Headline News Kota   2023/05/25 8:15 WIB

Puluhan Warga di Rumbai Tolak Ganti Rugi Rp80 Ribu per Meter untuk Pembebasan Lahan Tol

Puluhan Warga di Rumbai Tolak Ganti Rugi Rp80 Ribu per Meter untuk Pembebasan Lahan Tol
Jalan Tol yang menghubungkan Tol Pekanbaru-Dumai dan Bangkinang.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Puluhan warga di Jalan Damai, Kelurahan Palas, Kecamatan Rumbai, menolak nilai ganti rugi tanah lalan Tol yang menghubungkan Pekanbaru-Dumai dengan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

"Warga tolak pembebasan lahan Tol Rp80 ribu per meter."

"Itu hasil apraisal, jadi kita rapatkan dengan kementerian, Kantor Staf Kepresidenan (KSP). Jadi, itu nanti hasil appraisalnya akan kita coba dibahas lagi di KSP, nanti KSP berjanji akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pekanbaru, Indra Pomi Nasution pada wartawan, Selasa (23/5).

Rencananya, pembangunan Tol ini akan dimulai Juni 2023 mendatang. Tetapi besaran ganti rugi yang disampaikan tim penaksir harga tanah (Appraisal) disodorkan hanya Rp80 ribu per meter.

Ada 85 warga yang menolak harga ganti rugi tanah itu. Mereka menilai harga yang disodorkan sangat jauh dari harapan mereka seperti yang disodorkan kepada warga masih hasil appraisal.

Namun Indra Pomi menilai, harga ganti rugi yang disampaikan masih appraisal dan masih bisa dinegosiasikan dengan masyarakat. Menurutnya, dari hasil appraisal dan masyarakat pasti akan ada titik temunya.

"Iya tu kan masih negosiasi ya, namanya juga harga hasil appraisal. Nanti kan dinegosiasikan dengan masyarakat, nanti pasti ada titik temunya di harga berapa, gitu," katanya.

Dikatakannya, masyarakat boleh saja tidak setuju dengan harga yang diberikan. Ia menyebut, pemerintah akan memberikan alasan-alasan sesuai dengan hasil appraisal.

"Jadi masyarakat boleh saja dia tidak setuju segini, nanti pemerintah akan memberikan alasan-alasan sesuai dengan hasil appraisal, sampai ditemukan titik temu harga yang cocok ke masing-masing pihak," ungkapnya.

Pihaknya juga akan membicarakan dengan masyarakat di lokasi itu, untuk mengetahui pengalaman masyarakat jual beli di lokasi itu.

"Batas harganya kira-kira sekian, tapi nanti tetap dibicarakan dengan masyarakat. Pengalaman masyarakat jual di situ, nanti akan disepakati. Kemarin waktu rapat dengan KSP, KSP akan mempelajari itu, nanti KJPP akan diundang oleh KSP dan akan diberikan solusi-solusi terbaik," sebutnya. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : jalan tol, pembangunan jalan tol, puluhan warga tolak ganti rugi lahan tol, warga rumbai tolak ganti rugi lahan tol, pekanbaru, news kota,