Artikel   2023/04/22 21:7 WIB

Pawai Takbiran Idul Fitri Menggema yang Dipenuhi dan Disaksikan Masyarakat Pekanbaru

Pawai Takbiran Idul Fitri Menggema yang Dipenuhi dan Disaksikan Masyarakat Pekanbaru
Masyarakat Saksikan Pawai Gema Takbiran Idul Fitri.

PAWAI takbiran 1444 Hijiriah/2023 Masehi menggema yang dipenuhi dan disaksikan masyarakat yang berjubel Jumat 21 April 2023) malam.

"Masyarakat Kota Pekanbaru merayakan datangnya 1 Syawal dengan mengikuti pawai gema Takbir Idul Fitri 1444 Hijiriah/2023 Masehi dilaksanakan di Jalan Gajah Mada."

“Saya dari kecil itu sering di ajak Bapak dan Ibu melihat takbir keliling ini. Tapi semenjak datangnya COVID-19 dua tahun terakhir semuanya menjadi sepi," kata seorang warga Kota Pekanbaru, Hendra (23).

"Tahun ini rasanya sudah kembali semarak dengan adanya kegiatan seperti ini. Apalagi sudah ada mobil pawai yang di hias-hias,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Brigjen TNI (purn) Edy Natar Nasution, serta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) lingkungan Pemprov Riau dan Pemkot Pekanbaru.

Kegiatan Gema Takbir tersebut tentu sangat ditunggu-tunggu bagi umat muslim. Hal ini lantaran selama masa Pandemi COVID-19 masyarakat di batasi untuk berkumpul dengan skala besar.

Ribuan masyarakat berkumpul memadati ruas jalan Diponegoro - Gajah Mada Pekanbaru untuk mengikuti acara gema takbir Idul Fitri.

Warga mengungkapkan rasa bahagianya dapat menyaksikan kembali pagelaran gema takbir di bumi lancang kuning. Menurutnya, hari raya Idulfitri tahun ini semakin terasa meriah dibandingkan dengan kondisi dua tahun yang lalu.

Perhelatan Gema Takbir juga dapat menunjukkan kesenian budaya dan kretivitas para remaja yang berada di Bumi Melayu.

“Dengan adanya acara seperti ini lah para remaja dan masyarakat dapat menjukkan kreativitasnya. Dan ini juga memperlihatkan bahwa budaya melayu itu identik dengan keislamannya," kata H. Darmawi Wardhana Zalik Aris, Ketua Umum (Ketum) Lembaga Melayu Riau (LMR) menyikapi.

"Saya berharap ke depannya pemerintah tetap terus menggelar kegiatan seperti ini untuk menyambut hari raya,” tambahnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Gubri Syamsuar atas nama pribadi beserta Pemerintah Provinsi Riau mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 H.

Gubri juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan dan menjaga kebersihan lingkungan.

“Kami harap Pawai Gema Takbir ini dapat berjalan dengan lancar. Kami berpesan jangan ada yang kebut-kebutan mengikuti kegiatan takbiran ini. Semoga apa yang kita lakukan ini diterima oleh Allah subhanahu wa ta'ala sebagai amal ibadah," ucapnya.

Gubri  beserta rombongan membuka acara Gema Takbir dengan memukul bedug yang telah disediakan. Kemudian, di lakukan juga pelepasan kendaraan mobil hias untuk pawai takbiran keliling.

Sebagai informasi, pawai gema takbir ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru yang mengikut sertakan 15 kecamatan se-Kota Pekanbaru dengan total rombongan mobil hias ada sejumlah 51 unit. (*)

Tags : Pawai Gema Takbiran Idul Fitri Menggema yang Dipenuhi dan Disaksikan Masyarakat,