Pendidikan   2023/05/30 20:8 WIB

PPDB Online SD dan SMP Negeri di Pekanbaru akan Dimulai 26 Juni 2023

PPDB Online SD dan SMP Negeri di Pekanbaru akan Dimulai 26 Juni 2023

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru akan memulai Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023 untuk SD dan SMP Negeri tanggal 26 Juni 2023.

"Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2023 untuk SD dan SMP Negeri akan dimulai 26 Juni 2023."

"Yang secara online hanya PPDB SMP negeri, sedangkan yang SD negeri tidak," kata Kadisdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal pada wartawan, Selasa (30/5).

PPDB tahun ajaran 2023-2024 akan dimulai akhir Juni mendatang. Para wali murid yang akan mendaftarkan anaknya di sekolah negeri agar mempersiapkan segala persyaratannya.

Ia menuturkan, pada PPDB tahun ini, untuk siswa SMP akan menerapkan sistem online. Sementara untuk siswa SD bisa langsung ke sekolah yang bersangkutan.

Sesuai surat edaran dari Kemendikbud RI, sistem PPDB tahun masih mengutamakan sistem zonasi. Ada tiga jalur dalam PPDB kali ini, yakni jalur zonasi bagi masyarakat setempat, jalur affirmasi bagi masyarakat miskin, jalur pindah luar kota dan jalur prestasi.

Selain itu, ada juga jalur Hafidz Quran bagi peserta didik yang hendak masuk SMP Negeri. Mereka yang hafal dua hingga lima juz disarankan Disdik agar bisa diterima di SMP Negeri pilihannya.

"Bisa diterima langsung di SMP negeri, kalau dia memang Hafidz Quran, dua atau lima juz," sebutnya.

Ia juga menyebut, kuota dalam PPDB di SD negeri maupun di SMP negeri ada penurunan.

"Jumlahnya masih kita hitung secara rinci, apalagi ada dua SMP baru, yang bakal menerima peserta didik baru," ujarnya.

Dirinya mengatakan, saat ini segera memasuki tahap sosialisasi kepada calon peserta didik. Pihaknya segera menyampaikan tautan untuk PPDB tingkat SMP Negeri. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : penerimaan peserta didik baru, ppdb online, ppdb sd dan smp, ppdb sd dan smp dimuali 26 juni 2023,