Pendidikan   2023/09/21 9:52 WIB

Pelajar Riau Berprestasi Hingga Level Nasional dan Internasional, 'yang dapat Pujian Kepala Daerah'

Pelajar Riau Berprestasi Hingga Level Nasional dan Internasional, 'yang dapat Pujian Kepala Daerah'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Banyak pelajar di Provinsi Riau yang sukses menorehkan prestasi. Bahkan bukan hanya level nasional, melainkan juga di tingkat internasional.

"Pelajar Riau banyak yang berprestasi hingga level Nasional dan Internasional."

"Mereka (pelajar, red) yang berprestasi sudah membuktikan bahwa kita mampu bersaing. Ini menjadi suatu kebanggaan dan patut di apresiasi. Saat ini saya bangga bahwa provinsi Riau sudah setara dengan provinsi-provinsi di Jawa," kata Gubri Syamsuar, Senin (18/9).

Pencapaian itu cukup membanggakan. Pelajar di Riau sudah sukes mengharumkan nama Bumi Melayu Lancang Kuning.

Gubri mengatakan Riau saat ini menduduki peringkat tujuh nasional dalam ajang Olimpiade Sains Nasional 2023. Dengan perolehan enam medali emas di tingkat SD, SMP, dan SMA. Sama dengan Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng).

Prestasi lainnya pelajar dari Riau sukses meraih peringkat lima nasional dalam Kompetensi Sains Madrasah (KSM) 2023.

Provinsi Riau berhasil mengumpulkan tiga medali emas, dua medali perak, dan lima medali perunggu. Sehingga total perolehan medali sebanyak 10 medali.

"Tak hanya di tingkat nasional, Siswa Riau juga mampu bersaing di tingkat internasional," ucap syamsuar.

Adapun yang di maksud orang nomor satu di Riau itu yakni Vannes Wijaya siswa SMAN 8 Pekanbaru. Pelajar ini sukses meraih medali perak di International Olympiad in Informatics (IOI) atau Olimpiade Komputer Internasional di Hungaria.

Sebelum sukses meraih medali perak IOI di Hungaria, tahun lalu juga terbaik kedua dunia saat lomba di Yogyakarta. Kini siswa yang berprestasi tersebut langsung diterima di Nanyang University Singapura tanpa tes.

Maka itu ke depannya Gubri Syamsuar berharap lebih banyak lagi pelajar di Riau yang berprestasi.

"Mudah-mudahan kedepan lebih banyak lagi pelajar kita yang berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional," harap Gubri. (*)

Tags : pelajar riau berprestasi, gubernur riau syamsuar puji pelajar berprestasi, pelajar riau berprestasi level nasional dan internasional,