Daik Lingga   2021/09/24 12:15 WIB

Kades Kualaraya Misran Lihat Lingkungan dan Kesehatan Penting Dibenahi, Walaupun 'Situasi Medan yang Berat'

Kades Kualaraya Misran Lihat Lingkungan dan Kesehatan Penting Dibenahi, Walaupun 'Situasi Medan yang Berat'
Kepala Desa Kualaraya, Misran perhatikan wilayah kerja yang masih banyak harus dibenahi.

DAIK LINGGA - Kegiatan pada di pagi hari ini kerja sama antara pihak medis dan Pemerintah Desa Kualaraya maupun masyarakat terus berlanjut. Salah satunya adalah kegiatan kerja bakti yang dilaksanakan oleh warga Desa Kualaraya, Kecamatan Singkep, Kabupaten Daik Lingga, Provinsi Kepulauan Riau [Kepri].

Kepala Desa Kualaraya, Misran terus koordinir warganya dan terlihat semangat bergotong royong membersihkan lingkungan memotong rumput dan membersihkan sampah. Ditengah masa pandemi ini, katanya Desa Kualaraya yang sudah memasuki zona hijau, namun protokol kesehatan warga tetap di jalankan.

“Upaya menjaga lingkungan dengan cara kerja bakti terus di galakkan pagi ini. Hal ini termasuk program 100 hari kerja kita dan langkah strategis menjadi ajang silaturahmi sesama warga untuk terus menjaga lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman. Namun upaya sosialisasi agar warga tetap waspada terhadap wabah virus corona dan tetap memakai masker terus kita himbau guna untuk menjaga kesehatan hingga terhidar dari wabah penyakit ini,” katanya dikontak ponselnya, Jumat (24/9).

Kepala Desa Kualaraya, Misran melakukan sosialisasi untuk menjaga lingkungan ditengah warga

Kades Misran mengatakan dirinya selaku pimpinan wilayah desa sangat mendukung program yang berkaitan dengan kebersihan, kesehatan serta berkomitmen mengedukasi serta terus mengajak warganya agar peduli lingkungan. Melalui kegiatan rutin ini Kades Kualaraya ini berpesan kepada seluruh Perangkat Desa agar selalu menjadi pelopor dan menjadi agen perubahan untuk memajukan masyarakat desa.

Jumat bersih 

Upaya Pemerintah Desa Kualaraya meningkatkan kesadaran masyarakat demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat terus di galakkan. Hal itu di tunjukkan dengan berhasilnya Desa Kualaraya menyabet penghargaan lingkugan pada tahun 2019 lalu, Kades Misran terus melakukan Jumat bersih (JUMSIH) oleh Pemerintah Desa Kualaraya bersama Aparatur pemerintahan desa, serta masyarakat yang turut serta ikut pada kegiatan jumsih.

Kepala Desa Kualaraya, Misran mengaku terus mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya gotong royong  yang sejak dulu menjadi tradisi yang di wariskan nenek moyang. “Saya mengajak smua lembaga PEMDES Kualaraya dan kepada masyarakat desa, mari kita bersama-sama bahu membahu, kita bergotong royong bersama demi terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat di desa kita," ajakanya.

Kantor Desa Kualaraya yang terus berbenah bersih-bersih yang kelihatan lebih asri.

Misran menambahkan, dengan terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat merupakan salah satu bentuk pengamalan melaksanakan sunah Rasulullah SAW yang cinta akan kebersihan. “Apalagi ini menyangkut soal kebersihan karena kebersihan itu adalah sebagian dari iman, dan juga berharap agar kegiatan Jumat bersih ini dapat terus menerus dilakukan. Semoga kegiatan ini bisa dilakukan terus secara rutin,” harapnya.

Menurutnya, di Desa Kualaraya ada 11 Rukun Tetangga [RT], 4 Rukun Warga [RW] dan 2 Dusun, Ia sampaikan pentingnya kebersihan lingkungan, "apalagi di Desa Kualaraya ini adalah salah satu desa di Kabupaten Daik Lingga yang juga rawan terdampak bencana banjir setiap kali musim hujan tiba," sebutnya.

“Terutama yang kita bersihkan adalah saluran air, penempatan sampah di tempat pembuangan akhir [TPA] ini sangat penting sekali disaat musim penghujan datang air lancar mengalirnya," ungkap Misran yang mengaku sedang melakukan di sela-sela giat jumsih.

Bersih-bersih di lingkungan kantor pemerintahan desa

Misran juga menyebutkan pada Jumat 24 September 2021 ini pihaknya sedang melakukan kerja bakti di lingkungan Kantor Pemerintahan Desa Kualaraya oleh aparatur pemerintah desa. Kerja bakti dimulai sekitar pukul 08.00 WIB tadi dengan kegiatan membersihkan rumput-rumput liar yang mulai tumbuh dihalaman kantor desa dan sebagain cet pagar maupun dinding bangunan yang sudah pudar. "Dengan diadakan kegiatan kerja bakti ini diharapkan akan terjaganya kebersihan lingkungan serta kekompakkan dan kesolidan aparatur pemerintah tetap terjaga," ungkapnya.

Seluruh perangkat desa dan warga ikut melakukan bersih-bersih di kantor Desa Kualaraya.

Menurutnya, dengan diadakannya kegiatan kerja bakti ini diharapkan budaya gotong-royong yang ada di desa bisa terjaga kelestariannya. Semakin maju dan berkembangnya zaman akan mengikis budaya-budaya yang ada di desa, maka perlu adanya tindakan dan upaya untuk menjaga budaya-budaya tersebut salah satunya gotong royong agar tetap terjaga keberadaannya. Karena budaya gotong-royong memberikan dampak positif bagi masyarakat salah satunya akan kepedulian terhadap lingkungan sekitar.

Paska memasuki musim penghujan Kepala Desa Kualaraya ini di dampingi Babinsa juga melakukan penyisiran ditempat -tempat yang terkena luapan banjir. Pasca hujan deras dengan durasi waktu yang cukup panjang dan guna mengatisipasi terjadinya hal-hal tidak diinginkan akibat meluapnya air perlu dilakukan pemantauan. Kepala Desa Kualaraya didampingi Babinsa terjun langsung dan standbay di lokasi rawan banjir dan longsor.

Menurutnya, hujan deras bisa mengakibatkan air mulai menggenangi lahan penduduk, merusak beberapa pasilitas warga seperti jembatan dan jalan. Kades Kualaraya Misran mengatakan bahwa terjadinya banjir tersebut berawal dari Intensitas hujan yang sangat tinggi mengakibatkan luapan hingga menggenangi lahan serta merusak pasilitas yang ada. “Alhamdulillah,  air tidak sampai menggenangi rumah warga dan tidak ada korban jiwa, namun kerugian tetap saja terjadi," ucapnya.

Jalan desa perlu perbaikan

Pemerintah Desa Kualaraya juga merealisasikan pembangunan infrastruktur dalam tahun anggaran 2021. Pembangunan jalan sendiri dilakukan dibeberapa titik yang dananya diminta bantuan dari Kabupaten dan provinsi. "Alhamdullillah, dalam waktu dekat beberapa titik jalan desa akan dilakukan perbaikan," ungkapnya.

Kades Kualaraya Misran ikut melakukan bersih-bersih kantor desa.

Misran mengakui dana desa yang saat ini masih kecil tidak cukup untuk melakukan pembenahan baik untuk jalan lingkungan desa. Kades Misran berharap pembangunan yang dilakukan pemerintah desa Kualraya selama ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Pembangunan yang telah dilaksanakannya merupakan sebagai fasilitas buat warga. “Memberikan yang terbaik bagi warga adalah sebuah keharusan,” ujarnya. (rp.sdp/*)

Tags : Desa Kualaraya, Kejar Program 100 Hari Kerja, Kades Kualaraya Misran, Kades Tanggap dan Peduli Lingkungan,