Artikel   2023/02/24 12:59 WIB

Kekacauan Isi Rumah Bisa Juga jadi Keajaiban yang Mengubah Hidup

Kekacauan Isi Rumah Bisa Juga jadi Keajaiban yang Mengubah Hidup
Marie Kondo dikenal sebagai suhu dalam seni merapikan rumah.

HOLLY WILLIAMS mengeksplorasi kekacauan isi rumah bisa juga jadi keajaiban yang mengubah hidup lebih baik.

Dari rumah "non-estetika” hingga Marie Kondo, ada gelombang baru realisme tentang seperti apa realitas hidup kita. Holly Williams mengeksplorasi bagaimana kekacauan bisa menjadi keajaiban yang mengubah hidup.

"Rumah saya berantakan": tiga kata sederhana yang tidak berbahaya, tetapi ketika diucapkan oleh suhu bersih-bersih, Marie Kondo, cukup untuk menggemparkan internet. 

Setelah hampir satu dekade sejak Kondo pertama kali memperkenalkan dunia pada konsep “mencipratkan kebahagiaan” dan melipat celana Anda menjadi amplop kecil - dan membuat acara Netflix-nya sendiri - tampaknya memiliki tiga anak telah mengubah gaya hidupnya secara radikal. 

Seperti yang dilaporkan oleh Washington Post, rumah yang sangat rapi tidak lagi menjadi prioritas utamanya: "Saya telah menyerah untuk [merapikan rumah], dan ini baik untuk saya. Sekarang saya menyadari bahwa yang terpenting adalah menikmati menghabiskan waktu bersama anak-anak saya di rumah."

Bagian komentar di bawah artikel itu meledak dengan unggahan pembaca, beberapa komentar marah datang dari penggemar Kondo yang menganggapnya munafik karena berubah pikiran dari standar rapinya yang sangat tinggi.

Namun, sebagian besar tanggapan sebenarnya cukup positif. Bahkan, beberapa mungkin menyiratkan reaksi lain: Lega. 

Lega bahwa bahkan seseorang yang membangun karier dari berbenah mengakui bahwa prioritas dapat berubah ketika hidup berubah.

Berubah pikirannya Kondo soal kerapian tak perlu diragukan lagi ketulusannya - punya anak kecil kerap berarti tugas rapi-rapi jadi sangat menantang, dan jujur saja, tidak akan memercikkan kebahagiaan yang lebih besar ketimbang bermain dengan anak tadi.

Tapi Kondo mungkin juga mungkin sedang mengikuti tren tertentu, yang sepertinya mulai terbuka akan realisme kehidupan kebanyakan orang.

Menyebutnya sebuah ‘tren’ sepertinya kurang tepat, karena bagi kebanyakan orang seperti kita, berantakan adalah sebuah cara hidup sejak lama - namun sekali ini, berantakan seakan-akan sedang trendi.

Kamus Oxford menetapkan ‘mode goblin' sebagai Frasa Tahun Ini untuk 2022 – sebagai frasa yang paling banyak dipilih oleh publik.

Mode goblin sendiri dapat diartikan sebagai “perilaku yang memanjakan diri sendiri, malas, jorok, atau serakah, biasanya dengan tak sesuai dengan norma atau harapan sosial." 

Jika kita semua terobsesi untuk membuat rumah kita nyaman dan indah selama pandemi, rasanya tahun lalu adalah tahun di mana kita menyerah: kebanyakan orang memilih untuk merangkul kekacauan dan keberantakan yang datang dari kehidupan normal. 

Untuk memahami mengapa kita baru sekarang menyambut gembira kekacauan, penting untuk mengingat seberapa kuat cengkeraman gerakan anti-berantakan dalam beberapa tahun terakhir. 

Ada sejumlah acara TV selain milik Kondo yang bisa membuktikannya, mulai dari serial Sort Your Life Out yang dibawakan oleh Stacey Solomon di kanal BBC, hingga Get Organized with The Home Edit yang tayang di Netflix. 

Fakta bahwa obsesi akan kerapian, ketertiban, ketenangan dan kebersihan terjadi bersamaan dengan dominasi aplikasi media sosial visual tentunya bukan suatu kebetulan. 

Instagram, YouTube, dan baru-baru ini TikTok – aplikasi berbagi video yang telah melahirkan ribuan tren – turut berperan besar untuk tren ini.

TikTok telah menjadi sarana yang sempurna untuk berbagi rumah yang rapi, bergaya nyeni, dan sangat minimalis – dan ya, tentu saja, ada tagar untuk itu. 

Unggahan yang diberi tagar #aesthetic telah dilihat lebih dari 202 miliar kali, dan bahkan jika Anda tidak menggunakan aplikasi itu, Anda mungkin akan mengenali tampilannya: bidikan gaya hidup yang diatur dengan indah dari rumah yang tenang, menenangkan, warna putih-krem yang penuh dengan solusi penyimpanan cerdas dan laci yang sangat rapi, dengan hanya beberapa lilin beraroma, meja kopi yang apik, dan tanaman pot selalu terlihat sangat sehat untuk memberikan percikan kepribadian. 

Ini adalah tampilan desain interior yang disukai oleh netizen tipe praktis lainnya: Gadis Itu. Anda tahu, seorang gadis yang bangun tidur lalu menulis jurnal, minum jus hijau, melakukan yoga disirami sinar matahari terbit dengan peralatan olahraga warna pastel yang terkoordinasi, lalu menyesap matcha latte dengan mangkuk sarapan mereka. 

Mereka menyukai makanan bersih dan perangkat kecantikan bersih dan rumah bersih, dan mengunggah semuanya ke media sosial. 

Mereka adalah kebalikan sempurna dari mode goblin. 

Tetapi reaksi terhadap gambaran sempurna ini sekarang mulai merebak - sesuatu yang seharusnya tidak mengherankan mengingat gaya hidup seperti itu sangat tidak dapat dicapai oleh kebanyakan orang, dan mengingat betapa mahal, memakan waktu dan, yah, membosankannya kehidupan tersebut. 

Ditambah, tidak semua orang menganggap merapikan rumah sebagai terapi – bagi sebagian orang, merapikan barang sebenarnya menyakitkan.

Aplikasi baru terbesar tahun lalu adalah BeReal, yang mendorong pengguna untuk mengambil bidikan candid di mana pun mereka berada dan apa pun yang mereka lakukan, pada momen yang tidak dapat diprediksi setiap hari – ia dirancang sebagai antitesis yang autentik dari konten yang dibuat-buat nyaris sempurna yang sudah sangat biasa kita lihat.

Merangkul kekacauan

Dan meski TikTok mungkin menciptakan tren dengan sangat cepat dan mungkin tak perlu dianggap terlalu serius, aplikasi ini masih menjadi platform utama untuk mendeteksi perubahan tren.

Tren kekacauan yang terorganisir telah meningkat untuk sementara waktu, dengan munculnya istilah "cluttercore": seni memiliki banyak barang di rumah Anda - sering kali pernak-pernik antik, barang koleksi, atau penemuan retro - dan merangkul warna dan kebisingan. 

Pikirkan maksimalisme yang berantakan: berantakan, tetapi kekacauan ini ditampilkan dengan cara yang menyenangkan.  

Tren mikro lain saat ini, yang dianggap merangkul kekacauan di TikTok adalah gadis-gadis memamerkan meja samping tempat tidur mereka yang tidak rapi.

Tetapi meskipun terlihat berantakan, sulit untuk tidak curiga bahwa mereka sebenarnya sangat dikuratori: koleksi produk perawatan kulit yang sedang naik daun, perhiasan halus, tumpukan buku yang didambakan, lebih banyak lilin – tidak ada cangkir atau tisu kotor yang terlihat…  

Tren lain baru-baru ini tampaknya menawarkan potret realitas yang tidak dipernis: video rumah "non-estetika". 

Pikirkan secara mendalam rumah-rumah biasa, dengan furnitur jelek, tumpukan cucian, mainan anak-anak berserakan di lantai, tempat tidur hewan peliharaan, keran rusak, atau peralatan dapur jelek. 

Ini nyata dan dapat diterima, juga mencerminkan fakta bahwa banyak orang tidak mampu tinggal di rumah yang berkilauan, dan tidak punya waktu untuk menjaga semuanya tetap bersih.

Meskipun demikian, banyak dari video rumahan #nonaesthetic ini masih tentang merapikan, membersihkan, atau melakukan "penyetelan ulang" – kategori konten online yang sangat populer, dan membingungkan bagi orang-orang yang gagal diyakinkan oleh Kondo untuk meyakini bahwa merapikan adalah gaya hidup alih-alih tugas. 

Tapi setidaknya video pembersihan non-estetika terasa sedikit lebih realistis daripada beberapa konten buatan di luar sana (lihat di sini video melebihi-parodi @kaelimaee tentang melakukan pajaknya secara estetis – dengan nuansa warna netral yang menenangkan dari tumpukan tanda terima…)

Dan ini bukan hanya tentang rumah – salah satu tren mikro fesyen TikTok yang paling menghibur/memikat mata dalam beberapa bulan terakhir adalah Frazzled English Woman - Perempuan Inggris yang Lelah. 

Ketika Gen Z telah lama terobsesi dengan mode Y2K, ini jelas merupakan tampilan yang tidak diantisipasi oleh siapa pun: perempuan Inggris kulit putih kelas menengah yang tergesa-gesa, sedikit ceroboh, seperti diambil dari genre komedi romantis tahun 2000-an, yang rambutnya acak-acakan disisir ke belakang dengan jepit atau cepol.

Pilihan bajunya biasanya seperti ini: mantel yang nyaman, sepatu bot setinggi lutut, pakaian rajut yang nyaman, rok setengah panjang yang sangat tidak menarik, dan syal kecil yang tidak berguna. 

Pikirkan Bridget Jones, Kate Winslet di The Holiday, Keira Knightley di Love Actually (bonus poin jika Anda mengenakan topi tukang roti yang mengerikan di atas kardigan tebal Anda).

Namun "lelah" adalah kata kuncinya di sini: daya tarik tampilan ini tentu saja bukan tentang kekhususannya, tetapi lebih banyak tentang suasana hati yang terlempar bersamanya: realisme soal saya tidak dapat menemukan sisir, atau mengapa saya selalu terlambat. 

Estetika ini tidak pernah aspiratif - bahkan dalam kesan ternakalnya, ini bukan tentang memakai topi yang tidak bergaya, melainkan visual pendek untuk dengan cepat menunjukkan bahwa ini adalah perempuan yang sibuk, khawatir, biasa, dan menyenangkan.

Jelas, tren ini muncul dengan catatan: perlu diingat kebanyakan orang tidak seekstrem ini di luar unggahan media sosial. Sebagian besar tren ini hidup hanya di layar daring.

Tidak apa-apa, toh fashion memang selalu tentang bersenang-senang dan pelarian dan imajinasi. 

Para desainer telah lama membuat tren kecil gila yang tidak diikuti oleh siapa pun.

Dan bahkan jika kita tidak serta-merta melihat gadis-gadis perempuan dengan gaya berantakan di jalan-jalan, ada sesuatu yang menyenangkan tentang idealisasi pemeran utama perempuan di film romantis sebagai pribadi yang berantakan dan normal. 

Mereka mungkin sangat berantakan, tetapi mereka juga tahu apa yang penting dalam hidup – tidak terlihat sempurna 100% sepanjang waktu atau memiliki rumah yang bersih, tetapi menikmati bersenang-senang bersama teman-temannya dan dirayu oleh Hugh Grant dan Colin Firth. 

Meskipun saya tidak membayangkan kita bakal melihat Marie Kondo mengenakan syal rajutan kecil yang tak berguna dalam waktu dekat, Anda bisa mengatakan dia juga telah merangkul pola pikir ini: tidak hanya menerima sedikit kekacauan tetapi benar-benar merangkulnya, untuk memiliki lebih banyak waktu dengan hal-hal yang lebih penting dalam hidup Anda – orang-orang yang Anda cintai. (*)

Tags : Holly Williams, Kekacauan Isi Rumah, Keajaiban yang Mengubah Hidup,