News   2023/09/21 9:45 WIB

Rektor Unri dan Sekda Riau Diusulkan Jadi Pj Gubri, 'yang Tinggal Menunggu Surat Permintaan Pengusulan Kemendagri'

Rektor Unri dan Sekda Riau Diusulkan Jadi Pj Gubri, 'yang Tinggal Menunggu Surat Permintaan Pengusulan Kemendagri'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Draft alur pengusulan Penjabat (Pj) Gubernur diketahui sudah sampai ke pimpinan DPRD Riau dan kini tinggal menunggu surat permintaan pengusulan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Prof Dr Hj Sri Indarti MSi Rektor Unri dan SF Hariyanto, Sekda Riau diusulkan jadi Pj Gubri."

"Pelan-pelan kita sedang bahas, karena belum waktunya. Kita masih menunggu instruksi atau surat dari Kemendagri, karenakan memang harus ada surat dari Kemendagri dulu, kemudian baru bahas untuk cara dan pengusulan dari DPRD," kata Wakil Ketua DPRD Riau, Agung Nugroho, Selasa (19/9).

Pengusulan nama Pj Gubernur sebelumnya hanya ada di tangan Kemendagri kini DPRD dapat ikut mengusulkan.

Ini sesuai Permendagri Nomor 4 Tahun 2023 yang mengamanahkan kepada DPRD untuk mengakomodir keinginan masyarakat di daerah. Tujuannya, agar Pj Gubri yang ditunjuk pusat bisa diterima masyarakat di daerahnya dan didukung masyarakat dalam melaksanakan tugas.

Setelah adanya surat permintaan pengusulan dari Kemendagri itu, lanjut Agung, pimpinan DPRD akan berembuk kembali.

Di mana sesuai aturan, yang bisa diusulkan hanya pejabat eselon I. Namun, Pj Gubernur yang diajukan tidak terbatas dari Provinsi Riau saja melainkan bisa dari pejabat di kementerian atau setara.

"Di Riau siapa saja, rektor Unri sama SF, iya mungkin dua-duanya kita masukan kalau memang cuma dua atau tambah satu lagi siapa nanti, kan begitu. Itu yang baru dicari-cari kemarin," ujarnya.

Seperti ramai diberitakan Rektor Universitas Riau (Unri), Sri Indarti muncul dari beberapa nama yang disebut-sebut bakal masuk bursa calon Penjabat (Pj) Gubernur Riau (Gubri). Selain dirinya juga ada nama Sekda Riau, SF Hariyanto. (*)

Tags : usulan pj gubri, rektor unri dan sekda riau diusulkan jadi pj gubri, dewan pertimbangkan dua kandidat pj gubri, News,