Headline Sorotan   2020/10/23 17:59 WIB

Remaja Paling Rawan Terpapar Covid-19

 Remaja Paling Rawan Terpapar Covid-19

"Ahli Epidemiologi melihat pada usia muda (remaja) paling rawan terpapar Covid-19, kasus positif Covid-19 di Riau berdasarkan golongan umur masih didominasi umur 18 sampai 40 tahun"

Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan Provinsi Riau, jika dilihat dari golongan usia pasien positif Covid-19 ternyata banyak menyerang kalangan muda. Kasus positif Covid-19 di Riau berdasarkan golongan umur masih didominasi umur 18 sampai 40 tahun. Direntang usia ini menduduki usia teratas dengan persentase sebanyak 47,2 persen dengan total kasus sebanyak 5.819 kasus.

Kemudian diurutan kedua adalah usia 40 sampai 60 tahun sebanyak 31,6 persen dengan jumlah kasus mencapai 3.897 kasus. Diurutan ketiga golongan usia 5.18 tahun sebanyak 11,3 persen dengan jumlah kasus sebanyak 1.398 kasus. Paling sedikit digolongan usia diatas 60 tahun sebanyak 6,1 persen dengan jumlah kasus sebanyak 751 kasus. Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan, Jumat (23/10/2020), mengungkapkan, tingginya kasus Covid-19 di usia anak muda, antara 18 sampai 40 tahun bukan sesuatu yang luar biasa.

Sebab direntang usia tersebut memang mobilitas seseorang akan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan gelongan usia di bawah atau di atasnya. Tingginya mobilitas tersebut yang membuat golongan usia ini paling banyak terpapar Covid-19. "Karena mobilitas tinggi di usia itu, kalau usia lanjut atau masih anak-anak kan mobilitasnya rendah, banyak dirumah, makanya jumlah kasus yang paling banyak kalangan muda," ujarnya dirilis mediacenterriau.

Meski di golongan usia ini paling banyak yang terpapar Covid-19, untuk angka kematian justru cenderung lebih kecil jika dibandingkan golongan usia lanjut dan penderita penyakit komorbid atau penyakit penyerta. "Tapi yang mati banyak orang tua dan yang punya komorbid (penyakit penyerta)," katanya. 

Suspek sebagian sudah selesai di isolasi

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengakui kasus positif Covid-19 di Riau berdasarkan golongan umur masih didominasi umur 18 sampai 40 tahun. Dia juga mengungkakan bahwa total keseluruhan kasus supek di Riau selama pandemi ini ada 43.391 orang. Namun, 34.534 orang sudah selesai isolasi. Kasus supek di Provinsi Riau yang sudah selesai menjalani masa isolasi saat ini tercatat ada 34.534 orang. "Dari 43.391 suspek, 34.534 orang diantaranya sudah selesai isolasi, dan 135 meninggal dunia. Sehingga selebihnya yang masih menjalani isolasi 8.722 orang," kata Mimi, Kamis (22/10/2020) kemarin.

Adapun suspek yang diisolasi ini terbagi menjadi dua, yakni suspek yang menjalani isolasi di rumah sakit karena tengah menjalani perawatan sakit lainnya dan suspek yang menjalani isolasi mandiri. "Untuk suspek yang menjalani isolasi mandiri itu ada 8.481 orang. Sedangkan suspek yang isolasi di rumah sakit masih 241 orang," sebutnya.

Sedangkan total keseluruhan kasus suspek di Riau selama pandemi ini tercatat sudah 40.665 orang. Untuk diketahui, suspek merupakan istilah baru untuk penyebutan pasien dalam pengawasan (PDP). Sehingga suspek ini adalah mereka yang terduga atau mengalami gejala Covid-19. Namun belum tentu positif. "Suspek adalah orang dengan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat perjalanan atau tinggal di negara/wilayah Indonesia yang melaporkan transmisi lokal," ujarnya.

Orang dengan salah satu gejala/tanda ISPA dan pada 14 hari terakhir sebelum timbul gejala memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi/probable Covid-19. "Orang dengan ISPA berat atau pneumonia berat yang membutuhkan perawatan di rumah sakit dan tidak ada penyebab lain berdasarkan gambaran klinis yang meyakinkan," tukasnya. (*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : Remaja, Usia Muda, Remaja Rawan Terpapar Covid-19, Riau,