Pekanbaru   2021/08/07 21:10 WIB

Pemko Pekanbaru Kembali Distribusikan Sembako untuk Warga

Pemko Pekanbaru Kembali Distribusikan Sembako untuk Warga
Wali Kota Pekanbaru Dr. H. Firdaus ST MT salurkan bantuan beras PPKM secara simbolis di Kantor Lurah Labuh Baru Barat

PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT kembali mendistribusikan bantuan sembako kepada warga terdampak pandemi Coronavirus (Covid-19). Bantuan berupa beras kali ini menyasar warga di seluruh kecamatan di Kota Pekanbaru.

"Kami kembali salurkan bantuan sembako untuk warga terdampat Covid-19. Penyerahan bantuan dilakukan bersama camat dan unsur di wilayah," ujar Walikota Firdaus usai menyerahkan bantuan Kantor Lurah Labuh Baru Barat, Rabu (21/7) kemarin.

Walikota menyalurkan bantuan secara simbolis bersama Gubernur Riau Syamsuar. Alokasi beras yang disalurkan bagi masyarakat di Kota Pekanbaru mencapai 342,94 ton. Bantuan ini bagi 34.294 keluarga penerima manfaat. Kebanyakan masyarakat yang menerima beras bantuan PPKM merupakan penerima bantuan sosial tunai. Ada juga yang merupakan peserta program keluarga harapan. 

Walikota Pekanbaru, Firdaus menyebut bahwa proses penyaluran bantuan beras secara bertahap di seluruh kecamatan. Ada proses penyaluran dengan protokol kesehatan. Bantuan beras PPKM untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak Covid-19. Ada bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. "Kita bakal kawal penyaluran, agar tepat sasaran," sebutnya yang juga mengaku pemerintah kota tidak memasang target penyaluran. Ia mengaku tim segera menyalurkan beras ke masyarakat secepatnya.

Dalam pada kesempatan itu Walikota Firdaus juga menyebut punya strategi pemulihan ekonomi dengan lebih konkret dalam pemulihan dampak pandemi Covid-19. Satu caranya dengan optimalkan program wakaf di Kota Pekanbaru. Ia menilai program wakaf bisa mendukung upaya pemulihan ekonomi masyarakat seiring pada PPKM level 4 kali. "Jadi kita berupaya optimalkan program wakaf dan zakat, guna mendorong pelaku usaha yang terdampak pandemi Covid-19," jelasnya.

Firdaus mengaku sudah membentuk tim ekonomi untuk pemulihan ekonomi dalam pandemi Covid-19. Ia menyebut tim ini bakal mengevaluasi sektor ekonomi kerakyatan. "Kita juga mendorong pemberdayaan masyarakat, ada relaksasi pajak daerah guna mendukung kelangsungan ekonomi," paparnya.

Tim satgas juga berupaya mendukung pelaku UMKM. Begitu juga para pelaku usaha yang kebanyakan generasi muda sedang memulai usaha kecil. "Kita sudah bahas bersama tim satgas, guna mendukung kelangsungan ekonomi kerakyatan," jelasnya

Sebelumnya, Pemko juga sudah menyalurkan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) bagi warga miskin dan yang terdampak Covid-19 dari total 15.625 paket yang disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.“Seperti kemarin (Sabtu) kan hujan, dan kita bergerak (menyalurkan) juga sudah sore. Kita berusaha bagaimana bantuan ini tersalurkan secepatnya,” ujar Juru Bicara Umum, Gugus Tugas Covid-19 Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut.

Penyaluran bantuan sembako terdiri dari beras, telur, sarden, minyak goreng dan bahan pokok lainnya, tim Gugus Tugas langsung dikawal oleh pihak kelurahan, RW dan personel TNI-Polri. (*)

Tags : wali kota Pekanbaru, sembako, masyarakat terdampak, bantuan, umkm,