Pekanbaru   2022/06/10 14:18 WIB

Pj Walikota Pekanbaru Minta Camat Hingga RT Bergerak, 'Ikut Lihat-Awasi Drainase yang Hancur'

Pj Walikota Pekanbaru Minta Camat Hingga RT Bergerak, 'Ikut Lihat-Awasi Drainase yang Hancur'
Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

PEKANBARU - Pj Walikota Pekanbaru Muflihun minta Camat hingga RT/RW ikut mengawasi drainase untuk penanganan banjir saat Pemko Pekanbaru masih melakukan berbagai upaya normalisasi aliran air di drainase hingga sungai.

"Pj Walikota Pekanbaru Muflihun minta Camat hingga RT/RW ikut awasi drainase."

"Karena saya lahir di sini, besar di sini, tentu saya ingin kota ini lebih baik. Kita sudah buat masterplan penanganan banjir, tapi dalam waktu setahun ini belum mungkin rasanya dilaksanakan. Maka untuk langkah cepat adalah normalisasi drainase dan parit jalan," kata Muflihun, Jumat (10/6).

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama jajaran saat ini melakukan normalisasi di beberapa titik rawan banjir. Upaya itu diharapkan dapat mewujudkan Pekanbaru bebas banjir.

Penyelesaian masalah banjir merupakan arahan dari Gubernur Riau. Namun, selain arahan Gubri, dirinya mengakui, menyelesaikan permasalahan banjir juga keinginan dirinya.

Menurutnya, saat ini OPD terkait telah diperintahkan untuk melakukan normalisasi drainase dan parit jalan. Dinas PUPR Pekanbaru pun telah melakukan pengerukan di beberapa drainase dan parit jalan. Mereka mengangkat sedimen yang sudah mulai tinggi.

"Jadi, (normalisasi) ini yang kita bersihkan dulu. Mudah-mudahan ini berhasil. Misalnya banjir yang selama ini 1 meter, saat ini sudah jadi 30 cm. Tapi saya yakin (penyebab banjir) ini semua penyumbatan," sebutnya.

Muflihun berharap kepada camat hingga RT/RW agar dapat melakukan pengawasan terhadap drainase di wilayah masing-masing.

"Bantu awasi drainase yang tersumbat, yang menjadi banjir. Camat dan lurah bisa imbau masyarakat agar banjir bisa teratasi secara bertahap," pungkasnya. (rp.sul/*)

Tags : Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, Camat Hingga RT Ikut Awasi Drainase, Atasi Banjir,