riau Meningkat Setelah Adanya PPKM Level 4

PEKANBARU - Kasus Covid-19 harian Provinsi Riau meningkat setelah sejak diterapkannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Pekanbaru.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Riau, Mimi Yuliani Nazir mengakui terjadi bertambahnya 2.096 kasus baru dalam satu hari sejak Kamis 29 Juli /2021. "Ini juga dipengaruhi sejak diterapkannya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Pekanbaru," kata Kamis (29/7)..

Sesuai Surat Edaran Kemenkes RI nomor: H.K.02.02/II/1918/2021, semua wilayah yang masuk ke dalam penerapan PPKM Level 3 dan 4 agar meningkatkan pemeriksaan menggunakan metode rapid antigen.

Menurut MImi meningkatnya jumlah tes rapid antigen yang dilakukan, ditambah dengan tes swab PCR, maka gabungan dari hasil keduanya akan menambah jumlah kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau. "Sekarang kan penerapan PPKM Level 4 di Pekanbaru. Jadi ada surat percepatan pemeriksaan, dan pemeriksaan sekarang dengan antigen. Dengan rapid antigen itu, kalau dia reaktif sudah dikategorikan positif, sudah termasuk yang terkonfirmasi Covid-19," katanya.

Penyebab kasus Covid-19 di Provinsi Riau melonjak naik. Terlebih lagi dengan berlakunya PPKM Level 4 dan adanya penyekatan jalan serta razia di beberapa tempat yang kemudian dilakukan pemeriksaan Antigen, sehingga semakin banyak orang yang diperiksa.

Dengan adanya PPKM Level 3 dan 4, setiap orang yang masuk ke Provinsi Riau wajib dilakukan pemeriksaan rapid antigen di setiap perbatasan termasuk perjalanan yang menggunakan moda transportasi udara, laut dan darat. Oleh sebab itu banyak orang yang masuk kemudian terkonfirmasi positif, baik swab PCR maupun rapid antigen. “Sepanjang daerah tersebut masuk dalam PPKM Level 4 dan 3, Pekanbaru kan masuk, tetap dilakukan rapid antigen. Memang banyak juga dari luar Riau yang terkonfirmasi positif, ini ada sebanyak 111 orang. Belum lagi nanti hasil tracing dan trackingnya, sebagai pelacakan kontak erat dan suspek terhadap yang positif Covid-19," jelas Mimi. (*)

Tags : Kasus Positif Covid-19, Riau, PPKM Level 4,