Internasional   2021/01/19 18:16 WIB

Persiapan Pelantikan Biden Ditunda Karena Gangguan Keamanan

Persiapan Pelantikan Biden Ditunda Karena Gangguan Keamanan
Pasukan Garda Nasional di seputar Gedung Capitol.

INTERNASIONAL - Kompleks Gedung Capitol di Washington DC sempat ditutup sebentar, dua hari sebelum Joe Biden dilantik sebagai presiden Amerika Serikat.

Polisi mengatakan mereka sempat menutup Gedung Capitol untuk berjaga-jaga setelah para saksi mata melaporkan asap di dekat kompleks gedung Kongres itu. Kebakaran terjadi beberapa blok dari area itu. Kejadian itu terjadi di tengah persiapan untuk gladi bersih pelantikan Biden. Gedung Kongres Amerika Serikat ini diserbu massa pendukung Donald Trump pada 6 Januari lalu, dan menyebabkan lima orang meninggal.

Seperti dirilis CNN ada pengumuman darurat dan persiapan pelantikan Biden dihentikan sementara. Keamanan ketat diberlakukan dengan dikerahkannya pasukan Garda Nasional. Para saksi mata melaporkan ada asap di dekat Capitol. Dinas pemadam kebakaran Washington DC mengatakan mereka segera datang setelah menerima laporan kebakaran dan masalah telah diatasi.

Edaran yang dibagikan di Gedung Capitol menyebutkan kompleks ditutup dan tidak ada orang yang dizinkan keluar atau masuk. Tidak ada ancaman bagi publik, kata para pejabat setelah blokade hari Senin. Kongres saat ini sedang reses.

Keamanan diperketat setelah sejumlah perusuh menyerbu Capitol dua pekan lalu. National Mall - taman lanskap di sekitar kompleks - telah ditutup, juga sejumlah jalan utama. Pagar telah dipasang di sekitar Gedung Putih. Gladi bersih pelantikan yang dijadwalkan Senin telah ditunda satu kali dengan alasan keamanan. Seluruh 50 negara bagian AS dan District of Columbia (DC) waspada terhadap kemungkinan protes yang diikuti kekerasan.

FBI telah memperingatkan kemungkinan protes bersenjata oleh kelompok pro-Trump di seluruh gedung DPRD negara bagian. Begitu ia dilantik, Biden akan mengeluarkan perintah eksekutif untuk membatalkan larangan perjalanan Presiden Trump dan bergabung kembali dengan kesepakatan iklim Paris. Presiden terpilih juga diharapkan fokus pada penyatuan kembali keluarga yang terpisah di perbatasan AS-Meksiko, dan untuk mengeluarkan mandat tentang Covid-19 dan menerapkan kewajiban menggunakan masker.

Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris akan mengambil sumpah di depan gedung Capitol, menghadap National Mall. Biasanya ratusan ribu orang akan berada di sana untuk menyaksikan momen penting di Amerika itu. Namun, akibat pandemi virus corona dan masalah keamanan, jumlah kerumunan orang sangat dibatasi tahun ini. Setelah dilantik, Biden akan memberikan pidato pengukuhan, menetapkan agenda untuk masa jabatannya.

Ada pembacaan puisi dalam upacara itu, juga Ikrar Kesetiaan, dan doa. Lady Gaga akan menyanyikan lagu kebangsaan, dan akan ada pertunjukan musik oleh Jennifer Lopez. Seorang tokoh terkemuka akan jadi perhatian karena tak hadir: Trump. Ia mengatakan tidak akan menghadiri pelantikan. Pada hari Senin, Ibu Negara Melania Trump menuliskan pesan perpisahan yang meminta orang Amerika untuk "memimpin dengan memberi contoh".

Biasanya ibu negara akan menyambut penggantinya dengan mengundangnya untuk berjalan-jalan ke kamar pribadi di Gedung Putih. Namun, Melania Trump disebut akan menentang tradisi itu, suatu hal yang dianggap menghina istri presiden terpilih, Jill Biden. Tom Hanks akan menyelenggarakan acara TV pada malam tanggal 20, dengan pertunjukan oleh Justin Timberlake dan Bon Jovi. Tim perencana pelantikan Biden telah menetapkan hari sebelum pelantikan sebagai peringatan nasional bagi nyawa yang hilang karena Covid-19.

 

Tags : Presiden Terpilih Joe Biden, Persiapan Pelantikan Presiden AS, Pelantikan Presiden Ditunda Ada Gangguan Keamanan,