News   2021/02/24 22:38 WIB

Pemprov Usulkan ke Kemendagri Pelantikan Kepala Daerah Secara Langsung

Pemprov Usulkan ke Kemendagri Pelantikan Kepala Daerah Secara Langsung

RIAUPAGI.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau usulkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar pelantikan kepala daerah terpilih pada Pilkada serentak 2020 di Riau dilaksanakan secara langsung.

"Kami sudah buat surat kepada Mendagri. Kami berharap pelantikan bisa secara langsung di Gedung Daerah Riau," sebut Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Rabu (24/2).

Untuk pelantikan kepala daerah terpilih pada Pilkada serentak 2020 sebelumnya dijadwalkan secara virtual, namun Gubri mengaku bahwa pihaknya sudah membuat surat langsung ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. Dimana isinya meminta agar pelantikan bisa dilaksanakan secara langsung. Gubri menyampaikan bahwa surat permintaan Pemprov Riau soal pelantikan kepala daerah secara langsung sepertinya ada tanggapan dari Mendagri. Karena itu, nanti pihaknya akan melakukan rapat untuk kepastian pelantikan tersebut. "Nanti ada rapat bersama Sekda, asisten I, kepala Biro Pemerintahan dan Karo Administrasi Pimpinan Setdaprov Riau dalam rangka membahas pelantikan tersebut," sebutnya.

Menurutnya, jika pelantikan nantinya bisa dilaksanakan secara langsung, lanjut Gubri, jumlah tamu undangannya  akan dibatasi karena kondisi pandemi Covid-19. "Untuk pelantikan akan dibatasi jumlah tamu undangannya, tetapi kami juga beri kesempatan secara virtual untuk para pendukung kepala daerah terpilih agar juga bisa menyaksikan secara langsung proses pelantikannya," katanya.

Gubri menyatakan, ada dua kepala daerah dan wakilnya yang dilantik pada 26 Februari besok, . "Yang jelas baru dua. Bupati Bengkalis dan Wali Kota Dumai yang pasti, sedangkan kepala daerah lainnya belum ada jadwal," ujarnya. (*)

Tags : Pemprov Riau, Kemendagri, Pelantikan Kepala Daerah Secara Langsung,