Internasional   2021/04/17 22:26 WIB

Rakyat Inggris ucapkan perpisahan pada Pangeran Philip Duke of Edinburgh

Rakyat Inggris ucapkan perpisahan pada Pangeran Philip Duke of Edinburgh

INTERNASIONAL - Ratu Elizabeth II memimpin keluarganya - dan rakyat Inggris - dalam proses pemakaman suaminya, Duke of Edinburgh, di dalam kompleks Kastil Windsor.

Sekumpulan kecil anggota keluarga kerajaan - termasuk empat anak Ratu dan dua cucunya, Pangeran William dan Pangeran Harry - berjalan dalam prosesi di belakang peti jenazah mendiang Pangeran Philip. Peti tersebut dibawa dari bagian dalam kastil menuju Kapel St George menggunakan mobil Land Rover yang dirancang sendiri oleh mendiang.

Mengheningkan cipta selama semenit diadakan pada pukul 15.00 waktu setempat, sesaat sebelum kebaktian digelar. Seluruh bagian upacara pemakaman diselenggarakan di dalam kompeleks kastil dan masyarakat diinta tidak berkumpul di sana atau di kediaman anggota keluarga kerajaan lainnya. Ratusan orang menyaksikan ketika para personel the King's Troop Royal Horse Artillery berbaris menuju Gerbang Cambridge di Kastil Windsor pada tengah hari.

Seperti dirilis BBC, puluhan penunggang kuda yang memakai seragam emas dan merah tampak membawa tiga senjata. Para anggota resimen tersebut melepaskan tembakan di pekarangan bagian timur Kastil Windsor ketika peti jenazah Pangeran Philip dibawa dari kastil menuju kapel. Sejumlah anggota masyarakat telah berada di sekitar Kastil Windsor untuk menyampaikan belasungkawa, namun secara keseluruhan kawasan itu sepi lantaran pengetatan keamanan.

Sebelum tutup usia, Duke of Edinburgh telah memilih beragam ornamen dan tanda-tanda kehormatan yang ditampilkan di altar Kapel St George, Kastil Windsor, saat proses pemakaman berlangsung. Berbagai medali dan tanda kehormatan yang diberikan oleh Kerajaan Inggris dan negara-negara Persemakmuran ditempatkan pada sembilan bantal. Di antara medali-medali tersebut, ada medali dari Denmark dan Yunani guna melambangkan latar belakangnya sebagai pangeran Yunani dan Denmark.

Tags : Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, Rakyat Inggris ucapkan perpisahan Pangeran Philip,