Sorotan   2021/03/27 18:33 WIB

Mengapa Masih Ada Negara Tak Percaya Adanya Virus Corona?

Mengapa Masih Ada Negara Tak Percaya Adanya Virus Corona?
Penentangan terhadap vaksin di Prancis telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir

"Prancis adalah salah satu negara di dunia yang paling skeptis terhadap vaksin, menjadi lahan subur bagi aktivis antivaksin garis keras yang menyebarkan informasi yang keliru"

i waktu luangnya, Gilles sering menonton film fiksi ilmiah dan membaca bandes dessinées - buku komik Prancis. Dia juga membantu menjalankan grup Facebook bertema konspirasi berbahasa Prancis dengan 50.000 anggota. Banyak di antara anggota grup itu yang menyebarkan kebohongan tentang virus corona. Dia menjadi anggota setelah pandemi dimulai, hampir setahun yang lalu. "Saya merasa dalam hati bahwa semua ini terlalu dibesar-besarkan dan salah," kata Gilles di rilis BBC.

Dia tidak menyangkal - seperti beberapa orang lain di grup itu- bahwa Covid-19 itu nyata. Namun, dia memiliki kecurigaan tentang penyakit tersebut, cara penyembuhannya, dan dia menduga pandemi ini digunakan untuk menutupi hal lain yang terjadi. Dia juga tidak menginginkan vaksin Covid karena unggahan yang dia lihat di grup. Dia khawatir vaksin itu dikembangkan terlalu cepat, meski pembuatannya didukung bukti ilmiah yang kuat. Apa yang terjadi pada Gilles adalah bagian dari gambaran yang lebih besar.

Grup Facebook yang diurus oleh Gilles hanyalah satu contoh dari tren yang lebih besar - peningkatan konten anti-vaksin berbahasa Prancis di media sosial selama setahun terakhir. Penelitian dari BBC Monitoring menemukan bahwa jumlah pengikut halaman yang membagikan konten anti-vaksin ekstrem dalam bahasa Prancis meningkat pada tahun 2020, dari 3,2 juta menjadi hampir 4,1 juta.

Halaman-halaman ini tidak mendiskusikan pertanyaan medis yang relevan, juga sangat jauh dari diskusi ilmiah dan politik yang saat ini sedang berlangsung di Eropa dan di tempat lain. Sebaliknya, grup-grup ini dijalankan oleh orang-orang yang telah dengan tegas mengambil keputusan untuk menentang vaksinasi. Mereka juga menyebarkan desas-desus palsu tentang vaksin yang mereka sebut bisa membunuh jutaan orang, berisi alat pelacak, atau bisa mengubah DNA kita.

Banyak diskusi juga berpusat di sekitar kekhawatiran bahwa vaksinasi akan diwajibkan dan sejumlah orang khawatir hal itu akan berujung pada diubahnya demokrasi di Prancis, menjadi apa yang mereka sebut sebagai "kediktatoran sanitasi". Vaksinasi Covid-19 saat ini tidak wajib di Prancis, meskipun anak-anak secara hukum diwajibkan untuk divaksinasi terhadap beberapa penyakit. Facebook mengatakan sedang menyelidiki grup-grup itu dan telah menghapus 12 juta informasi yang salah tentang Covid-19 dan vaksin. "Minggu lalu kami mengumumkan langkah-langkah lebih lanjut untuk mengekang penyebaran informasi yang salah," kata juru bicara perusahaan, "termasuk dengan membatasi unggahan mereka yang melanggar aturan kami."

Dalam grup yang diurus oleh Gilles, teori konspirasi palsu yang aneh bermunculan, selain unggahan-unggahan yang mengekspresikan pandangan yang lebih moderat, seperti penolakan untuk mewajibkan vaksin. Dia tidak setuju dengan konten ekstrem dan Gilles mengatakan dia berusaha untuk menghapus semua unggahan yang kasar. Tetapi ada orang-orang lain yang mencoba untuk melawan gelombang konspirasi anti-vaksin.

Mereka membuat halaman Facebook sendiri, menyusup ke ruang-ruang di media sosial tempat berita bohong berkembang pesat. Marie - bukan nama sebenarnya - menjalankan kelompok sukarelawan yang mendorong pesan pro-vaksin secara online. Dia ingin tetap anonim karena dia khawatir akan keselamatannya. "Kami mendapat banyak ancaman pembunuhan," jelasnya, terdengar sedikit terguncang saat berbicara dari rumahnya di Paris, "[ancaman itu datang dari] orang-orang di media sosial yang membaca halaman kami dan tidak menyukai apa yang mereka lihat di dalamnya."

"Saya suka sains," katanya, "dan saya benci berita bohong". Halaman Facebook-nya mempersenjatai pengikut dengan informasi akurat tentang vaksin, meminta mereka untuk berdebat dengan orang-orang, dan bahkan mencoba membujuk mereka untuk divaksinasi. Pertempuran untuk mendapat kebenaran berkecamuk di seluruh dunia, tetapi sangat sengit di Prancis.

Menurut survei oleh Ipsos akhir tahun lalu, hanya 40 persen orang Prancis yang mau menerima vaksin Covid-19 - meskipun penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa jumlahnya telah meningkat menjadi lebih dari setengah. Namun Tristan Mendes Prancis, seorang dosen universitas yang membantu menjalankan situs bernama Conspiracy Watch, masih mengkhawatirkan angka tersebut. Lima belas tahun lalu, katanya, jajak pendapat menunjukkan bahwa hanya sepersepuluh penduduk Prancis yang skeptis tentang vaksin. "Penting untuk membedakan antara mereka yang skeptis tentang vaksin dan mereka yang benar-benar anti-vaksin," katanya.

Dalam pandangannya, gerakan anti-vaksin online telah berkembang pesat di Prancis karena berkaitan dengan rasa skeptis yang sudah berkembang sebelumnya terhadap otoritas dan perusahaan farmasi. Menurut Mendes Prancis dan para ahli lainnya, skeptisisme vaksin memiliki akar yang lebih dalam dan lebih rumit - kombinasi ketidakpercayaan yang mendalam pada negara, hasrat untuk kebebasan pribadi, dan kegagalan sejarah.

Negara ini mengalami skandal vaksin asli pada tahun 2009. Saat itu, pemerintah Prancis membeli vaksin untuk melawan virus "flu babi" H1N1, yang cukup untuk memvaksinasi seluruh penduduknya. Harganya lebih dari 600 juta euro, tetapi dengan hanya beberapa ratus kematian akibat flu babi di negara itu, banyak warga yang tidak menginginkan suntikan itu. Kejadian itu dipandang sebagai pemborosan uang yang sangat besar.

Dalam beberapa pekan terakhir, Prancis menjadi salah satu dari beberapa negara Eropa yang menangguhkan penggunaan vaksin Oxford-AstraZeneca Covid-19 karena kekhawatiran risiko pembekuan darah. Regulator Kedokteran Inggris dan UE telah menyimpulkan bahwa tidak ada bukti vaksin menyebabkan pembekuan darah dan bahwa suntikan itu aman dan efektif. Tapi berita itu telah digunakan oleh aktivis anti-vaksin berbahasa Prancis untuk mempromosikan narasi konspirasi.


Lalu ada yang disebut "efek Didier Raoult". Raoult adalah seorang dokter yang sangat terkenal di Prancis -ia terkenal karena kecerdasannya dan cara bicaranya yang blak-blakan. "Jika Anda baru mulai menjadi pandai, itu adalah kejahatan di negara kami. Sangat sulit bagi saya untuk tidak menjadi pandai. Maafkan saya," dia terkekeh saat berbicara dari lembaga penelitiannya di Marseille.

Terlepas dari reputasi yang sangat bagus untuk penelitian ilmiah, Dr Raoult menimbulkan kontroversi ketika dia menganjurkan penggunaan obat yang disebut hydroxychloroquine untuk mengobati virus corona. Klaimnya diulangi oleh Donald Trump, tetapi tanpa bukti ilmiah. Insiden tersebut mengakibatkan keluhan resmi dari rekan-rekannya di komunitas medis.

Selain kontroversi mengenai obat tersebut, Dr Raoult telah menjadi - meski bukan karena pilihannya sendiri - pahlawan bagi aktivis garis keras yang mendorong konspirasi antivaksin. Kutipan fiktif yang diatribusikan secara keliru kepada dokter itu telah beredar di media sosial. Meskipun unggahan itu salah, dia masih memiliki beberapa pendapat kontroversial tentang vaksin. Dia mengatakan dia tidak yakin orang di bawah usia 65 tahun harus mendapatkan vaksin Covid-19.

Hal itu tak sejalan dengan penelitian yang dilakukan sejumlah ahli kesehatan masyarakat, yang mengungkapkan bahwa orang muda juga bisa menderita gejala Covid-19 yang berat dan vaksinasi bisa membatasi mutasi virus berbahaya. Pendekatan Dr Raoult tampaknya menjadi bagian dari pandangan yang lebih umum. Pada akhirnya, hal ini meluas ke teori konspirasi. Gilles, penggemar fiksi ilmiah, yakin dia tidak menginginkan vaksin Covid-19. Dia tak peduli tentang kemungkinan dia tertular penyakit. "Saya berpikir tak akan terjadi apa-apa," katanya, "Mungkin [saya akan] mendapatkan gejala flu, tapi itu sangat tidak mungkin."

Covid-19 menyebabkan angka kematian yang lebih tinggi daripada flu di semua kelompok umur, kecuali mungkin anak-anak di bawah usia 12 tahun. Efek jangka panjang dari virus corona juga bisa parah - dan lebih menular daripada flu. Namun, kecurigaannya yang masih ada membuat Gilles - dan orang lain seperti dia - rentan terhadap segala macam informasi yang salah.

Tags : Covid-19, Tak Percaya Adanya Virus Corona,