Headline Riau   2022/08/03 9:57 WIB

Meriahkan HUT Riau dan RI Paguyuban akan Gelar Pawai Budaya 

Meriahkan HUT Riau dan RI Paguyuban akan Gelar Pawai Budaya 

Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Riau dan HUT Republik Indonesia (RI) paguyuban akan menggelar pawai budaya.

PEKANBARU - Memeriahkan HUT Riau ke-65 dan HUT Republik Indonesia ke-77, Dinas Kebudayaan Provinsi Riau menggelar Pawai Budaya.

"Meriahkan HUT Riau dan Republik Indonesia 73 Paguyuban akan menggelar Pawai Budaya."

"Para peserta nantinya akan menampilkan kesenian daerah masing-masing. Rencana akan ditampilkan 16 pertunjukan dari Sabang Sampai Meraoke. Di antaranya Tari Saman dari Aceh, Reog Ponorogo, Lompat Batu Dari Nias, Silat Komango dari Minangkabau, Barongsai dari PSMTI dan lain sebagainya," kata Kepala Bakesbangpol Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting, AP, M.Si didampingi Ketua FPK Riau Drs.H. Auni M Noor, M.Si di Aula Kantor Kesbangpol Provinsi Riau, Selasa (2/8).

Bakesbangpol bersama FPK Provinsi Riau melibatkan 73 Paguyuban dengan peserta sekitar dua ribu orang di hari Sabtu 20 Agustus 2022 mendatang.

Meramaikan acara ini Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Provinsi Riaum melibatkan 73 Paguyuban  dengan mengerahkan sekitar dua ribu orang peserta.

Bakesbangpol dan FPK Provinsi Riau mendukung penuh pelaksanaan Pawai Budaya dalam Rangka HUT Riau dan HUT RI.

Turut Hadir pada pertemuan itu, Kabid Idiologi dan Wawasan Kebangsaan, Sri Petri Haryanti, S.Pd, jajaran Pengurus FPK Provinsi Riau, antara lain, Sekretaris  Jailani, Wakil Ketua Bidang Humas dan Media,  Ir. Fakhrunnas MA Jabbar,M.Ikom, Bendahara, Syahrial, Wakil Sekretaris Eva Firman dan Saparudin Koto.

Jenri lebih jauh memaparkan, Pawai Budaya dalam Rangka HUT Riau dan HUT RI dilaksanakan oleh Dinas kebudayaan Provinsi Riau, Sabtu 20 Agustus 2022 mendatang. Peserta pawai start di Jalan Diponegoro, terus ke Jalan Kartini-Jalan Sudirman dan berakhir di Jalan Gajah Mada Pekanbaru.

"Nantinya peserta akan menampilkan pertunjukan di pagung utama disaksikan pak Gubri Drs.H. Syamsuar, M.Si. Forkompinda Provinsi Riau serta undangan lainnya. Kita berharapo masyarakat hadir menyaksikan acara kebudayaan ini," katanya.

Ketua FPK Provinsi Riau, Drs.H.Auni M Noor, M.Si menambahkan saat ini FPK Riau bersama paguyuban yang tergabung dalam FPK terus mempersiapkan acara Pawai Budaya. Dikatakan pihaknya sudah melaksanakan  beberapa kali rapat dengan Dinas kebudayaan Provinsi Riau.

"Persiapan terus kita matangkan, kita berharap selain sebagai hiburan Pawai Budaya bisa mendambah pengetahuan masyarakat tentang suku-suku dan Budaya Nusantara," katanya.

Sekretaris FPK Provinsi Riau, Jailani menambahkan tahun 2019 lalu, FPK Riau pernah mengadakan acara serupa. Saat itu dilaksanakan Pawai Bhineka Tunggal Ika yang menampilkan beragam budaya dari Sabang sampai Meraoke.

"Pawai Bhineka Tunggal Ika tahun 2019 lalu berhasil menjadi ;perhatian masyarakat, kita berharap Pawai Budaya Tahun 2022 ini lebih meriah lagi," katanya (rilis)

Tags : Meriahkan HUT Riau ke-65, HUT Republik Indonesia ke-77, Paguyuban akan Gelar Pawai Budaya, Pekanbaru ,