Headline News Kota   2021/08/15 16:15 WIB

HUT RI Ke-76: Ketua RT Ajak Warga Jangan Sampai Surut Kibarkan Bendera Merah Putih

HUT RI Ke-76: Ketua RT Ajak Warga Jangan Sampai Surut Kibarkan Bendera Merah Putih

PEKANBARU - Pada hari Selasa 17 Agustus 2021 tepatnya pukul 19.00 WIB, adalah peringatan Hari Ulang Tahun [HUT] Republik Indonesia yang ke 76 tentu hari yang ditunggu-tungu oleh semua lapisan masyarakat.

"Walaupun peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-76 ini dilakukan di tengah pandemi covid-19 namun semangat warga khususnya di lingkungan Rukun Tetangga [RT] 03 jangan sampai surut," kata Indera Kurniawan SH, Ketua RT03/RW03 Kelurahan Sidomulio Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru ini yang menghimbau warganya digroup WhatsApp [WA] dilingkungan RT, Minggu (15/8).

Menurutnya, 17 Agustus 2021 semua orang pasti menunggu kehadiran hari itu.

"Gema kemerdekaan berkumandang di seluruh penjuru negeri kita, Indonesia. Semua rakyat menyambut kedatangannya, tak terkecuali warga di lingkungan RT03 tempatku tinggal ini," sebutnya.

Menurutnya, berbagai kegiatan bisa dilakukan, "Saya mengajak warga mulai memasang bendera merah putih untuk memeriahkan peringatan tujuh belasan, kegiatan dilingkungan kita bisa dilakukan kerja bakti membersihkan lingkungan, hingga mempersiapkan acara tujuh belasan, ini sebagai bentuk antusiasme warga terhadap tanggal penuh sejarah itu," sebutnya.

Dia pun berharap seluruh warga turut bahu-membahu, baik anak kecil maupun remaja, baik yang muda maupun yang dewasa untuk bisa aktif dalam kegiatan peringatan HUT kemerdekaan tahun ini.

"Tradisi itu selalu dilakukan warga disini menjelang peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Tradisi itu dilaksanakan warga dari berbagai kegiatan tersebut untuk mengenang jasa pahlawan yang telah memberikan Kemerdekaan Indonesia ini," kata dia.

Menurutnya, berbagai acara seiring peringatan HUT RI bisa dilakukan seperti acara makan bersama membuat nasi tumpeng yang kemudian dimakan secara bersama-sama setelah itu melakukan doa.

"Nasi Tumpeng sendiri merupakan nasi yang dibentuk kerucut. Pemilihan nasi tumpeng untuk acara peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia tidaklah secara asal. Nasi Tumpeng sendiri menggambarkan kesucian, kekayaan dan moral yang luhur. Sehingga masyarakat bisa mempersiapkan nasi tumpeng pada acara yang penting ini," sebutnya memprogramkan acara kegaiatan itu yang nantinya biaya dipergunakan bisa dilakukan iuran secara suka rela dari masyarakat sendiri.

Acara doa bersama pada malam Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia bisa menggunakan cara iuran secara suka rela [uang dan ada pula yang iuran tenaga]. "Iuran Tenaga disini bisa membantu memasak dan menyiapkan tempat.” kata Indera, Ketua RT 03 yang sudah merencanakan berbagai kegiatan itu.

M Masjid, salah satu warga masyarakat menangapi HUT RI ke 76 ini Ia setuju dilakukannya berbagai kegiatan dilingkungan Rukun Tetangga untuk lebih mengedepankan silaturahmi antara warga, “dengan adanya acara kegiatan dilakukan di Peringatan Hari Kemerdekaan dapat menumbuhkan semangat nasionalisme yaitu cinta terhadap tanah air Indonesia,” sebutnya. (rp.sdp/*)

Tags : HUT RI Ke-76, Peringatan Hari Kemerdekaan, HUt RI di Lingkungan Rukun Tetangga, Pekanbaru, Kibarkan Bendera Merah Putih,