Pekanbaru   2024/05/23 10:31 WIB

Risnandar Mahiwa Pj Walikota Memimpin Kota Pekanbaru, 'Kena Protes dan Dikritik Keras yang Menyengit'

Risnandar Mahiwa Pj Walikota Memimpin Kota Pekanbaru, 'Kena Protes dan Dikritik Keras yang Menyengit'
Pj WaliKota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa SSTP MSi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Kemendagri RI secara resmi menunjuk Risnandar Mahiwa S.STP MSi, menjadi Pj Walikota Pekanbaru menggantikan Muflihun yang habis masa jabatannya.

"Pengunjukkan Risnandar Mahiwa Jadi Pj Walikota Pekanbaru tidak mulus." 

"Kok pusat sepertinya seenaknya saja mengirimkan orang ke sini. Perlu diketahui, Kota Pekanbaru bukan dalam kondisi darurat sekarang. Nggak perlu orang pusat di tempatkan di sini. Kami punya orang-orang terbaik yang diusulkan kemarin. Kenapa tidak digubris," kata anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Ruslan Tarigan, Rabu (22/5).

Sebelumnya, Pemprov Riau mengusulkan tiga nama untuk Pj Wako Pekanbaru yakni, Eva Revita, Emri Juli Arnis, dan Indra Pomi Nasution. Sementara DPRD Pekanbaru mengusulkan Sekretaris DPRD Hambali ke Kemendagri.

Tetapi Ruslan juga sudah mengkhawatirkan, pejabat yang ditunjuk Kemendagri bukan orang lokal Pekanbaru, akan berdampak buruk pada pembelanjaan APBD nantinya.

Kekhawatiran itu muncul, karena alasan sang pejabat tidak tahu seluk-beluk Kota Bertuah ini, juga akan lama tune-nya dengan pejabat kota.

Sementara banyak permasalahan yang belum tuntas, yang perlu diperbaiki dan dikerjakan ke depannya. Belum lagi nanti akan ada biaya perkenalan selama tiga bulan, yang diambil dari APBD.

"Masalah sampah yang masih amburadul, jalan rusak, banjir dan persoalan yang menyentuh masyarakat lainnya. Kalau pejabat luar dengan waktu sedikit menjabat, patut kita pertanyakan sistem kerjanya," kata Ruslan.

"Apa pula jaminannya, jika tidak terlaksana. Karena setelah menjabat, dia pergi tanpa rasa bersalah. Apa hebatnya pejabat pusat itu," sebutnya.

"Apalagi selama ini, Kota Pekanbaru belum pernah dipimpin Pj pejabat dari luar Pekanbaru, Riau. Mulai dari Pak Syamsurizal, Pak Edwar Sanger dan terakhir dua kali Pak Muflihun. Ini harus kami ingatkan. Kita punya daerah, kok mau diatur pusat seenaknya" tuturnya.

Penunjukan Risnandar, sesuai salinan SK No:100.2.1.3.1122 Tahun 2024, yang diteken Plh Kabiro Umum Kemendagri, Evan Nur Setya Hadi, tertanggal 20 Mei 2024.

Dengan dikeluarkannya nama Risnandar Mahiwa S STP MSi, menjadi Pj Walikota Pekanbaru "menolak" tiga nama yang telah diajukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan satu nama yang diajukan DPRD Pekanbaru.

Atas keputusan tersebut, Ruslan Tarigan menilai kota Pekanbaru memiliki sosok kepala daerah yang masih bisa dihandalkan dan lebih mengetahui kondisi masyarakat kota bertuah, namun tidak digubris oleh Kementerian.

Mendagri lebih memilih sosok Pj dari pemerintah pusat. Selain tidak ada ikatan emosional dengan pejabat Pemko Pekanbaru, juga akan mulai pekerjaan di kota ini dari nol.

Belum lagi Risnandar sendiri selama jadi ASN, belum pernah bertugas di Kota Pekanbaru, bahkan di Riau. Tentunya ini terkesan mengabaikan kepentingan daerah. (*)

Tags : Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, Pj Walikota Pekanbaru dari Pusat, Pj Walikota Kena Protes, Kepemimpinan Risnandar Mahiwa Diregukan,