Indragiri Hulu   2024/06/15 10:2 WIB

Pertamina EP Lirik Gencar Rimbunkan Daerah Aliran Sungai Indragiri dengan Tanam 1000 Pohon Aren

Pertamina EP Lirik Gencar Rimbunkan Daerah Aliran Sungai Indragiri dengan Tanam 1000 Pohon Aren
Pihak Pertamina EP Lirik bersama sejumlah stakeholder menanam pohon jenis aren di pinggir Sungai Indragiri, Selasa (11/6/2024).

INDRAGIRI HULU, RIAUPAGI.COM - Pertamina EP Lirik menggandeng berbagai stakeholder dalam upaya merimbunkan kembali daerah aliran sungai [DAS] Indragiri Hulu [Inhu], Riau.

"Pertamina EP Lirik rimbunkan daerah aliran sungai Indragiri."

"Banyak manfaat dari pohon aren. Akarnya yang kuat berfungsi menstabilkan tanah dan mencegah erosi atau longsor. Kelak hasil dari pohon aren juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat," kata Officer Comrel & CID Zona 1, Renita Yulia Kuswindriati, Jumat.

Ada sebanyak 1.000 bibit pohon aren ditanam bersama pemerintah desa di Desa Japura, Desa Pasir Ringgit, dan Desa Pasir Sialang Jaya yang wilayahnya dialiri sungai Indragiri.

Ketiga desa ini berada di wilayah Kecamatan Lirik, yang menjadi desa sekitar wilayah kerja Pertamina EP Lirik, sebutnya.

Pertamina EP Lirik juga memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga kelestarian DAS. Hal ini sangat relevan mengingat baru-baru ini DAS Batang Kuantan, sebutan Sungai Indragiri sempat mengalami banjir akibat luapan sungai.

Renita Yulia Kuswindriati menjelaskan, DAS menyebutkan area penting untuk pengendalian banjir dan konservasi air.

Renita juga menyatakan, kegiatan penghijauan ini adalah bagian dari komitmen dan kepedulian Pertamina terhadap lingkungan, yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan [SDG's] poin 13 [Penanganan Perubahan Iklim] dan poin 15 [Ekosistem Daratan].

Sementara itu, Kadus Desa Pasir Ringgit, Asril Daulay menyambut baik inisiatif penghijauan dari Pertamina EP Lirik.

Menurutnya, dengan edukasi dan penanaman pohon yang dilakukan secara gotong royong, masyarakat menjadi lebih terbuka wawasannya dan lebih terlibat dalam menjaga lingkungan.

"Terimakasih kepada pertamina EP lirik yang rutin mengajak kami untuk memberikan edukasi pentingnya merawat lingkungan hidup, terutama pada DAS," tuturnya.

"Penanaman ini menjadi solusi karena setelah terendam banjir awal tahun lalu, banyak pohon mati," sambungnya.

Pertamina EP Lirik, sebagai bagian dari Sub Holding Upstream Pertamina Hulu Rokan [PHR] Regional 1 Zona 1, terus berupaya memberi kontribusi serta mengajak pemerintah dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hidup. Konsep ini sejalan dengan Environmental, Social, dan Governance [ESG]. (rilis)

Tags : pertamina, pertamina ep lirik, menanam pohon, pertamina rimbunkan daerah aliran sungai, das indragiri, pertamina tanam 1000 pohon aren di inhu,