Csr   2022/11/03 18:24 WIB

PT Gandaerah Hendana Salurkan CSR, 'Guna Tanggung Jawab Sosial dan Mendukung Pembangunan Bangsa' 

PT Gandaerah Hendana Salurkan CSR, 'Guna Tanggung Jawab Sosial dan Mendukung Pembangunan Bangsa' 
PT Gandaerah Hendana salurkan CSR untuk pembangunan Masjid.

PT GANDAERAH HENDANA, perusahaan perkebunan sawit yang beroperasi di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hulu, Riau telah memberikan kontribusi menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) menyertakan masyarakat luas, untuk selalu terlibat dalam berbagai aksi nyata pembangunan lingkungan dan sosial masyarakat.

"Kegiatan CSR dilakukan perusahaan perkebunan kelapa sawit, memiliki tujuan umum guna meningkatnya kesejahteraan lingkungan dan sosial masyarakat," kata Muhklisin,Wakil General Manager PT Gandaerah Hendana dalam bincang-bincangnya melalui ponselnya, Rabu (3/11) kemarin.

PT Gandaerah Hendana peduli sosial

Menurutnya, kegiatan CSR demi terjaganya kelestarian alam, juga banyak dilakukan melalui perlindungan dan konservasi alam, seperti menjaga keberadaan satwa langka, melestarikan nilai konservasi hayati tinggi, melestarikan hutan alam dan sebagainya.

"Kegiatan CSR demi kesejahteraan sosial, selain kesejahteraan tenaga kerja, juga pengembangan kehidupan sosial, pendidikan dan peningkatan ekonomi, supaya kesejahteraan hidup masyarakat menjadi lebih maju dan berkembang," katanya.

Berbagai pola kegiatan CSR yang banyak dilakukan perusahaan perkebunan kelapa sawit memang cenderung masih terbatas dalam lingkup sekitar perkebunan kelapa sawit semata. Tetapi perusahaan PT Gandaerah Hendana telah menjadikan CSR sawit sebagai gerakan nyata perusahaan perkebunan dalam membangun bangsa.

Muhklisin menilai CSR didefinisikan sebagai komitmen dari entitas bisnis atau perusahaan untuk berperilaku etis dan memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi berkelanjutan, "seraya juga meningkatkan kualitas hidup karyawan dan keluarganya, komunitas lokal dan masyarakat luas," sebutnya.

Perusahaan ini menerapkan program CSR melalui berbagai bentuk implementasi yang berasal dari konsep tata kelola perusahaan yang baik (Good Corporate Governance/GCG).

PT Gandaerah Hendana peduli warga yang terdampak Covid-19 dengan bantu paket sembako di Ukui Kerumutan

"Program CSR juga menjadi investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan dan keberlanjutan di masa mendatang."

Kegiatan CSR yang dipandang sebagai beban biaya (cost centre), lantaran berbagai program CSR yang dikembangkan selalu membutuhkan biaya dengan besaran tertentu tetapi biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan diharapkan bisa diraih keuntungan di masa depan.

Muhklisin menilai pentingnya kepedulian sosial ini dan terlibat secara aktif lantaran, CSR dapat dijadikan sebagai peran strategis perusahaan untuk menjaga keberlangsungan perusahaan sebagai bagian dari manajemen resiko untuk membentuk jejaring pengaman sosial (social security).

"Ini menyangkut reputasi dan meningkatkan citra perusahaan kepada pemerintah, masyarakat dan pemegang sahamnya,"sebutnya.

Perusahaan salurkan CSR

Belakangan PT Gandaerah Hendana gelontorkan dana CSR di Pelalawan berbagai sumbangsih pembangunan bagi daerah.

Tahun 2022 ini perusahaan menjalankan program Pemkab Pelalawan di bidang pendidikan.

Nilainya tidak tanggung tanggung sebesar Rp 200 juta untuk pembangunan beberapa sekolah yang berada di Kecamatan Kerumutan dan Kecamatan Ukui.

"Tahun ini di bidang pendidikan, untuk Pelalawan kita gelontorkan dana senilai Rp 200 juta, untuk pembangunan sejumlah sekolah baik di Kecamatan Kerumutan maupun Kecamatan Ukui," kata Kepala Humas PT Gandaerah Hendana, Randa Trianto SH didampingi kepala bagian CSR, Azkar pada media, Jumat (18/2) lalu.

"Untuk diketahui total bantuan pendidikan kita alokasi Rp 400 juta, akan tetapi kita bagi, sebagian untuk Kabupaten Inhu," sambuungnya.

Randa menyebutkan, di bidang sarana fasilitas umum seperti jalan, perusahaan juga membangun sepanjang 0,5 kilometer.

"Memang tahun ini, kita diminta oleh pemda membangun jalan, sepanjang 3,5 kilo, akan tetapi mengingat budget tidak memungkinkan dengan kebun kita yang berada di Kecamatan Kerumutan seluas 900 hektar. Jadi kita terus terang hanya menyanggupi 0,5 kilometer dengan budget anggaran Rp 2,9 miliar," ucapnya, seraya mengatakan bahwa total luas lahan di Pelalawan 6.700 hektar.

Setiap Ramadhan PT Gandaerah Hendana salurkan Paket sembako pada warga kurang mampu.

Sepanjang beberapa tahun terakhir, kata Randa, PT Gandaerah Hendana juga telah berupaya menyisikan sebagian dari keuntungan untuk kepentingan masyarakat Pelalawan. Tentunya, kata dia melalui program CSR. Bantuan itu, meliputi rehab tempat ibadah seperti masjid, bantuan bibit ikan, bantuan pertanian, termasuk di bidang kesehatan.

Jadi perusahaan dua daerah ini tetap komit dan siap memberikan kontribusi bagi pemerintah, Kabupaten Pelalawan maupun Indragiri Hulu sesuai dengan amanat Undang-Undang. (*)

Tags : PT Gandaerah Hendana, Perusahaan Sawit, Tanggung Jawab Sosial, Perusahaan Mendukung Pembangunan Bangsa, PT Gandaerah Hendana Salurkan CSR, Corporate Social Responsibility ,