Headline Sorotan   2021/08/24 14:12 WIB

Samphire Tanaman Kaktus, Berkhasiat 'Bisa Menyembuhkan Penyakit Kudis'

Samphire Tanaman Kaktus, Berkhasiat 'Bisa Menyembuhkan Penyakit Kudis'
Samphire dapat ditemukan di sekitar Inggris, tetapi yang terbaik dianggap tumbuh di dataran lumpur pasang surut yang luas di Norfolk.

"Tanaman berkhasiat sejenis kaktus Samphire yang tumbuh di pinggir pantai dianggap dapat menyembuhkan penyakit kudis pada pelaut"

anaman Samphire banyak dijumpai di Inggris. Dahulu, tanaman ini digunakan sebagai bahan pembuat kaca, hingga dikenal sebagai asparagus orang miskin. Pada bulan Juli di Norfolk utara, Inggris, jalanan pantai sibuk dengan lalu lintas musim liburan. Para pengunjung memadati jalan-jalan sempit pondok batu di desa-desa seperti Cley-next-the-Sea dan Blakeney, dan akan menjadi lebih sibuk saat musim liburan sekolah di bulan Agustus.

Sebagian besar pengunjung melakukan perjalanan ke sana untuk menikmati suasana pantai di bekas pelabuhan perikanan Norfolk. Beberapa datang ke pantai, seperti hamparan pasir berkilau yang sangat luas di Teluk Holkham dekat Wells-next-the-Sea. Sementara yang lainnya tertarik oleh makanan laut yang sangat segar dan masih beraroma Laut Utara.

Kepiting Cromer adalah salah satu makanan lokal yang populer di sini, seperti juga kerang Brancaster dan tiram dari Stiffkey, yang dikenal secara lokal sebagai "Stewkey blues".  Apa yang kurang akrab bagi sebagian besar pengunjung adalah tanaman liar lokal yang melimpah dan merupakan pelengkap sempurna untuk makanan laut.

Samphire - atau, sebagaimana penduduk setempat menyebutnya, "sam-fer" - bukanlah tanaman yang sama yang ditulis Shakespeare di buku berjudul King Lear ("Setengah jalan, bergantungan untuk mengumpulkan samphire; perdagangan yang mengerikan!"). Tanaman ini tumbuh di bermacam tempat. Seperti samphire batu hanya ditemukan di permukaan tebing yang berbahaya, dan samphire rawa, salicornia europaea, spesies yang, seperti namanya, tumbuh di rawa-rawa pesisir.

Meskipun memiliki kualitas air asin kaya yodium yang sama, samphire rawa bukanlah jenis rumput laut. Samphire adalah tanaman seperti kaktus atau sukulen yang tahan garam dan tumbuh subur di lumpur yang tertutup oleh air pasang dua kali sehari. Samphire rawa dapat ditemukan di seluruh pantai Inggris yang memiliki habitat sesuai. Tetapi kata banyak orang, samphire terlezat adalah yang tumbuh di dataran lumpur pasang surut luas di pantai utara Norfolk.

Dipetik antara bulan Juni dan Agustus sebelum mengeras seperti kayu, daya tarik tanaman lokal yang melimpah ini adalah kebiasaannya tumbuh di tempat yang sulit dijangkau. Samphire adalah tanaman yang tumbuh di tepi jurang, rawa asin dan anak sungai: zona pasang surut yang samar-samar di mana tidak pernah cukup jelas daratan berakhir dan laut dimulai.

Waktu pemetikan sangat penting, tidak bisa sepanjang tahun. Samphire yang paling enak adalah di awal musim ketika tanaman itu muncul di atas lumpur saat air surut. Bagi mereka yang akan memetik, penting untuk memiliki pengetahuan yang baik tentang geografi lokal dan waktu mengenai pasang surut.

Dari mana nama Samphire berasal?

Samphire diambil dari nama Saint Pierre (St Peter), santo pelindung para nelayan di Perancis. Nama lain untuk tanaman itu adalah glasswort, yang di masa lalu digunakan dalam pembuatan kaca, ketika terjadi kebangkitan kerajinan di Inggris yang terinspirasi dari kedatangan imigran Venesia, Italia, dan Lorraine, Perancis pada abad ke-16. Mereka membakar tanaman untuk menghasilkan abu kaya soda yang digunakan sebagai fluks untuk menurunkan titik leleh silika dalam proses pembuatan kaca.

Tidak hanya lezat tetapi juga telah lama dikenal memiliki sejuta manfaat kesehatan, herbalis abad ke-17 Nicholas Culpeper memuji tanaman ini karena khasiat obatnya. "Semua jenis lumut asin, atau lumut kaca ... memiliki kualitas pembersihan, tanpa panas yang besar atau nyata," ujarnya dirilis BBC.

Tanaman ini kaya akan vitamin A, B dan C, acar samphire pernah dianggap sebagai cara yang dapat diandalkan untuk mencegah hingga menyembuhkan penyakit kudis pada pelaut. Kadang-kadang ia juga disebut sebagai "asparagus orang miskin"; samphire yang lebih asin, tentu memiliki beberapa kualitas yang sama dengan asparagus. Seperti asparagus, tanaman ini juga berbentuk rumput yang dapat dimakan, meskipun samphire memiliki kualitas asin tersendiri.

Popularitasnya sebagai sayuran telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir berkat pengakuan oleh koki selebriti seperti Hugh Fearnley-Whittingstall dan Rick Stein. Samphire sekarang muncul secara rutin di banyak menu restoran top London, yang sumbernya sering didapat dari luar negeri seperti Israel dan Meksiko - menyediakan pasokan yang andal, jika harganya mahal sepanjang tahun.

Namun, pada musimnya, samphire Norfolk lokal adalah pilihan yang lebih murah, segar, dan ramah lingkungan. Tanaman ini telah lama menjadi suguhan musiman yang populer di sini di pantai: banyak orang tua yang dapat mengingat "The Samphire Man", yang biasa mengendarai kuda dan kereta melalui jalan-jalan kota King's Lynn, meneriakkan "samphire, samphire, panjang and hijau " sambil menjualnya dengan gelas bir yang dibungkus koran.

Bagi penduduk lokal Norfolk, "samfer" tidak pernah menjadi makanan mewah, tetapi hanya bagian dari kehidupan sehari-hari - suguhan musim panas yang berumur pendek seperti ceri atau stroberi yang merupakan bagian dari budaya lokal kepiting dan kerang. Selain enak untuk dimakan, samphire juga memiliki peran penting pada ekologi pesisir. Selain menyediakan habitat yang berharga bagi tanaman dan kehidupan burung, rawa pasang surut tempat ia tumbuh penting untuk melindungi garis pantai yang rapuh dari badai dan naiknya permukaan laut yang menyebabkan erosi serius.

Menurut ahli tanaman Paul Simons dalam The Guardian, telah ditunjukkan bahwa rawa asin menyerap kekuatan gelombang yang jauh lebih efektif daripada struktur buatan manusia seperti tembok laut. Samphire rawa sangat penting dalam pembentukan rawa asin karena akarnya mengikat lumpur untuk membuat pijakan bagi tanaman toleran garam lainnya seperti aster laut dan blite laut untuk tumbuh.

Berkat kemampuannya untuk mengikat kotoran organik dan organisme mati, rawa asin juga penting untuk menangkap dan menyimpan karbon - bahkan lebih efektif daripada hutan dengan ukuran yang setara. Karena itu, sangat penting bahwa habitat alami yang berharga seperti itu tidak dieksploitasi secara berlebihan, dan samphire hanya dikumpulkan untuk konsumsi pribadi. "Dengan izin, pemilik tanah umumnya cukup ramah pada orang-orang yang memetik untuk konsumsi pribadi," kata Adele Powell, koordinator kemitraan untuk The Wash and North Norfolk Marine Partnership, "tetapi berkebalikan jika dilakukan dalam skala komersial, yang secara teknis ilegal."

Mengemudi di sepanjang pantai Norfolk untuk mencari kelezatan musiman ini, saya menemukan samphire yang dijual di luar beberapa pondok di Blakeney, begitu juga dari sepeda di dermaga yang sekotaknya dijual seharga £2 atau hampir Rp40 ribu per ikat. Lebih jauh di desa Morston, saya melihat samphire diiklankan untuk dijual di luar sebuah rumah di jalan yang mengarah ke dermaga. Ini adalah keistimewannya: bersumber secara lokal, hijau zamrud dan segar dari rawa; tidak ada pengemasan vakum supermarket yang terlibat dalam prosesnya.

Cara terbaik untuk memasak samphire masih menjadi perdebatan. Bisa dimakan mentah, khususnya saat muda, atau dimasak dengan perlahan guna menghilangkan beberapa rasa asin yang keras. Restoran kelas atas cenderung memasak samphire impor mereka untuk waktu yang sangat singkat, menjaga kerenyahan dan kemurnian rasa alami.

Galton Blackiston, pemilik dan koki hotel-restoran rumah pedesaan Morston Hall berbintang Michelin di Norfolk Utara, memanfaatkan tanaman tersebut sebagai bahan renyah dalam bacon, kacang panjang, samphire, dan salad kentang. Sementara Dominic Chapman, yang pernah menjadi kepala koki di Fat Duck berbintang tiga Michelin di Heston Blumenthal, menambahkan samphire sebagai hiasan pada ravioli kepitingnya yang lezat.

Di Norfolk, tempat kesegaran dan kelimpahan tanaman ini terjaga, cara yang paling tepat adalah dengan merebus atau mengkukus sekitar lima menit, dan ditambah sedikit cuka. Mentega biasanya ditambahkan pada menit terakhir untuk melapisi pinggir samphire, dan beberapa mungkin menyiapkan saus hollandaise untuk dicelupkan. Tak perlu ada garam tambahan dan penyedap rasa lainnya.

Meskipun samphire dapat dinikmati sebagai pendamping berbagai hidangan - khususnya seafood dan daging domba - atau dimasukkan ke dalam hidangan risotto atau pasta, samphire mungkin paling baik dimakan sebagai hidangan sederhana atau dengan telur rebus yang lembut. Kenikmatan akan semakin lengkap jika memakannya dengan jari-jari Anda, menarik setiap batang melalui gigi, menghilangkan bintil daging hijau halus seperti manik-manik pada kalung. Dengan bau laut yang asin dan sedikit yodium seperti rumput laut, menyantap samphire adalah sebuah pengalaman lezat seperti menikmati keindahan pantai Norfolk di atas piring. (*)

Tags : Samphire, Tanaman Sejenis Kaktus, Tanaman Berkhasiat, Bisa Menyembuhkan Penyakit Kudis,