Riau   2024/05/05 20:16 WIB

Pj Gubri Takjub Kemeriahan Gernas BBI BBWI yang Mampu Capai Transaksi Rp65 Miliar

Pj Gubri Takjub Kemeriahan Gernas BBI BBWI yang Mampu Capai Transaksi Rp65 Miliar

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Transaksi Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada acara Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBI-BBWI) Riau tahun 2024, mencapai Rp850 juta.

"Dua hari berjalan Gernas BBI BBWI mampu capai transaksi Bazar UMKM Rp850 juta."

"Sejak mulai dibukanya bazar UMKM hari jumat lalu, dan sabtu ini, jumlah transkasi luar biasa cukup bagus mencapai Rp850 juta," kata Kadisperindagkop dan UMKM Riau, Taufik OH.

Taufik OH mengatakan, transaksi tersebut merupakan hasil penjualan berbagai macam produk lokal, baik dari lokal Riau maupun dari daerah lain.

"Tentunya ini tidak terlepas dari penjualan produk lokal dari 308 UMKM yang mengisi booth bazar yang kita buka secara gratis," sambungnya.

Transaksi ini, kata Taufik akan terus bertambah hingga hari terakhir pelaksanaan BBI/BBWI. Sesuai dengan target yang telah ditetapkan Pemerintah pusat mencapai Rp50 Miliar.

"Tahun lalu transaksi mencapai Rp65 miliar. Insha Allah tahun ini bisa mencapai target, kalau dilihat dari penyelenggaraan BBI/BBWI ini," jelasnya.

Dijelaskannya, per tanggal 1 Mei 2024, e-katalog produk Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Provinsi Riau telah menyentuh angka Rp1,17 triliun. Sementara untuk transaksi UMKM sudah Rp10 miliar per tanggal 1 Mei.

"Artinya hingga harvesting pada 23 juni 2024 nanti bisa lebih dari Rp18 miliar," ungkapnya.

Untuk diketahui, total ada sebanyak 308 UMKM mulai dari bidang kuliner, fashion, hingga ekonomi kreatif (Ekraf) hadir menjajakan dagangannya pada bazar tersebut.

Tak hanya itu, beberapa Stakeholder terkait juga turut serta. Diantaranya Kementerian Perhubungan RI, Bank Indonesia Perwakilan Riau, Otoritas Jasa Keuangan Riau, Bank BRI, serta Pemerintah Kabupten/Kota se-Provinsi Riau.

Sementara Pj Gubri SF Hariyanto merasa takjub dengan kemeriahan Gernas BBI-BBWI dan Lancang Kuning Carnival. Antusiasme masyarakat Riau memeriahkan.

"Kita menyaksikan saat pembukaan sangat ramai, puluhan ribu orang yang hadir tadi malam," ujar SF Hariyanto, Minggu (5/5/2024).

Pj Gubri mengungkapkan kekagumannya atas partisipasi puluhan ribu orang dari dalam dan luar Provinsi Riau dalam acara yang disiarkan langsung oleh TVOne dan RiauTV.

Hariyanto menjelaskan, pada tahun 2023 lalu, Riau telah menjadi tuan rumah yang sukses untuk Gernas BBI dan BBWI, memperoleh penghargaan sebagai yang terbaik di tingkat nasional.

"Alhamdulillah pada saat BBI dan BBWI 2023 terjadi transaksi Rp65 miliar yang terdiri dari pengadaan barang dan jasa untuk produksi dalam negeri sebesar Rp47 miliar dan transaksi UMKM sebesar Rp18 miliar," tambahnya.

Karena capaian yang gemilang itu, Riau kembali dipilih sebagai tuan rumah untuk BBI dan BBWI.

Acara ini digabungkan dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan Lancang Kuning Carnival 2024.

Saat pembukaan Gernas BBI dan BBWI, Pj Gubernur Riau juga bangga melihat partisipasi kepala OPD Riau Forkopimda serta Bupati/wali kota dalam fashion show pesona wastra nusantara.

"Kita memiliki kekompakan dan kedekatan yang sangat luar biasa. Di sisi lain, kita juga memperkenalkan batik riau yang tidak kalah bagus dengan daerah-daerah lain di tingkat nasional," ungkap Hariyanto.

Gernas ini menampilkan 123 stan UMKM yang disiapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Stan bazar tersebut diberikan secara gratis kepada UMKM yang lolos seleksi. Ada tiga kategori, yakni fashion, ekraf, herbal, dan pangan (basah dan kering). (*)

Tags : Pj Gubri SF Hariyanto, Kemeriahan Gernas BBI BBWI, Capai Transaksi Rp65 miliar ,