Artikel   2020/11/07 19:18 WIB

Niarti Habiskan Masa Remaja Di Pedalaman Riau, 'Entaskan Buta Aksara'

Niarti Habiskan Masa Remaja Di Pedalaman Riau, 'Entaskan Buta Aksara'

NIARTI (25) terus berupaya mencerdaskan anak bangsa di wilayah pedalaman Riau. Salah satu penerima manfaat beasiswa Dompet Dhuafa Cabang Riau itu, mengajar 30 Anak-anak di Dusun Nunusan, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Penuntasan buta aksara terus ditekan baik peran dari Pemerintah maupun Lembaga Sosial Masyarakat. Hal lain yang luar biasa dilakukan Niarti adalah ia mengajar aksara untuk Ibu-ibu di sana. Terhitung ada 10 orang Ibu-ibu yang terdaftar dan selalu belajar. Niarti terus memperjuangkan warga di pedalaman. “Bukan anak-anak saja yang butuh belajar, saya kira Ibu-ibunya juga butuh pengetahuan,” ucap Niarti melalui Public Relations Dompet Dhuafa yang disampaikan melalui press release nya 13 Oktober 2020 lalu.

Melihat Survei Sosial Ekonomi Nasional BPS tahun 2018, jumlah penduduk buta aksara turun menjadi 3,29 juta orang, atau hanya 1,93 persen dari total populasi penduduk. Pada tahun 2017, jumlah penduduk buta aksara tercatat 3,4 juta orang.dengan kesederhanaannya. “Mengajar baca-tulis kepada para ibu-ibu yang buta aksara disana, Niarti lakukan setiap dua kali pertemuan dalam satu pekan. Tetapi karena masa pandemi Corona (Covid-19), kini hanya terlaksana pada setiap hari Kamis siang saja,” lanjut Niarti.

Para ibu-ibu bersemangat mengikuti pelajaran dan mereka pun senang belajar. Sorai canda-tawa tentu menghiasi ruang kelas mereka. Sebab, terbata-bata mengeja kata demi kata menjadi jenaka dibuatnya. Jemarinya juga keras kala menuliskan angka dan huruf di kertas maupun di papan tulis. “Keringatku bercucuran kalau belajar menulis dan membaca. Tapi kalau menebas di kebun enteng saja itu,” sebut salah satu ibu yang ikut belajar aksara.

Berkebun sudah menjadi keahlian sejak kecil bagi Ibu-ibu di Dusun Nunusan. Tetapi untuk membaca dan menulis merupakan hal baru nan sulit bagi mereka. Namun semangatnya hadir, senada dengan kegigihan Niarti dengan harapan mulia dan sederhananya. Jika para ibu-ibu bisa baca-tulis, mereka akan menerima ilmu pengetahuan lain, maka generasi penerus juga bisa belajar dari sang ibunya. (rilis)

 

Tags : Niarti Mengajar Warga Pedalaman, Warga Pedalaman Riau, Entaskan Buta Aksara, Dompet Dhuafa Riau,