Pilkada   2021/04/06 9:55 WIB

Mulai Muncul Cagub di Pilkada 2024, Gubernur Syamsuar 'Diusung Kembali'

Mulai Muncul Cagub di Pilkada 2024, Gubernur Syamsuar 'Diusung Kembali'
DPD Golkar Riau menggelar Rakerda di Hotel Premiere Pekanbaru, Minggu (21/3/2021).

PEKANBARU - Nama-nama Calon Gubernur (Cagub) Riau di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mulai muncul. Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi bakal diusung kembali oleh Partai Golkar.

Selain itu nama cagub lainnya yang muncul seperti Alfedri yang kini menjabat Bupati Siak akan diusung PAN, Wahid akan diusung PKB. Meskipun masih terbilang lama, namun partai Golkar sudah punya jagoan yang akan diusung pada Pilkada Gubernur Riau 2024 mendatang. Nama ketua DPD I Golkar Riau Syamsuar sudah didukung untuk kembali maju sebagai Calon Gubernur Riau. "Di Rapat Kerja Daerah (Rakerda) kami menyampaikan semua mendukung Syamsuar lanjut untuk Gubernur 2024," kata Wakil Sekretaris DPD I Golkar Riau Karmila Sari, Jumat (26/3) kemarin.

Di Rakerda Partai Golkar dihadiri Wakil Ketua Umum Kordinator Bidang Pemenangan Pemilu DPP Ahmad Doli Kurnia Tanjung dan seluruh Ketua DPD II serta pengurus dan Organisasi Sayap didirikan dan mendirikan. Menurut Karmila, penyampaian sokongan lisan di Rakerda dari seluruh pengurus DPD I dan DPD II, organisasi pendiri dan didirikan."Tentunya kita akan mengusung kader yang juga ketua partai dan saat ini masih menjabat sebagai Gubernur," ujar Karmila Sari.

Sementara itu sebelumnya, Partai Amanat Nasional (PAN) mengupayakan untuk tidak lagi menjadi pengusung Syamsuar sebagai calon Gubernur Riau pada Pilkada Gubernur Riau mendatang. Untuk itu partai ini menyiapkan calon untuk menjadi lawan Syamsuar. "Kami mengupayakan untuk tidak lagi ikut mengusung pak Syamsuar di Pilgubri, kami mengusung calon sendiri," ujar Zulfi Mursal.

Sementara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Riau, menyatakan dukungan penuh atas rencana pencalonan Achmad sebagai Gubernur Riau. Ketua DPD Demokrat Riau, Asri Auzar menyebut modal politik Ahmad cukup kuat mengingat dirinya sempat menjadi Bupati Rokan Hulu (Rohul) selama dua periode pada 2006 hingga 2016. "Ahmad memiliki sepak terjang yang bagus yang pernah menjabat sebagai Bupati Rokan Hulu dua periode memberi kami inspirasi bahwa beliau adalah calon pemimpin Riau ke depan," kata Asri Auzar, Ketua DPD Partai Demokrat Riau dikontak ponselnya, Senin (5/4).

Menurutnya, Ahmad yang kini masih menduduki kursi legislatif DPR RI di komisi VIII memiliki modal potensial di Pilkada. Soal calon koalisi dan pasangan belum menentukan pilihan, namun akan terus diproses menjelang 2024. Asri menyebut Demokrat akan sesegera mungkin melakukan proses dan kerja politik untuk Achmad. "Pak Achmad kader Demokrat. Wajar dan wajib kita mendukung beliau sebagai calon Gubernur," sebutnya. (*)

Tags : Pemilihan Kepala Daerah, Pilkada Riau, Pilkada 2024, Calon Gubernur Riau,