Headline Internasional   2021/04/15 21:47 WIB

Puasa Ramadan Diberbagai Belahan Dunia, Jalankan 'Ritual' Ditengah Pandemi

Puasa Ramadan Diberbagai Belahan Dunia, Jalankan 'Ritual' Ditengah Pandemi

 INTERNASIONAL - Jutaan umat Islam di berbagai penjuru dunia — Israel, Bosnia, Irak, hingga Indonesia —menjalani awal Ramadan dengan berbagai ritual di tengah pandemi Covid-19.

Ini adalah Ramadan kedua yang jatuh selama pandemi virus corona, yang artinya sebagian menjalaninya di tengah pembatasan agar tak terpapar. Berikut adalah foto-foto dari seluruh dunia yang memperlihatkan hari pertama Ramadhan dirilis BBC.

Di pelataran Masjid Al-Aqsa di kota tua Yerusalem, Israel, umat Islam menggelar tarawih pertama, 12 April 2021, sekaligus penanda sebagai awal puasa Ramadan. Di kota tua Yerusalem, seorang polisi Israel dan penjaga perbatasan tengah berbicara dengan kasir, ketika seorang pria Palestina sedang membuat makanan tradisional, 12 April.

Makanan tradisional bernama "qatayef" merupakan kuliner populer selama bulan suci Ramadhan. Di salah-satu lorong di sebuah pasar di kota tua Yerusalem, Israel, tiga perempuan muda menikmati makanan di malam pertama Ramadan.

Seorang pria Palestina menggantung lampu berbentuk bulan sabit dan bintang di dekat kompleks Masjid Aqsa, situs suci ketiga bagi umat Islam, di kota tua Yerusalem, 12 April 2021.

Tradisi membuat dan memasang benda-benda seperti ini menandai hari pertama bulan suci Ramadan. Masyarakat muslim di Sarajevo, Bosnia-Hersegovina, membunyikan meriam sebagai penanda mulai berlangsungnya bulan Ramadan, 12 April 2021.

Pemandangan di dalam masjid di Sarajevo, Bosnia-Herzegovina, 12 April 2021, menjelang Ramadan di tengah pandemi virus corona. Di Bosnia, praktek salat Tarawih secara berjamaah tidak diperkenankan untuk mencegah penyebaran virus. 

Di ibu kota El Salvador, San Salvador, dua orang perempuan Muslim berkumpul untuk berbuka puasa bersama sekaligus melaksanakan salat tarawih pertama, 13 April 2021. Di Yogyakarta, dua orang menunggu waktu buka puasa dengan mengantri membeli minuman segar di salah-satu sudut kota tersebut, 13 April 2021.

Di Aceh, dua pria Muslim tengah istirahat usai salat di masjid Al Makmur di Banda Aceh pada hari pertama puasa Ramadan, 13 April 2021. Seorang pria memotret dua anaknya yang berpose di hiasan berbentuk bulan sabit di sebuah mal di Dubai, Uni Emirat Arab di hari pertama Ramadan. 

Dua orang pekerja di Najaf, Irak, sedang memasang hiasan berbentuk lampu lentera sebagai persiapan menyambut bulan Ramadan, 12 April 2021. Dua bocah berpose di salah-satu sudut di kota tua Mosul, Irak, menyambut hari pertama Ramadan, 13 April 2021.

Di Washington, Amerika Serikat, 13 April 2021, umat Muslim menjalani tarawih pertama di bulan Ramadan, 13 April 2021.  Di sebuah pasar tradisional di kota Barishal, Bangladesh, warga Muslim mengelilingi penjual sayuran di hari pertama Ramadhan, 13 April 2021. Di Ibu kota Thailand, Bangkok, umat Muslim menggelar tarawih pertama sebagai penanda dimulainya puasa Ramadan, 13 April 2021. (*)

Tags : Puasa Ramadan, Ramadhan Diberbagai Belahan Dunia, Jalankan Ritual Ditengah Pandemi,