Agama   2023/04/28 12:6 WIB

Pemprov Riau Lakukan Persiapan untuk Keberangkatan CJH 2023

Pemprov Riau Lakukan Persiapan untuk Keberangkatan CJH 2023
Calon Jemaah Haji 2023

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Pemerintahan Provinsi Riau (Pemprov Riau) mulai lakukan persiapan untuk permudah pelayanan Calon Jemaah Haji (JCH) tahun 2023.

"Persiapan dan pelayanan untuk pemberangkatan Calon Jemaah Haji (JCH) tahun 2023."

"Jadi sistem ini tujuannya untuk memberikan kemudahan, sehingga juga jamaah haji saat di Arab Saudi nanti tidak menumpuk lagi karena sudah diambil sidik jarinya," kata Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy, Kamis (27/4).

Upaya yang dilakukan di antaranya pembaruan dalam pelayanan kepada CJH.

Ada terdapat beberapa hal-hal baru dalam penanganan haji seperti sistem dokumen aplikasi Bio Visa. Aplikasi ini ada menu untuk melakukan perekaman biometrik, diantaranya perekaman sidik jari, dan wajah. 

Kemudian sistem perekaman bakal langsung terkonfirmasi pada system Ministry of Foreign Affairs (MoFA) yang merupakan milik pemerintah Arab Saudi. Pada prosesnya nanti, aplikasi tersebut bakal memerlukan email aktif guna melakukan perekaman.

Saat ini juga tersedia layanan sistem satu atap selesai di tempat (one stop service) saat jemaah haji tiba di Asrama Haji Embarkasi. Makanya living cost, gelang, dokumen, dan kebutuhan jemaah haji bisa dibagikan langsung di satu tempat.

"Sehingga di dalam kegiatan keberangkatan nantinya tidak menyulitkan. Kemudian, juga dalam pemberian living cost tidak lagi dengan mata uang rial namun mata uang rupiah sebesar Rp 3.030.000," ujar Masrul Kasmy.

Ia menyampaikan, bahwa pada 23 Mei 2023 jemaah haji telah dipersiapkan untuk berada di asrama haji. Kemudian melakukan perjalanan haji pada 24 Mei 2023.

Untuk persiapan di asrama haji saat kedatangan jamaah tanggal 23 Mei. Ada dua kloter yang diperkirakan berada pada jadwal yang bersamaan pada satu kloter dalam satu hari.

Satu kloter berjumlah 374 orang, artinya harus mempersiapkan kapasitas jumlah tempat tidur di asrama haji sekitar 748.

"Jumlah yang tercover saat ini yaitu 741, jadi nanti sisa kekurangan tujuh tempat tidur lagi bakal dicari solusinya," tutupnya. (*)

Tags : calon jemaah haji, pemperov riau lakukan persiapan keberangkatan cjh 2023, calon jemaah haji 2023,