Pendidikan   2023/06/29 21:58 WIB

Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat SMA Negeri di Riau Membludak, 'yang Sekarang Sudah Masuk Proses Verifikasi dan Rekonsiliasi'

Penerimaan Peserta Didik Baru Tingkat SMA Negeri di Riau Membludak, 'yang Sekarang Sudah Masuk Proses Verifikasi dan Rekonsiliasi'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA Negeri sederajat di Riau sudah berakhir pada Senin 26 Juni 2023 lalu.

"Penerimaan peserta didik baru tingkat SMA Negeri di Riau membludak."

"Untuk proses pemilihan sekolah pada PPDB tingkat SMA sederajat di riau tahun ini sudah berakhir pada senin kemarin," kata Dr Kamsol, Kadisdik Riau, Kamis (29/6).

Tercatat ada sekitar 84.964 calon siswa yang berhasil mendaftar. Kamsol menuturkan, untuk pengumuman peserta didik baru atau pengumuman akhir kelulusan calon peserta didik di sekolah yang dituju dilakukan setelah proses verifikasi dan rekonsiliasi yang dijadwalkan pada 1 Juli 2023 mendatang.

"Selanjutnya calon siswa yang dinyatakan lulus pada pengumuman peserta didik baru, dapat melakukan daftar ulang di sekolah yang dituju mulai tanggal 10-12 juli," sebutnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Disdik Riau, jumlah calon siswa yang melakukan aktivasi akun untuk PPDB tingkat SMA sederajat tahun ini 75.725 orang. Namun, dari jumlah tersebut yang berhasil mendaftar sebanyak 84.964 orang.

Dari jumlah tersebut yang sudah berhasil mendaftar untuk tingkat SMA sebanyak 55.208 orang dan tingkat SMK sebanyak 29.756 orang. Sedangkan daya tampung sekolah negeri di Riau sebanyak 92.214 siswa.

"Dari jumlah pendaftar PPDB tersebut, yang terbanyak memang di pekanbaru yakni mencapai 13.444 orang. Sementara daya tampungnya hanya 9.020 orang. Jadi untuk di pekanbaru memang sudah melebihi daya tampung," pungkasnya. (*)

Tags : penerimaan peserta didik baru, ppdb tingkat sman, Riau, penerimaan siswa baru membludak,