Internasional   2020/12/15 17:0 WIB

Pemungutan Suara Digelar, Kemenangan Biden-Harris Ditentukan Suara Elektoral

Pemungutan Suara Digelar, Kemenangan Biden-Harris Ditentukan Suara Elektoral

INTERNASIONAL - Pemungutan suara elektoral (electoral college) pemilihan umum Amerika Serikat berlangsung dimuali Senin 14 Desember 2020. Pemungutan suara elektoral ini merupakan bagian dari proses meresmikan kemenangan presiden dan wakil presiden terpilih, Joe Biden dan Kamala Harris, yang berhasil meraih 305 dari total 538 suara elektoral dalam pemilu 3 November lalu.

Berdasarkan konstitusi AS, pemungutan suara elektoral digelar pada Senin pertama setelah Rabu kedua pada Desember. Jangka waktu antara hari pemilu dan pemungutan suara elektoral itu memungkinkan setiap negara bagian untuk menyelesaikan jika ada masalah atau sengketa soal hasil pemilu. Sejak pemungutan suara awal November lalu, seluruh 50 negara bagian AS dan Distrik Columbia telah mengesahkan hasil pemilu di masing-masing daerah dan menentukan para pemilih elektoral.

Sebagian besar pemilih elektoral tidak diketahui publik secara luas. Namun, tokoh-tokoh dan pejabat besar AS kerap ditunjuk menjadi pemilih elektoral. Pada pemungutan suara elektoral kali ini para pemilih dari negara bagian terdaftar dalam dokumen yang diunggah oleh Arsip Nasional AS. Para pemilih elektoral itu lalu akan menyumbangkan suaranya kepada calon presiden yang berhasil memenangkan pemungutan suara di negara bagian masing-masing. Menurut undang-undang dasar federal AS tidak ada yang mewajibkan seorang pemilih elektoral untuk mendukung kandidat yang memenangkan negara bagian mereka. Namun, ada hukuman atau sanksi denda jika pemilih elektoral menyumbangkan suara yang berbeda dari hasil penghitungan suara negara bagiannya.

Mahkamah Agung pada Juli lalu mengesahkan undang-undang bagi "pemilih yang tidak setia". Hal itu dilakukan setelah mendapati sepuluh pemilih elektoral yang tidak setia dalam pemilu 2016. Para pemilih elektoral dari setiap negara bagian lalu akan bertemu di daerah masing-masing pada hari ini untuk menyumbangkan suaranya. Dikutip CNN, para pemilih elektoral bertemu berbeda di setiap negara bagian. Pada umumnya, pemungutan suara elektoral berlangsung di masing-masing gedung legislatif atau kantor gubernur negara bagian.

Pertemuan pemilih elektoral di setiap negara bagian dijadwalkan berlangsung antara pukul 10.00 waktu AS. Para pemilih elektoral akan menyumbangkan suara mereka dengan mengisi dan menandatangani sejumlah dokumen sertifikasi pemilihan. Setelah melakukan pemungutan suara elektoral, suara-suara itu akan dikirim ke Washington dan dihitung oleh Kongres pada 6 Januari mendatang. (*)

Tags : Pilpres AS, Pemungutan Suara Elektoral, Digelar, Joe Biden-Kamala Harris,