Bisnis   2024/03/13 17:30 WIB

Muslim yang Mau Beli Kurma Perlu Hati-Hati, ada 30 Merek Produk Israel yang Sudah Menyebar di Tanah Air'

Muslim yang Mau Beli Kurma Perlu Hati-Hati, ada 30 Merek Produk Israel yang Sudah Menyebar di Tanah Air'

JAKARTA - Muslim yang mau beli kurma perlu hati-hati karena ada beberapa yang berasal dari Israel. Ini daftar merek dan cara mengeceknya.

Menghindari kurma asal Israel penting dilakukan muslim sebab Majelis Ulama Indonesia (MUI) MUI baru saja menegaskan bahwa kurma Israel bersifat haram.

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Internasional Sudarmoto meminta umat Islam di Indonesia agar tidak membeli kurma Israel. "Kalau ada kurma Israel, jangan dibeli," ujarnya di kantor MUI, Jakarta, Minggu (10/3).

Kurma sendiri memang dikenal sebagai salah satu buah yang tumbuh subur di kawasan Timur Tengah, termasuk di antaranya Israel. Negara Zionis ini memang dikenal sebagai produsen kurma Medjool terbesar di dunia.

Selain Medjool, Israel juga memproduksi jenis kurma lain seperti Deglet Noor dan Barhi.

Untuk itu, Anda sepatutnya menghindari daftar merk kurma Israel ini. Menghindari kurma asal Israel jadi salah satu cara Anda berkontribusi dalam melawan kekejaman yang dilakukan negara Zionis tersebut terhadap Palestina.

Berikut daftarnya, merangkum berbagai sumber:
1. Star Dates
2. Dates Medjoul
3. Jordan River
4. Bon Bon
5. Carmel Agrexco
6. Hadiklaim
7. Shams
8. Bomaja
9. Desert Diamond
10. Delilah
11. Delilah
12. Urban Platter
13. Sincerely Nuts
14. Edeka
15. Anna & Sarah
16. Galilee
17. Ventura
18. Nava Fresh
19. Bomaja
20. Fancy Medjoul
21. Food to Live
22. Kalahari
23. Karsten Farms
24. Royal Treassure
25. Tamara Barhi
26. King of Dates
27. La Palma
28. Waitrose
29. King Solomon
30. Medjol Plus

Beberapa di antaranya hingga saat ini masih tersedia di sejumlah platform e-commerce Indonesia.

Kurma, umat Islam pasti mengenal buah yang satu ini. Buah yang menjadi makanan Nabi Muhammad ini jadi primadona saat bulan Ramadan.

Cara mengecek kurma Israel

Menukil laman Boycott, Divestment, and Sanctions Australia, berikut cara cek kurma Israel:

1. Periksa kemasan dan cek negara asal pembuatan kurma. Beberapa kurma memang diproduksi di Israel.
2. Periksa barcode-nya. Hindari produk apa pun dengan barcode yang dimulai dengan 729. Nomor tersebut adalah nomor seri untuk Israel.
3. Perhatikan beberapa produk kurma dengan merek ekspor Israel seperti King Solomon, King Medjool, Medjool Plu, Jordan River, dan Bahri.
4. Israel dikenal dengan kurma Medjool-nya. Namun demikian, tak semua jenis kurma ini diproduksi di Israel. Cek lagi identitas kurma Medjool yang Anda beli lewat informasi dalam kemasan.
5. Perhatikan juga kurma tanpa keterangan perusahaan produsen dan asal negara produksi yang jelas. Hindari kurma yang dikemas seperti ini agar terhindar dari trik produsen Israel untuk mengelabui pembeli.
6. Biasanya, harga kurma Israel dijual lebih murah karena disubsidi oleh pemerintahnya.

Kurma sendiri menjadi salah satu makanan yang selalu dicari di bulan Ramadan. Kurma kerap jadi santapan sahur atau berbuka puasa.

Namun demikian, umat Islam juga disarankan untuk membatasi asupan kurma karena kandungan gulanya yang tinggi. Dua butir kurma ukuran besar umumnya mengandung gula sebanyak 37 gram, seperti yang dilansir dari detik. (*)

Tags : kurma israel, muslim berhati-hati beli kurma, 30 merek kurma produk israel ,