Daik Lingga   2021/08/07 18:6 WIB

Pilkades Serentak Ditengah Pandemi, Bupati Muhammad Nizar: 'Yang Menang Agar Amanah dan Majukan Desanya'

Pilkades Serentak Ditengah Pandemi, Bupati Muhammad Nizar: 'Yang Menang Agar Amanah dan Majukan Desanya'
Bupati Daik Lingga Muhammad Nizar tinjau Pemilihan Kepala Desa [Pilkades] serentak.

DAIK LINGGA - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Daik Lingga dilakukan tahun 2021 ini. Ada sebanyak 75 desa mengikuti Pilkades ditengah pandemi.

Bupati Lingga, Muhammad Nizar sebelumnya telah menyampaikan terimakasihnya kepada dinas teknis, panitia pelaksana dan masyarakat Lingga yang ikut berpartisipasi dalam menentukan arah desa dengan menggunakan hak pilihnya.

"Kami sampaikan juga pada pelaksanaan tetap berstandar dan patuh terhadap protokol kesehatan yang sudah diwajibkan sebagaimana mestinya,” kata Bupati saat usai melakukan peninjauan pelaksanaan Pilkades di Desa Kelombok yang juga ikut memberikan hak suaranya di Pilkades serentak, Sabtu (7/8).

Dia menegaskan kepada siapapun kepala desa terpilih nantinya, agar bisa amanah dan bekerja keras untuk memajukan desanya kearah lebih baik. Terutama dalam perihal optimalisasi dan tranparansi anggaran.

”Pesan saya setiap kepala desa dapat mengalokasikan anggaran desa tepat sasaran pada item-item yang telah disusun dalam rencana kerja. Dan harus bijak dalam menentukan skala prioritas dalam membangun desa. Ini artinya agar anggaran tidak disalahgunakan,” ujarnya.

Menurutnya, anggaran setiap desa yang dikucurkan cukup besar, dia tidak ingin dikemudian hari ada kepala desa yang tersandung hukum.

“Saya berharap yang menang tidak bertepuk dada, bagi yang kalah harus berlapang dada. Kemudian satukan pemikiran-pemikiran untuk diaplikasikikan dalam membangun kemajuan desa,” pesannya.

Nizar berharap setelah pemilihan kepala desa usai dilaksanakan masyarakat tidak terpecah belah karena beda pilihan. Namun semua harus kompak, bersama bangkit membangun, memberikan dukungan dan dorongan pada kepala desa terpilih.

”Kepada kepala desa terpilih diharapkan harus bisa bersinergi dengan masyarakat dalam menciptakan terobosan-terobosan baru, misal dalam hal ekonomi untuk bisa bangkit dari masa sulit ini,” imbaunya.

”Kepala desa harus menjadi garda terdepan dalam pelayanan publik. Dan semuanya itu bermuara satu tujuan untuk mensejahterakan warga desa”.

Harapannya pelaksanaan Pilkades tetap sukses, dapat berjalan dan berakhir baik tanpa konflik. “Semoga tidak ada yang keberatan dari kandidat di desa, apapun hasil nanti. Kalaupun ada, tentu harus melalui mekanisme aturan yang ada,” terangnya.

Ada tercatat 75 desa di Kabupaten Lingga yang melaksanakan pilkades serentak tahun 2021, yang sempat tertunda semula berlangsung per 21 Juli hingga akhirnya baru terlaksana pada 7 Agustus 2021. Penetapan tanggal pelaksanaan Pilkades sesuai Keputusan Bupati Lingga Nomor: 266/KPTS/IV/2021, kata Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Suarta Andika.

Sebelumnya, tahapan-tahapan sudah dilakukan, seperti salah satunya pendaftaran calon kepala desa. Pilkades 2021 pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan. "Saat pemungutan suara warga tetap jaga protokol kesehatan," sebutnya. Adapun 75 desa yang melakukan pilkades serentak di Kabupaten Daik Lingga, yakni:

  • Kecamatan Singkep (Desa Batu Kacang, Desa Batu Berdaun, Desa Tanjung Harapan)
  • Kecamatan Singkep Selatan (Desa Berhala, Desa Marok Kecil, Desa Resang)
  • Kecamatan Senayang (Desa Baran, Desa Mamut, Desa Penaah, Desa Laboh)
  • Kecamatan Temiang Pesisir (Desa Tajur Biru, Desa Temiang, Desa Pulau Batang)
  • Kecamatan Katang Bidare (Desa Benan, Desa Mensanak, Desa Pulau Medang, Desa Pulau Bukit, Desa Pulau Duyung)
  • Kecamatan Bakung Serumpun (Desa Cempa, Desa Tanjung Lipat, Desa Batu Belubang, Desa Tanjung Kelit, Desa Pasir Panjang, Desa Rejai)
  • Kecamatan Lingga (Desa Panggak Darat, Desa Kelumu, Desa Mentuda, Desa Panggak Laut, Desa Musai, Desa Merawang, Desa Pekajang, Desa Kelombok, Desa Nerekeh, Desa Mepar)
  • Kecamatan Lingga Utara (Desa Sekanah, Desa Resun Pesisir, Desa Resun, Desa Rantau Panjang, Desa Duara, Desa Sungai Besar, Desa Bukit Harapan, Desa Limbung)
  • Kecamatan Lingga Timur (Desa Pekaka, Desa Bukit Langkap, Desa Kerandin, Desa Keton, Desa Sungai Pinang, Desa Kudung, Desa Teluk, Desa Belungkur)
  • Kecamatan Singkep Barat (Desa Sungai Harapan, Desa Tinjul, Desa Sungai Buluh, Desa Marok Tua, Desa Bukit Belah, Desa Jagoh, Desa Kuala Raya, Desa Langkap, Desa Bakong, Desa Sungai Raya, Desa Tanjung Irat)
  • Kecamatan Selayar (Desa Penuba, Desa Selayar, Desa Pantai Harapan, Desa Penuba Timur)
  • Kecamatan Kepulauan Posek (Desa Suak Buaya, Desa Posek, Desa Busung Panjang)
  • Kecamatan Singkep Pesisir (Desa Persing, Desa Berindat, Desa Lanjut, Desa Sedamai, Desa Kote, Desa Pelakak)

Pilkades serentak

Dalam pelaksanaan Pilkades serentak yang digelar Sabtu 7 Agustus 2021 ini Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Dabo Singkep Letkol Laut (P) Didik Hermawan, bersama unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) setempat menyempatkan diri meninjau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Lingga 2021 di Kecamatan Singkep Barat.

Danlanal Dabo Singkep Letkol Laut (P) Didik di sela-sela peninjauan menjelaskan, pihaknya sengaja hadir langsung pada pelaksanaan pilkades tersebut, untuk memantau sekaligus memastikan pesta demokrasi berjalan dengan kondusif dan disertai penerapan prokes yang ketat. “Kita berharap bahwa pilkades tahun 2021 di Kabupaten Lingga ini bisa berjalan dengan lancar, tertib dan aman. Serta berlaku jujur dalam proses pemilihan dan penghitungan suara nantinya. Sehingga akan mendapatkan kepala desa yang jujur, arif dan bijaksana sesuai harapan masyarakat,” ujar Didik.

Adapun titik pemilihan yang ditinjau oleh Danlanal dan Kapolres serta unsur forkopimda terkait lainnya yakni Desa Sungai Raya, Desa Bukit Belah dan beberapa desa lainnya di sekitaran Kecamatan Singkep Barat. Pantauan media ini, pelaksanaan Pilkades Serentak Kabupaten Lingga 2021 ini, berlangsung dengan tetap menerapkan prokes sesuai anjuran pemerintah. (*)

Tags : Pemilihan Kepala Desa, Pilkades Serentak, Daik Lingga, Bupati Daik Lingga Muhammad Nizar Tinjau Pilkades,